Senin, 06 Agustus 2012

KESELAMATAN - kutipan dari Pdt Arie Ihalauw



KESELAMATAN DIPEROLAH DALAM 

PERJUMPAAN DENGAN ALLAH DI DALAM YESUS KRISTUS.



Teman-teman yang saya hormati di dalam Kristus...,



Sekali lagi, saya mohon maaf, sebab saya melakukan EXEGESE menurut PAKEM-PAKEM PENTAFSIRAN dan HERMENEUTIS, tidak seperti yang dibuat kalian. Usaha exegese itu bertujuan untuk MENGENAL PEMIKIRAN TEOLOGI menurut kesaksian para penulis INJIL SINOPTIS (Markus - Matius - Luk
as), agar kita dapat memperoleh PENGENALAN AKAN PIKIRAN YESUS, ketika Ia berjumpa dengan Zakeus ataupun Penjahat di Kayu Sallib.

==>> 1. MAKNA KESELAMATAN DALAM CERITA ZAKEUS, Pemungut Cukai...


1.a. NARASI ZAKEUS



Narasi (cerita Zakeus) ini terdapat dalam Injil Lukas 19 : 1 - 12. Tidak ada di dalam Injil MARKUS & MATIUS; oleh karena itu, narasi ini disebut QUELLE LUKAS (Sumber asli milik Lukas)



1.b. LATAR BELAKANG TRADISI AGAMA ISRAEL DALAM CERITA ZAKEUS



HUKUM MUSA. Menurut ajaran Musa, pekerjaan membungakan uang dan memungut pajak tidak diperbolehkan merugikan orang lain.



KONTEKS SOSIAL. Zakeus adalah seorang PEGAWAI KANTOR PAJAK (seperti Gayus Tambunan). Ia memungut bekerja pada satu institusi AGAMA DAN PEMERINTAHAN.



Pada waktu itu wilayah Israel dikuasai oleh Roma. Dan bagi orang Israel, Roma adalah GOYIM (bangsa kafir). Oleh karena itu, Israel beranggapan, bahwa ROMA telah mengotori tanah suci; sehingga siapapun yang bekerja sebaga karyawan pemerintahan kolonial Roma dipandang BERDOSA.



Di pihak lain, Roma menuntut semua INSTITUSI SOSIAL dan AGAMA dalam wilayah taklukannya WAJIB MEMBAYAR UPETI KEPADA KAISAR.



Pemimpin Baith Allah pun WAJIB MEMENUHI tuntutan penjajah. Padahal BAITH ALLAH sendiri memungut pajak penghasilan setahun sekali dari warga Israel.



ZAKEUS adalah orang yang melakukan pemungutan pajak tersebut. So pasti, ia juga "mengutip" pajak bagi dirinya sendiri. HAL INILAH YANG MENYEBABKAN pemuka agama Israel : Parisi, Saduki dan Para Ahli taurat mencap Zakeus sebagai PENDOSA. Dosa yang dimaksudkan adalah PERBUATAN MELANGGAR HUKUM (Taurat Musa).



1.c. PERJUMPAAN YESUS DAN ZAKEUS -> Peristiwa Keselamatan.



Tuhan Yesus sedang berada di Jerikho dalam pemberitaan Injil. Ketika itu banyak orang mengerumuni Dia. Postur TUBUH orang Israel kurang lebih 170 - 190 cm, sementara Zakheus tidak seperti itu. ia seorang pendek, alias bonsai. Oleh karena itu, ia berusaha MENCARI PERHATIAN YESUS. Itulah sebabnya ia naik ke pohon (sekarang terletak diperempatan jalan dekat dengan Kantor Camat di Yerikho Modern).



Penulis Injil menyatakan, ulah Zakeus telah membuat YESUS MEMPERHATIKANNYA. Terjadilah PERCAKAPAN antara dua orang itu, yang diakhiri Yesus : HARI INI TERJADI KESELAMATAN DALAM RUMAH INI, KARENA ORANG INI ADALAH KETURUNAN ABRAHAM (Luk. 19:12)



==>> PERJUMPAAN YANG MENYELAMATKAN.



Prinsip I. KESELAMATAN terjadi dan dialami siapapun, pada saat PERJUMPAAN dengan Allah. Allah yang datang MENJUMPAI manusia di dalam nama Yesus (Mat. 1:21; bd. Yoh. 1:14).



Prinsip II. KESELAMATAN itu pertama-tama dikaruniakan kepada KETURUNAN ABRAHAM (Luk. 19:12) asalkan mereka menerima YESUS KRISTUS selaku Tuhan dan Juru selamat (Kis. 4:14).



Prinsip III. KESELAMATAN diperuntukkan kepada BANGSA-BANGSA, jikalau Israel menolaknya (bandingkan cerita perempuan kanaan yang anaknya sakit ayan - Mat. 15:21-28; Mrk. 7:24-30).



Dalam cerita Zakeus, KESELAMATAN itu adalah PENGAMPUNAN DOSA (bukan berarti langsung masuk sorga, sebab Zakeus masih hidup di bumi). KESELAMATAN itu diterima Zakeus berdasarkan alasan :



a. MENERIMA YESUS DENGAN SUKACITA (Luk. 19:6).
b. JANJI ZAKEUS KEPADA YESUS (Luk. 19:7)
c. KARENA ZAKEUS adalah KETURUNAN ABRAHAM, Bapa segala orang beriman (Luk. 19:12b).
d. JAMINAN KESELAMATAN AKAN PENGAMPUNAN DOSA YANG DIUCAPKAN YESUS KRISTUS (Luk. 19:12a).



==>> PERELEVANSIAN EXEGESE KE DALAM PEMBERITAAN FIRMAN ALLAH (Khotbah maupun Cerita sekolah Minggu dan remaja).



1. Contohilah kehidupan Zakeus. Ia menyadari akan perbuatannya yang berdosa. Ia mengakui kesalahannya kepada Yesus.



2. Contohilah Cara Hidup Zakeus : Meskipun ada halangan (tubuh) sehingga ia tidak melihat Yesus, namun Zakeus BERUSAHA KERAS, BERTEKAI, MEMILIKI NIAT HATI YANG INDAH. Ia INGIN BERJUMPA YESUS.



Kadang kadang orang kristen berpikir, yang penting saya beriman, kalo ke gereja ada kesempatan, ya saya lakukan. Sikap ini TIDAK AKAN MENJAMIN KESELAMATAN (bd. peringatan penulis Ibrani 10:25-26 -> TIDAK KE KEBAKTIAN ADALAH DOSA).



Ubalah sikap dan jadilah seperti Zakeus. IA INGIN MENGUBAH HIDUPNYA YANG BERDOSA UNTUK MEMPEROLEH KESELAMATAN. Ia dihina orang karena DOSA melanggar taurat. Ketika ia mendengar kabar terntang seorang Juruselamat (bd. Mat.1:21) , lalu terbitlah di hatinya KERINDUAN MENCARI ALLAH. Zakeus berjumpa Allah, lalu Allah yang bernama Yesus Kristus itu MENGAMPUNI DOSANYA. PEJUMPAAN DENGAN YESUS membuat Zakeus menerima KESELAMATAN, yakni PENGAMPUNAN ATAS DOSANYA.



Untuk membuktikan KESELAMATAN yang telah diterima, Zakeus berjanji kepada Yesus melakukan segala perintah Allah, yakni KASIHILAH SESAMA (Luk. 19:8). Hati zakeus BERSUKACITA, karena BERJUMPA YESUS dan MEMPEROLEH PENGAMPUNAN DOSA.



Broer Henk Tani dan teman-teman...



Pertanyaan Bung Henk yang pertama sudah saya jawab, sekalian MENJADI CONTOH RENUNGAN SINGKAT.



Jadi KESELAMATAN yang diterima Zakeus bukan secara otomatis menjamin, bahwa ia PASTI masuk sorga. Keselamatan itu adalah PENGAMPUNAN DOSA selama manusia masih di bumi. Jika sepanjang perjalanan di bumi manusia KEMBALI BERBUAT DOSA, maka ia TIDAK AKIAN MASUK KE DALAM KERAJAAN SORGA (bd. Mat.7:21 dst).Oleh karena itu, dengarlah dan lakukanlah firman (Yak. 1:22) CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP (Amos 5:4,6).



Itulah yang dimaksudkan dalam pengakuan kristen SAVED BY GRACE ALONE - diselamatkan hanya oleh anugerah Allah. Usahankanlah BERJUMPA YESUS SETIAP HARI, JIKALAU KITA INGIN DISELAMATKAN.

Mudah mudahan dapat dipahami....


Jikalau ada pertanyaan silahkan....



Wasslam...,
PUTERA SANG FAJAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar