Kamis, 20 November 2014


Teman - teman Pendeta yang saya kasihi,

Jika kalian membaca / menyimak TATA IBADAH PEMBERKATAN PERKAWINAN KRISTEN di bawah ini, kemungkinan besar kalian akan berpikir : "Ihalauw telah menimpang dari TATA IBADAH GPIB"  Saya ingin pastikan, bahwa tidak ada penyimpangan dari seluruh rumpun ibadah dan unsur-unsurnya; akan tetapi SAYA MENCOBA MENGKONTEKSTUALISASI TATA IBADAH ini, agar seluruh Warga Jemaat yang ikut hadir dalam Perayaan Liturgi Perkawinan itu dilibatkan penuh, dan akhirnya mereka diperkaya dan semakin menghayati panggilan hidup sebagai suami-isteri Kristen....

Jika ada yang tidak berkenan, silahkan dikoreksi

Arie A. R. Ihalauw




GEREJA PROTESTAN DI INDONESIA BAGIAN BARAT
(G P I B)
Majelis Jemaat BETHANIA – Gunung Nona – Makassar

TATA IBADAH
PEMBERKATAN PERKAWINAN KRISTEN

JUMAT – 24 OKTOBER 2014

Melfritz Rinell Siwabessy, dr
&
Stefanie Wednesdya Yuliana,S.Kes

THEMA

Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

MATIUS  VII : 24

dilayani oleh

PDT. ARIE A. R. IHALAUW
Ketua Majelis Jemaat
GPIB PETRA di Bogor – Jabar

MAKASSAR – SUL.SEL
JUMAT – 24 OKTOBER 2014

-----ooo00ooo-----





CATATAN  PELAYANAN

1.      Mempelai dan orangtua berkumpul di Konsistori.
2.     Penjelasan tentang pelaksanaan Liturgi.
3.     DOA PENYERAHAN PELAYANAN
4.     Presbiter (Pres. Pemimpin dan Pelayan Persembahan) mendampingi Pelayan Firman berdiri di depan Mimbar untuk menyambut kehadiran Mempelai.
5.     ALUNAN KEYBOARD mengiringi Pelayan – Pelayan memasuki ruang ibadah.
6.     Pengantin Pria dipeluk Ibu & Ayahnya menuju PINTU MASUK Gedung Gereja BETHANIA Makasar. Diikuti oleh Pengantin Perempuan bersama Ayah  Ibu.

PROSESI MASUK RUANG IBADAH

MEMPELAI LAKI – LAKI

Diak. 1       :  Saudaraku....
                         Pada mulanya ada Cinta-kasih...
Cinta-kasih itu bersama dengan Allah,
tanpa Dia tidak ada sesuatupun diciptakan...

Allah memberi cinta-kasih ke dalam hati manusia,
agar mereka hidup saling setia mencintai...

ke dalam hati Melfritz dan Noni...
Tuhan telah menabur dan menumbuhkan cinta,
sehingga mereka saling mncintai....
sampai maut memisahkan.

Kini,...
Di tempat kudus ini...,
Maril kita memohonkan berkat Allah atas mereka

Pel. Fir.       :  Pada hari ini, JUMAT – 24 OKTOBER 2014, kita akan menyelenggarakan Ibadah Pemberkatan Perkawinan Kristen untuk memohonkan rachmat Allah atas keluarga yang sudah disahkan sesuai Undang-Undang Perkawinan, Tuan dr. MELFRITZ SIWABESSY & Ny. NONI SIWABESSY - ...., Dra. di dalam Gedung Gereja GPIB BETHANIA di Makasar.

                         Saudara-saudara dipersilahkan BERDIRI menyambut kehadiran MEMPELAI LAKI-LAKI.

Solois mengidungkan lagu
Pengantar masuk

                         Mempelai Laki – Laki bersama Ayah – Ibu dan adik-adik dipersilahkan memasuki ruang ibadah.

MEMPELAI PEREMPUAN

Pel. Fir.       :  “Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah orang yang membangunnya” (MAZ. 127 : 1). Hanya TUHAN saja yang mempersatukan seorang laki-laki kepada seorang perempuan.

                         Oleh karena kasih TUHAN itulah, mempelai perempuan di antar oleh ayah – ibu dan adik-adik bertemu dengan suaminya di dalam rumah TUHAN. Mempelai perem-puan dan keluarga disilahkan memasuki ruang ibadah.

Solois mengidungkan lagu
Pengantar masuk

PENYERAHAN MEMPELAI PEREMPUAN KEPADA PEMPELAI LAKI - LAKI

Ayah Noni :  MELFRITZ, kami menyerahkan Noni dan merestui perkawinan kalian. Kiranya engkau memelihara anak kami sesuai dengan kehendak Allah.

                         Pak Pendeta yang kami kasihi, kami menyerahkan Pemberkatan Nikah Kristen kepada Gereja untuk  dilaksanakan oleh para pelayan sesuai ketentuan Gereja GPIB.

RUMPUN I
MENGHADAP TUHAN

Pent. 1        :  Memasuki hadirat Allah, Jemaat diajak memuji kemuliaan namaNya dengan menyanyikan KJ. 454 INDAHNYA SAAT YANG TEDUH (gubahan Arie Ihalauw)

1.     Indahnya saat yang teduh, kudatang pada Allahku, memohon berkat dan restu ke atas rumahtanggaku. 

KUHARAP AKAN RACHMATMU MELIMPAH DA-LAM RUMAHKU. DI SAAT SUSAHPUN SENANG PEGANG TANGANKU YA TUHAN.

2.    Hari ‘ni kami berseru di dalam rumahMu kudus, pasrahkan s’luruh hidupku ke dalam tangah kasih-Mu.

VOTUM
Pel. Fir.       :  Pelaksanaan Ibadah Pemberkatan Perkawinan Kristen di sini, ditahbiskan dan dikuduskan bagi kemuliaan Allah : BAPA – ANAK – ROHKRISTUS, kini dan sepanjang segala zaman.
Jemaat       :     BAGI-MULAH SEGALA KEMULIAAN, HORMAT DAN PUJI-PUJIAN, KUASA DAN PEMERINTAHAN SELAMA-LAMANYA. Amin

NATS PEMBIMBING
Pel. Fir.       :  Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagai-mana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia (KOL. 3 : 18 – 19).
Jemaat       :     Biarlah Cinta-kasih TUHAN mengangairahkan aku, supaya aku selalu mengasihi kekasihku sampai akhir hayatku.

BILA YESUS BERADA
K.J. 451

1.        Bila Yesus berada di dalam rumahtangga, pasti kita bahagia, pasti kita sejahtera.

2.       Bila Yesus berkuasa di tengah keluarga, masa depan terjamin. Pasti kita sejaht’ra.

JEMAAT DUDUK
PS  / V.G

RUMPUN II
PEMBERITAAN SABDA

v  DOA MOHON ROHKUDUS
Pel. Fir.        :              

v  PEMBACAAN FIRMAN ALLAH
Pel. Fir.       :  Marilah BERDIRI untuk mendengar pembacaan Alkitab. Tepujilah Allah ! ALELUYAH !
Pent. 2        :     Pembacaan Alkitab dikutip dari INJIL menurut kesaksian MATIUS VII : 24 – 27, bunyinya ....
Pel. Fir.         :  Hendaklah Rohkudus bekerja di dalam hati dan pikiranmu, agar firman Yesus Kristus menguasai dirimu, dan melalui mulutmu, kamu memuji nama-Nya, KEPADAMU PUJI-PUJIAN.... (KJ 474).
Jemaat       :     KEPADAMU PUJI-PUJIAN MADAH SYUKUR DAN SEGALA KEMULIAAN, YA BAPA, PUT’RA ROHKUDUS, SAMPAI KEKAL ABADI.

JEMAAT DUDUK


v  PEMBERITAAN SABDA
Pel. Fir.      :

‘KU BERBAHAGIA
KJ. 392

1.     ‘Ku berbahagia yakin teguh, Yesus abadi kepunya-anku. Aku warisNya ‘ku ditebus, ciptaan baru Roh’ulkudus. REFF....

AKU BERNYANYI BAHAGIA, MEMUJI YESUS SELAMANYA; AKU BERNYANYI BAHAGIA MEMUJI YESUS SELAMANYA.

2.    Aku serahkan diri penuh dalam Tuhanku hatiku teduh  sambil menyongsong masa depan. Kuyakin Allah besertaku. REFF....

PENGAKUAN IMAN RASULI

PROSESI PEMBERKATAN PERKAWINAN

1.     PENJELASAN PERKAWINAN

Pel. Fir.       :  Sejak semula setelah manusia laki-laki dan perempuan diciptakan, Allah membentuk  lembaga rumahtangga. Allah berfirman :
Pent. 2        :     "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." (KEJ, 2:18).

Pel. Fir.       :  TUHAN membawa perempuan itu kepada manusia laki-laki, lalu ia berkata :

Mem.Laki  :      "INILAH DIA, TULANG DARI TULANGKU, DAN DAGING DARI DAGINGKU. IA AKAN DINAMAI PEREMPUAN, SEBAB IA DIAMBIL DARI LAKI-LAKI." (KEJ. 2 : 23).
Jemaat       :  “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging” (KEJ. 2:24).

2.    DASAR PERKAWINAN KRISTEN

Pel.Fir   :  Dengarkanlah perintah Yesus Kristus tentang usaha pembangunan rumahtangga : "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.” (MAT. 7:24-25). Berdasarkan perintah itulah, suami – isteri berkata :

Memp. :     JIKALAU BUKAN TUHAN YANG MEMBANGUN RUMAH, SIA-SIALAH ORANG YANG MEMBANGUNNYA (MAZ. 127:1).

Pel.Fir.  :  Perkawinan itu lahir dari inisiatif seorang laki-laki mencintai isterinya, dan kesetiaan seorang perempuan mendukung cinta kasih suami, seperti yang disaksikan Kidung Agung :

Jemaat :     TARUHLAH AKU SEPERTI METERAI PADA HATIMU, SEPERTI METERAI PADA LENGANMU; KARENA CINTA KUAT SEPERTI MAUT, KEGAIRAHAN-NYA GIGIH SEPERTI DUNIA ORANG MATI, NYALANYA ADALAH NYALA API, SEPERTI NYALA API TUHAN ! (Kid. Ag. 8:6)

Pel.Fir.  :  Oleh karena itu, Alkitab menegaskan, hendaklah suami-istri harus saling mngasihi  “dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia” (KOL. 3:23)

3.    LARANGAN DALAM PERKAWINAN KRISTEN
Pel.Fir.  :  TUHAN Allah telah memberikan aturan untuk dijalankan suami isteri, agar perkawinan itu terpelihara kudus, dan keluarga terhindar dari perceraian. Alkitab berpesan :

Jemaat :     “JANGAN BERZINAH !” (KEL. 20 :14).

Pel.Fir   :  TUHAN Allah tidak menyetujui perceraian, Ia mengutuk perceraian. Maleakhi menyampaikan ucapan Allah :
Jemaat :     SEBAB AKU MEMBENCI PERERAIAN !, juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Jagalah dirimu dan janganlah berkhianat ! (MAL. 2:16).

Pel. Fir  :  Dengan demikian, meskipun rumahtangga dihadapkan pada banyak masalah, suami-isteri harus memeihara JANJI PERKAWINAN, supaya genaplah ucapan Yesus Kristus :

Jemaat :     KARENA ITU, APA YANG TELAH DIPERSATUKAN ALLAH, TIDAK BOLEH DICERAIKAN MANUSIA, sampai maut memisahkan mereka” ! (MAT. 19:6)

4.   AKAN HARTA KEKAYAAN DAN ANAK
Pel. Fir  :  Jika suami-isteri memegang teguh akan janji Allah, hidup rendah hati dan bersyukur atas berkat yang diberikannya, maka Allah akan membuas segala usahanya berhasil (II TAW. 26:5b). Allah berkata :

Jemaat :     TAKUTLAH AKAN ALLAH, HIDUPLAH MENURUT SEGALA JALAN YANG DITETAPKANNYA, MENGASIHI DIA, BERIBADAH KEPADANYA DENGAN SEGENAP HATIMU DN DENGAN SEGENAP JIWAMU (UL. 10:12).

Pel. Fir  :  Dialah yang memberikan anak-anak kepada suami-isteri (MAZ. 127:3), jikalau mereka setia mengasihi dan taat memberlakukan segala titahNya.

5.    AMANAT PERKAWINAN KRISTEN
Pel. Fir  :  Supaya  suami-isteri hidup beralaskan Firman Allah, maka saudara-saudara dipersilahkan berdiri mendengarkan Amanat Perkawinan Kristen :

a.    Hendaklah suami isteri, saling membantu dan saling melayani dalam kasih sesuai kehendak Allah, sehingga mereka menjadi berkat di dalam Jemaat dan di tengah masyarakat.

b.   Hendaklah suami-isteri membentuk persekutuan hidup yang kokoh sampai kematian memisahkan. Mereka harus membina rumahtangga dengan baik dalam relasi yang harmonis. Jika Allah mngaruniakan anak-anak, maka suami isteri wajib memelihara dan mendidiknya menurut ajaran Tuhan Yesus Kristus.
c.    Hendaklah uami isteri menjalankan hidup bersama dengan menjaga kesucian perkawinan, menjauhkan diri dari perzinahan – percabulan – perselingkuhan dengan orang lain yang tidak dikehendaki Allah. Mereka harus mempertahankan tubuhnya sebagai bait Rohkudus.

Pel.Fir :  Tuan MELFRITZ RIDELL SIWABESSY & Nyonya STEFANY WEDNESDYA YOHANA, apakah sanggup melaksanakan tugas itu dengan penuh tanggungjawab, kasih dan kesetiaan kepada Tuhan Yesus Kristus ?

MEMP   :     YA DENGAN SEGENAP HATIKU


YA YESUS KUBERJANJI
KJ. 369 : 1

1.     Ya Yesus ‘ku berjanji setia padaMu; kupinta Kau selalu dekat ya Tuhanku. Di kancah pergumulan jalanku tak sesat, kar’na Engkau Tuhanku Pemimpin terdekat

6.   JANJI PERKAWINAN KRISTEN
Pel.Fir     :  Tuan MELFRITZ RIDELL SIWABESSY & Nyonya STEFANY WEDNESDYA YOHANA, perkawinan saudara telah disahkan dan dicatat dalam Lembaran Negara sesuai Hukum Perkawinan. Oleh karena itu, kami memberi kesempatan kepada saudara untuk mengucapkan JANJI PERKAWINAN KRISTEN :

Melfrits   :  Saya : MELFRITZ RIDELL SIWABESSY menyambut engkau : STEFANY WEDNESDYA YOHANA, sebagai isteriku, dan
berjanji untuk tetap setia kepadamu, serta mengasihi engkau dalam suka maupun duka, dan tidak meninggalkan engkau. Saya akan memelihara engkau dengan penuh ksih sayang, seperti yang saya lakukan kepada Tuan Yesus Kristus.
Noni         :  Saya : STEFANY WEDNESDYA YOHANA menyambut engkau : MELFRITZ RIDELL SIWABESSY, sebagai suamiku, dan berjanji untuk tetap setia kepadamu, serta mengasihi engkau dalam suka maupun duka, dan tidak meninggalkan engkau. Saya akan memelihara engkau dengan penuh ksih sayang, seperti yang saya lakukan kepada Tuan Yesus Kristus.

7.    PENEGUHAN PERKAWINAN KRISTEN

a.      Pemasangan Cincin Keluarga.

·      Diucapkan MELFRITZ
NONI, cincin ini kulingkarkan pda jarimu sebagai tanda cinta-kasih dan kesetiaanku.

·      Diucapkan NONI
NONI, cincin ini kulingkarkan pda jarimu sebagai tanda cinta-kasih dan kesetiaanku.

b.      Peneguhan oleh Pelayan Firman
Pel.Fir     :     Saya : PDT A. R. IHALAUW, Pejabat GPIB meneguhkan perkawinanmu dalam nama Allah : BAPA – ANAK – ROHKUDUS. Kiranya Allah mengokohkan perka-winan kalian.
Or-tu       :  Atas nama TUHAN, Allah Mahaesa, kami merestui perkawinanmu. Kiranya Dia selalu memberikan kuasa-Nya, supaya kamu dapat menjalaninya.

c.       Pemberkatan Perkawinan
Pel.Fir :  Sekarang suami isteri dipersilahkan berlutut untuk menerima berkat Allah (para presbiter mengelilingi suami isteri) :

                   ALLAH, SUMBER HIDUP, MERANGMATI ENGKAU DENGAN SEGALA KEBAJIKAN, MEMBERKATI ROTI MAKANANMU DAN AIR MINUMANMU, MENJAUHKAN KAMU DARI PENYAKIT DAN MEMBUAT KETURUNANMU BANYAK DI BUMI. DIA MENYERTAI KAMU SEKARANG SAMPAI SELAMA LAMANYA.

Or-tu     :  Kiranya TUHAN Allah memberkati rumahtanggamu !

Jemaat :    AMIN – AMIN – AMIN ! (dinyanyikan)

8.   PELAYANAN KASIH

·      Pembukaan Cadar
·      Cium Kudus
·      Penyerahan Keluarga Baru kepada Jemaat
·      Pemberian Alkitab Keluarga dan AKTA NIKAH GPIB.
·      Penghormatan keada Orngtua

JEMAAT DUDUK
PS / VG
DOA SYUKUR
Pel. Fir.     :  Saudara – saudara seiman,
                         Marilah kita berdoa kepada Allah....

RUMPUN III
JAWABAN UMAT

PENGUCAPAN SYUKUR UMAT

a.    Ajakan Persembahan
Diak. 2    :  Saudara – saudara seiman,
                      Marilah kita mengucap syukur kepada Allah, sebab Dia telah memberkati keluarga dan karya hidup kita. Alkitab berpesan : “Henaklah masing – masing orang  memberi  dengan  sukacita,  jangan
                      dengan duka atau paksaan, sebab Allah mengasihi oran yang memberi dengan relah hatnya (II KOR. 9:7). Sementara persembahan dikumpulkan, kita mela-gukan Kidung Jemaat 413 ; 1 – 3

PUJILAH SUMBER HIDUPMU

1.     Pujilah Sumber Hidupmu, puji Dia di dalam surga sampi kekal abadi, Pujilah Sumber Hidup-mu ! Bunyikan bersama suling dan rebana, sambil melagukan syukur bagi Tuhan. Pujilah Sumber Hidupmu !

----> Persembahan dikumpulkan <----

3.    Umat terima Tuhanmu; ikut dia di dalam peng-abdian di bumi ini. Umat terima Tuhanmu ! Bangun bergembira dan menyambut Dia, yang hendak menjadi milikmu abadi, Pujilah Sumber Hidupmu !

b.   Mendoakan Persembahan
Diak. 2     :  Saudara – saudara seiman,
                      Marilah kita BERDIRI dan mendoakan seluruh persembahan yang dikumpulkan pada hari ini : “ Ya TUHAN, sekarang kami membawa hasil tangan yang kami persembahkan kepadaMu. Kiranya Engkau berkenan merachmati keluarga dan pekerjaan kami oleh kebajikanMu, serta sudi memakai pemberian ini melalui Gereja untuk menghadirkan damai sejahtera dan keadilan bagi semua orang. Amin

RUMPUN IV
PENGUTUSAN & PEMBERKATAN

PETUAH ORANG TUA

·         Pihak Keluarga....
·         Majelis Jemaat GPIB BETHANIA di Makassar

PENGUTUSAN
Pel. Fir.    :  Biarlah semua keluarga yang diciptakan dan diberkati Allah menjalankan fungsi pemberitaan dan pengajaran di dalam rumahnya, supaya nama Tuhan Yesus Kristus dimuliakan sejak sekarang ini selama lamanya.
Jemaat    :     (Sambil bersalaman dengan tetangga duduk, ucapkanlah)  : AKU MENGASIHIMU !

TIAP LANGKAHKU DIATUR TUHAN

1.     Tiap langkahku di atur oleh Tuhan, dan tangan kasih-Nya menuntunku. Di tengah g’lombang dunia mena-kutkan, hatiku tetap tenang teguh.... REFF : ....

TIAP LANGKAHKU, KUTA’U YANG TUHAN PIMPIN, KE TEMPAT TINGGI ‘KU DIHANTARNYA; HINGGA SEKALI NANTI AKU TIBA, DI RUMAH BAPA SURGA YANGG BAKA.

2.    Di dalam Tuhan saja harapanku, sebab di tanganNya sejahtera. DituntunNya hidup orang percaya, menuju masa depan baru. .... REFF : ....

PEMBERKATAN
Pel. Fir.  :  Kiranya....

Jemaat  :     AMIN – AMIN – AMIN ( K.J. 478 c )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar