Bahan-bahan di bawah ini, sesungguhnya, merupakan sebuah studi komparasi yang telah saya susun sejak lama. Saya coba memasukkannya ke dalam Blog agar dapat dipelajari kalian semua….
Salam hormat
Arie A. R. Ihalauw
STUDI KOMPARASI
INJIL – INJIL SINOPTIS
KESEJAJARAN
MATIUS – LUKAS
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS | |
KELAHIRAN YESUS | |
MATIUS 1 : 18 – 25 | LUKAS 2 : 1 – 7 |
| |
18. Kelahiran Yesus Kristus adalah sebagai berikut : Pada waktu Maria, Ibu-Nya bertunangan dengan Yusuf. Ternyata ia mengandung dari Rohkudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (bd. Luk. 1:27) | 1. Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. |
| |
19. Karena Yusuf suaminya seorang yang tulus hati, dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di depan umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. | 2. Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kireneus menjadi wali negeri di Siria. |
| |
20. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan Nampak kepadanya di dalam mimpi dan berkata : “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Rohkudus. | 3. Maka pergilah semua orang mendftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri. |
| |
21. Ia akan melahirkan seorang anak laki-laki dan engkau akan menamai Dia Yesus, karena Dia-lah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka. (bd. Luk. 1:31) | 4. Demikian juga Yusuf pergi ke kota Nazareth di Galileake Yudea, ke kota Daud yang bernama Beth-lechem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud |
| |
22. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi. | 5. supaya didaftarkan bersama sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. |
| |
23. “Sesungguhnya anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan mereka akan menamakan Dia Immanuel” – yang berarti : Allah menyertai kita. (bd. Yes. 7:14) | 6. Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, |
| |
24. Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya, ia mengambil Maria sebagai isterinya. | 7. dan ia melahirkan seorang anak laki-laki yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin, dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. |
| |
25. tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus. (bd. Luk. 1 : 31; 2:21) | |
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS | |
| |
PENCOBAAN DI PADANG GURUN | |
| |
MATIUS 4 : 1 – 11 | LUKAS 4 : 1 – 13 |
| |
Kisah PENCOBAAN YESUS DI PADANG GURUN hanya ditemukan dalam Injil Matius dan Lukas. Kemungkinan besar kedua penulis memiliki satu sumber sama yang berbeda dari Ur-Markus. Akan tetapi urutan kronologis PENCOBAAN YESUS yang dituliskan Matius dan Lukas berbeda menurut versinya masing-masing. Perbedaan itu terletak pada urutan ke – 2. Matius (4 : 8 – 10) dan Lukas (4 : 6 – 8) meletakkannya pada tempat yang berbeda; supaya sama kedudukan ayat-ayat ini, maka saya melakukan rekonstruksi Lukas dengan memakai tulisan Matius. Sementara itu penulis Injil Markus hanya menceritakan peristiwa ini dalam2 (dua) ayat saja : Markus 1 : 12 – 13, bunyinya : “Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun. Di padang gurun ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang – binatang liar dan malaikat – malaikat melayani Dia” | |
| |
1. Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis (bd. Ibr. 2:18; 4:15). | 1. Yesus, yang penuh dengan Rohkudus kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Rohkudus ke padang gurun. |
| |
| |
| |
2. Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. | 2. Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. |
| |
| |
| |
3. Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya : “Jika Engkau Anak Allah, perintah-kanlah supaya batu-batu ini menjadi roti” | 3. Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya : “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti” |
| |
| |
| |
4. Tetapi Yesus menjawab : “Ada tertulis : Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah” (bd. Ul. 8:3; Luk. 4 : 4) | 4. Jawab Yesus kepadanya : “Ada tertulis : Manusia hidup bukan dari roti saja” (bd. Ul. 8:3) |
| |
| |
| |
5. Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci, dan menempatkan Dia di bubungan Baith Allah. | 9.a Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Baith Allah, |
| |
| |
| |
6.a lalu berkata kepada-Nya : “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanah diri-Mu ke bawah, | 9.b lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah,” |
| |
| |
| |
6.b sebab ada tertulis : Mengenai Engkau Ia akan memerintah-kan malaikat-malaikat-Nya, | 10. sebab ada tertulis : Mengenai Engkau, Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau, |
| |
| |
| |
6.c dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu” (bd. Maz. 91 : 11 – 12; Luk. 4 : 10 – 11) | 11. Dan mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk pada batu” |
| |
| |
| |
7. Yesus berkata kepadanya : “Ada tertulis, jangan-lah engkau mencobai Tuhan, Allahmu !” (bd. Ul. 6:16; Luk. 4:12) | 12. Yesus menjawabnya, katanya : “Ada firman : Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu !” |
| |
| |
| |
8. Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahan-Nya. | 5. Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperli-hatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia. |
| |
| |
| |
9.a dan berkata kepada-Nya : “Semua ini akan kube-rikan kepada-Mu, | 6. Kata Iblis kepda-Nya : “Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semua itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kuke-hendaki. |
| |
| |
| |
9.b jika Engkau sujud menyembah aku” | 7. Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu” |
| |
| |
| |
10. maka berkatalah Yesus kepadanya : “Enyahlah Iblis ! Sebab ada tertulis : Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya pada Dia sajalah engkau berbakti” (bd. Ul. 6:13; Luk. 4:12) | 8. Tetapi Yesus berkata kepadanya : “Ada tertulis : Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti” (bd. Ul. 6:13) |
| |
11. Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus. | 13. Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik. |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS | |
| |
YESUS MENGAJAR DAN MENYEMBUHKAN ORANG BANYAK | |
| |
MATIUS 4 : 23 – 25 | LUKAS 6 : 17 – 19 |
| |
23. Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu | 17. Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar, di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datangdari seluruh Yudeadan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. |
| |
| |
| |
18. Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. | 18. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka, juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. |
| |
| |
19. Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan sari seberang Yordan. | 19. Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya,dan semua orang itu disembuhkan-Nya. |
| |
| |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS | |||
| |||
UCAPAN BAHAGIA | |||
| |||
MATIUS 5 : 1 – 12 | LUKAS 6 : 20 – 23 | ||
| |||
1. JKetika Yesus melihat orang banyak itu , naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia dudukm datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. | 20.a Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya dan berkata : | ||
| |||
| |||
| |||
2. Maka Yesus pun mulai berbicara dan mengajar mereka, katanya : | | ||
| |||
| |||
3. Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga | 20.b Berbahagialah, hai kamu yang miskin, karena kamulah yang empunya Kerajaan Allah. | ||
| |||
| |||
4. Berbahagialah orang yang berduka cita, karena mereka akan dihibur. | 21.b Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertama | ||
| |||
| |||
| |||
5. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. | | ||
| |||
| |||
| |||
6. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. | 21.a Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan | ||
| |||
| |||
| |||
7. Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. | | ||
| |||
| |||
| |||
8. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. | | ||
| |||
| |||
| |||
9. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. | | ||
| |||
| |||
| |||
10. Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga | 22. Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat. | ||
| |||
| |||
| |||
11. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. | | ||
| |||
| |||
| |||
12. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, | 23. Bersukacitalah pada waktu itu dan bergembiralah, sebab sesungguhnya upahmu besar di sorga | ||
| |||
| |||
| |||
12.b sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu”. | 23.b karena secara demikian juga nenek mo-yangmu telah memperlakukan para nabi. | ||
| |||
| |||
| |||
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS MATIUS & LUKAS | |
| |
YESUS DAN HUKUM TAURAT | |
| |
MATIUS 5 : 17 – 48 | LUKAS 6 : 27 – 36 |
| |
17. “Jangan kamu menyangka bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi, Aku bukan datang untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. | 27. “Tetapi kepada kamu, yang mendengar Aku, Aku berkata : Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; |
| |
| |
| |
18. Karena AKU BERKATA KEPADAMU : Sesung-guhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. | 28. mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. |
| |
| |
| |
19. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat, sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkan demi-kian kepada orang lain, ia akan mendu-duki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang mela-kukan dan mengajarkan segala perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tem-pat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga | 29. Barangsiapa yang menampar pipimu yng satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu. |
| |
| |
| |
20. Maka AKU BERKATA KEPADAMU : Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Parisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga | 30. Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu. |
| |
| |
| |
21. Kamu telah mendengarkan yang difirman-kan kepada nenek moyang kita : Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. | 31. Dan sebagaimana kamu kehendak supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. |
| |
| |
| |
22. Tetapi AKU BERKATA KEPADAMU : Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepa-da saudaranya : Kafir ! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata : Jahil ! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. | 32. Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu ? Karena rang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka. |
| |
| |
| |
23. Sebab itu, jika engkau mmpersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, | 33. Sebab jika kamu berbuat baik kepada orang-orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu ? Orang-orang berdosapun bebruat demikian. |
| |
| |
| |
24. tinggalkan persembahanmu itu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. | 34. Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu ? Orang-orang berdosa pun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak. |
| |
| |
| |
25. Segeralah berdamai dengan lawanmu se-lama engkau masih bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada ha-kim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilem-parkan ke dalam penjara. | 35. Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengn tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan disebut anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat. |
| |
| |
| |
26. AKU BERKATA KEPADAMU : Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas. | 36. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. |
| |
| |
| |
27. Kamu telah mendengar firman : Jangan berzinah. | |
| |
| |
| |
28. Tetapi AKU BERKATA KEPADAMU : Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. | |
| |
| |
| |
29. Maka jika matamu yang kanan menye-satkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. | |
| |
| |
| |
30. Dan jika tanganmu yang kanan menye-satkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. | |
| |
| |
| |
31. Telah difirmankan juga : Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. | |
| |
| |
| |
32. Tetapi AKU BERKATA KEPADAMU : Setiap orang yang menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah, dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah. | |
| |
| |
| |
33. Kamu telah mendengar pula yang difir-mankan kepada nenek moyang kita : Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. | |
| |
| |
| |
34. Tetapi AKU BERKATA KEPADAMU : Jangan sekali-kali bersumpah baik demi langit, karena langit adalah tahta Allah, | |
| |
| |
| |
35. maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, atau demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar. | |
| |
| |
| |
36. janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutmu. | |
| |
| |
| |
37. Jika ya hendaklah kamu katakan ya, jika tidak, hendaklah kamu katakana tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. | |
| |
| |
| |
38. Kamu telah mendengar firman : Mata ganti mata, gigi ganti gigi. | |
| |
| |
| |
39. Tetapi AKU BERKATA KEPADAMU : Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga pipi kirimu. | |
| |
| |
| |
29. Dan kepada orang yang hendak mengadu-kan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. | |
| |
| |
| |
30. Dai siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. | |
| |
| |
| |
31. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. | |
| |
| |
| |
32. Kamu telah mendengar firman : Kasihilah sesamamu dan bencilah musuhmu. | |
| |
| |
| |
33. Tetapi AKU BERKATA KEPADAMU : Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. | |
| |
| |
| |
34. Karena dengan demikian kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurun-kan hujan bagi orang yang benar dan bagi orang yang tidak benar. | |
| |
| |
| |
35. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu ? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian ? | |
| |
| |
| |
32. Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain ? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian ? | |
| |
| |
| |
33. Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna. | |
| |
| |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS MATIUS & LUKAS | |
| |
DOA BAPA KAMI | |
| |
MATIUS 6 : 5 – 15 | LUKAS 11 : 2 – 4 |
| |
5. Dan apabila kamu berdoa janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan – tikungan jalan raya, supaya merka dilihat orang. AKU BERKATA KEPADAMU : Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. | 1. Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya : Tuhan, ajarlah kami berdoa; sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.” |
| |
| |
| |
6. Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu | 2. Lalu jawab Yesus kepada mereka : “Apabila kamu berdoa, katakanlah : |
| |
| |
| |
7. Lagipula dalam doamu itu jangan kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. | |
| |
| |
| |
8. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. | |
| |
| |
| |
9. Karena itu berdoalah demikian : “Bapa kami yang di sorga. Dikuduskanlah nama-Mu | Bapa, dikuduskanlah nama-Mu, |
| |
| |
| |
10. datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. | datanglah kerajaan-Mu |
| |
| |
| |
11. Berikanlah kami pada hari ini, makanan kami yang secukupnya, | 3. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya |
| |
| |
| |
12. Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; | 4. Dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami |
| |
| |
| |
13. Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat | Dan janganlah membawa kami ke dalam pemcobaan”. |
| |
| |
| |
(Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selamalamanya. Amin) | |
| |
| |
| |
14. Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. | |
| |
| |
| |
15. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu. | |
| |
| |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS MATIUS DAN LUKAS | |
| |
HAL PENGABULAN DOA | |
| |
MATIUS 7 : 7 – 12 | LUKAS 11 : 9 – 13 |
| |
7. Mintalah, maka akan diberikan kepadamu, carilah maka kamu akan mendapat, ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. | 9. Oleh karena itu AKU BERKATA KEPADAMU : Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. |
| |
| |
| |
10. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan . | 10. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. |
| |
| |
| |
11. Adakah seorang dari padamu yang member batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, | 11. Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan ? |
| |
| |
| |
12. atau member ular, jika ia meminta ikan ? | 12. atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking ? |
| |
| |
| |
13. Jadi jika kamu yang jahat tahu member pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga ! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya. | 13. Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga ! Ia akan memberikan Rohkudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya |
| |
| |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS MATIUS & LUKAS | |
| |
TANDA YUNUS | |
| |
MATIUS 12 : 38 – 42 | LUKAS 11 : 29 – 32 |
| |
38. Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Parisi kepada Yesus : “Guru, kami ingin melihat suatu tanda darimu.” | 29. Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus : “Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda lain selain tanda nabi Yunus.” |
| |
| |
| |
39. Tetapi jawab-Nya kepada mereka : “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini meminta suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus | 30. Sebab seperti Yunus menjadi tanda kepada orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. |
| |
| |
| |
40. Sebab sama seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. | 31. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo ! |
| |
| |
| |
41. Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya orang-orang yang ada di sini lebih dari pada Yunus ! | 32. Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus” |
| |
| |
| |
42. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu itu datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo.” | |
| |
| |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS MATIUS & LUKAS | |
| |
KEMBALINYA ROH JAHAT | |
| |
MATIUS 12 : 43 – 45 | LUKAS 11 : 24 – 26 |
| |
43. Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya. | 24. Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatkannya, ia berkata : Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. |
| |
| |
| |
44. Lalu ia berkata : Aku akan kembali ke rumah uang ylah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapi teratur. | 25. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur. |
| |
| |
| |
45. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ, Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaan semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini | 26. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula |
| |
| |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS MATIUS & LUKAS | |
| |
PERUMPAMAAN DOMBA YANG HILANG | |
| |
MATIUS 18 : 12 – 14 | LUKAS : 15 : 1 – 7 |
| |
12. Bagaimana pendapatmu ? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkan ia meninggalkan yang Sembilan puluh Sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu ? | 1. Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mndengarkan Dia. |
| |
| |
| |
13. Dan AKU BERKATA KEPADAMU : Sesung-guhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh Sembilan ekor yang tidak sesat. | 2. Maka bersungut-sungutlah orang-orang Parisi dan ahli-ahli Taurat, katanya : “Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama denga mereka”. |
| |
| |
| |
14. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang. | 3. Lalu ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka. |
| |
| |
| |
| 4. “Siapakah di antara kamu yang mempu-nyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang ke Sembilan puluh Sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya ? |
| |
| |
| |
| 5. Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira |
| |
| |
| |
| 6. Dan setibanya di rumah ia memanggil sahabatsahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka : Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan. |
| |
| |
| |
| 7. AKU BERKATA KEPADAMU : Demikian juga aka nada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena Sembilan puluh Sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan |
| |
| |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS MATIUS & LUKAS | |
| |
PERUMPAMAAN TENTANG PERJAMUAN KAWIN | |
| |
MATIUS 22 : 1 – 14 | LUKAS 14 : 15 - 21 |
| |
1. Lalu Yesus berbicara ula dalam perumpamaan kepada mereka. | 15. Mendengar itu berkatalah seorang dari tamu-tamu itu kepada Yesus : “Berbaha-gialah orang yang akan dijamu dalam Kerajaan Sorga.” |
| |
| |
| |
2. “Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. | 16. Tetapi Yesus berkata kepada-Nya : “Ada seorang mengadakan perjamuan besar dan ia mengundang banyak orang. |
| |
| |
| |
3. Ia menyuruh hamba-hambanya memang-gil orang-orang yang telah diundangg ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang. | 17. Menjelang perjamuan itu dimulai, ia menyuruh hambanya mengatakan kepada para undangan : Marilah sebab segala sesuatu sudah siap. |
| |
| |
| |
4. Ia menyuruh hamba-hamba lain, pesan-nya : Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu : Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini. | 18. Tetapi mereka bersama-sama minta maaf. Yang pertama berkata kepadanya : Aku telah membeli lading dan aku harus pergi melihatnya; aku minta dimaafkan. |
| |
| |
| |
5. Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya. | 19. Yang lain berkata : Aku telah membeli lima pasang lembu kebiri dan aku harus pergi mencobanya; aku minta dimaafkan. |
| |
| |
| |
6. dan yang menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya. | 20. Yang lain lagi berkata : Aku baru kawin, dank arena itu aku tidak dapat datang. |
| |
| |
| |
7. Maka murkalah raja itu, lalu menyuruh pasukannya ke sana untuk membinasa-kan pembunuh-pembunuh itu dan membakar kota mereka. | 21. Maka kembalilah hamba itu dan menyampaikan semuanya itu kepada tuannya. Lalu murkalah tuan rumah itu dan berkata kepada hambanya : Pergilah dengan segera ke segala jalan dan lorong di kota dan bawalah kemari orang-orang cacat dan orang-orang buta dan orang-orang lumpuh. |
| |
| |
| |
8. Sesudah itu ia berkata kepada hamba - hamba-nya : Perjamuan kawin telah trsedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu. | 22. Kemudian hamba itu melaporkan : Tuan, apa yang tuan perintahkan sudah dilaksanakan, tetapi sekalipun demikian masih ada tempat. |
| |
| |
| |
9. Sebab itu, pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu. | 23. Lalu kata tuan itu kepada hambanya : Pergilah ke semua jalan dan lintasan, dan paksalah orang-orang yang ada di situ masuk, karena rumahku harus penuh. |
| |
| |
| |
10. Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu. | 24. Sebab AKU BERKATA KEPADAMU : Tidak ada seorangpun dari orang-orang yang telah diundang itu akan menikmati jamuan-Ku |
| |
| |
| |
11. Ketika raja itu masuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta. | |
| |
| |
| |
12. Ia berkata kepadanya : Hai saudara, bagaimana engkau masuk kemari dengan tidak mengenakan pakaian pesta ? Tetapi orang itu diam saja. | |
| |
| |
| |
13. Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya : Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. | |
| |
| |
| |
14. Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang terpilih. | |
| |
| |
|
STUDI KOMPARASI INJIL – INJIL SINOPTIS MATIUS & LUKAS | |
| |
KELUHAN TERHADAP YERUSALEM | |
| |
MATIUS 23 : 37 – 39 | LUKAS 13 : 34 – 35 |
| |
37. Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu ! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu; sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. | 31. Pada waktu itu datanglah beberapa orang Parisi dan berkata kepada Yesus : “Pergilah, tinggalkanlah tempat ini, karena Herodes hendak membunuh Engkau”. |
| |
| |
| |
38. Lihatlah rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. | 32. Jawab Yesus kepada mereka : “Pergilah dan katakanlah kepada si serigala itu. Aku mengusir setan dan menyembuhkan orang, pada hari ini dan esok, dan pada hari yang ketiga Aku akan selesai. |
| |
| |
| |
39. Dan AKU BERKATA KEPADAMU : Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata : Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan !“ (bd. Maz. 118:26) | 33. Tetapi hari ini dan besok dan lusa Aku harus meneruskan perjalanan-Ku, sebab tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem. |
| |
| |
| |
| 34. Yeruselem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi0nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu ! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. |
| |
| |
| |
| 35. Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Kamu tidak akan melihat Aku lagi hingga pada saat kamu berkata : Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan” |
| |
| |
| |
| |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar