Senin, 17 Desember 2012

Contoh : TATA IBADAH NATAL PERTAMA - Rabu, 25 Desember 2012 - GPIB Jemaat KASIH KARUNIA di Medan - Sumatera Utara



GEREJA PROTESTAN DI INDONESIA BAGIAN BARAT
( G P I B )
Majelis Jemaat “KASIH KARUNIA” di Medan

Sekretariat : Jalan Kapten Muslim No. 94 A – Medan – Sumatera Utara



TATA IBADAH GPIB
PERAYAAN NATAL PERTAMA
SELASA, 25 DESEMBER 2012

Ibadah Pertama : Pukul 18.00 Sore
Ibadah Kedua : Pukul 20.30 Malam

PEMBUKAAN

Diaken 1         : Majelis Jemaat GPIB “Kasih Karunia” di Medan mengucapkan SELAMAT MERAYAKAN HARI KELAHIRAN TUHAN YESUS, sekaligus PENANTIAN AKAN KEDATANGANNYA KEMBALI. Kiranya damai sejahtera Kristus Yesus melimpahi warga jemaat dalam kehidupan bersama dan dalam keluarganya.
JEMAAT          :    TERPUJILAH ALLAH YANG TELAH MELAWAT MANUSIA UNTUK MAKSUD PENYELAMATAN !
Diaken 1         : Marilah BERDIRI, lalu kita bersama-sama menyanyikan pujian kepada Dia....

KIDUNG PUJIAN
(pilih sendiri)

RUMPUN I

UMAT MENGHADAP TUHAN

* Votum

     PEL. FIRM.   : Marilah kita menyembah Allah yang telah menghadirkan diri ke dalam dunia. Marilah kita memuji namaNya, sambil menyongsong kedatangan-Nya kembali.

                          “Ibadah Natal Kristus ini ditahbiskan dalam nama Allah Bapa – Anak – Rohkudus.”
    
     JEMAAT       : BAGINYALAH SEGALA KEMULIAAN, KINI DAN SEPANJANG SEGALA ZAMAN. Amin !”

*  Introitus

     PEL. FIRM.   : Sejak zaman dahulu, TUHAN Allah telah menyampaikan sabdaNya melalui perantaraan para nabi, kataNya : “Aku, Akulah TUHAN, dan tidak ada Juruselamat selain dari padaKu. Akulah yang memberitahukan, yang menyelamatkan dan mengabarkan... Kamulah saksi-saksiKu, dan Akulah Allah”, demikianlah firman TUHAN !
     JEMAAT       :    KAMILAH SAKSI BAGI ALLAH, BAHWA  SEORANG ANAK TELAH LAHIR UNTUK KITA, SEORANG PUTERA TELAH DIBERIKAN UNTUK KITA; LAMBANG PEMERIN-TAHAN ADA DI ATAS BAHU-NYA, DAN NAMA-NYA DISEBUT ORANG : PENASIHAT AJAIB, ALLAH YANG PERKASA, BAPA YANG KEKAL, RAJA DAMAI !” (Yes. 9:5)  Amin ! Datanglah, ya TUHAN YESUS !   

* Salam Rasuli

     PEL. FIRM.   : “Kasih karunia dan damai sejahtera Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat, menyertai kamu sekalian.”
     JEMAAT       :    DAN MENYERTAIMU JUGA,  Amin !

KIDUNG PUJIAN
(pilih sendiri)

* Doa Pengakuan Dosa

     PENATUA 2  : Saudara – saudara yang kekasih !
                          Marilah kita merendahkan diri di hadapan Allah dan mengakui akan dosa dan kejahatan kita ! Marilah berdoa :

Ya TUHAN,

Kami menanti-nantikan Dikau. Kepada-Mu kami berharap. Lepaskanlah kami dari segala dosa dan pelanggaran. Kami sengsara, tidak dapat membuka mulut melawan-Mu, sebab Engkau sendirilah yang bertindak.  Hindarkanlah kami dari pada pukulan-Mu, kami remuk karena serangan tangan-Mu.  Kami tahu, ya Tuhan, bahwa Engkau menghajar seseorang dengan hukuman karena kesalahan, dan menghan-curkannya sama seperti gegat; sesungguhnya, setiap manusia adalah kesia-siaan belaka. Dengarkanlah doa kami, ya TUHAN, dan berilah telinga kepada teriakan kami minta tolong, janganlah berdiam diri melihat air mataku, karena dosa telah menelan kami dan kematian hendak menerkam kami. Ampunilah dan bebaskanlah kami, ya Allah.
JEMAAT       :    KAMI BERMOHON DALAM NAMA TUHAN YESUS KRISTUS ! AMIN !

KIDUNG PUJIAN
(pilih sendiri)

*  Berita Pengampunan Dosa

     PEL. FIRM   : Raja Daud menuliskan : Berbahagialah orang yang diampuni pelanggar-annya, yang dosanya ditutupi ! Berbahagialah manusia, yang kesalahan-nya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu ! Sebab Engkau telah mengampuni kesalahan umat-Mu, telah menutupi segala dosa mereka. Engkau telah menyurutkan segala gemas-Mu, telah meredakan murka-Mu yang menyala-nyala. (MAZ. 32 : 1 – 2; 85 : 2 – 3). Berdasarkan kesaksian Alkitab itu, maka selaku pelayan Kristus, kami memberitakan kepada seluruh alam semesta dan manusia, bahwa pengampunan dosa telah berlaku dalam nama Allah BAPA – ANAK – ROHKUDUS, berbahagialah orang yang percaya kepada Yesus Kristus, sebab Allah mengampuni dosa dan pelanggarannya.

KIDUNG PUJIAN
(pilih sendiri)

*  Amanat Hidup Baru
    PEL. FIRM   : Jemaat yang dicintai Allah 
                      
                       Marilah kita BERDIRI dan mendengarkan perkataan Kristus, yang dikutip dari Injil menurut kesaksian Matius, kataNya : Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.” Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. (Mat. 22 : 37 – 40)

                        Kiranya Rohkristus membimbing saudara untuk melakukan KASIH ALLAH dalam kehidupan sesehari dan diseluruh dunia : KEMULIAAN BAGI ALLAH !
      
       PEL. FIRM   : Kemuliaan bagi Allah ditempat yang mahatinggi
      JEMAAT       :    DAN DAMAI SEJAHTERA DI BUMI DI ANTARA MANUSIA YANG BERKENAN KEPADA.




JEMAAT DUDUK

*  Paduan Suara / Vocal Group

RUMPUN II
PEMBERITAAN FIRMAN ALLAH

*  Doa Mohon Rohkudus

     PEL. FIRM   : Marilah kita berdoa :
                         
                          Allah Bapa Mahakudus !
                          Sejak dahulu Engkau berfirman, maka jadilah segala sesuatu menurut kehendakMu. Dengan firmanMu Engkau membentuk dan menuntun Israel, umatMu. Sekarangpun Engkah masih bekerja, bahkan telah datang menjadi sama dan berbicara langsung dengan ciptaanMu. Sekarang kami memohonkan pertolonganMu oleh Rohkristus untuk menerangi hati dan pikiran, supaya kami mendengar, menghayati dan melakukan kehendakMu yang disampaikan oleh Yesus Kristus, Tuhan dan Perantara kami. Amin !

*  Bacaan Firman Allah

     PENATUA 3 : Marilah kita berdiri untuk menyambut Firman Tuhan yang akan dibacakan. Terpujilah Allah – HALELUYAH !
     JEMAAT       :    HALELUYAH – HALELUYAH – HALELUYAH !
     PENATUA 3 : Pembacaan Sabda dikutip dari Kitab Wahyu Kristus pasal 2 : 1 – 7. Demikianlah bunyinya : “Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus:...
                          --- sesudah membaca --- : “Hendaklah Firman Allah dengan segala kebenarannya menetap di antara kamu, dan ucapkanlah syukur kepada Allah !”
     JEMAAT       :    KEPADAMU PUJI-PUJIAN MADAH SYUKUR DAN SEGALA KEMULIAAN, YA BAPA – PUT’RA – ROHKUDUS, SAMPAI KEKAL ABADI.

*  Pemberitaan / Pengajaran Firman Allah

     PEL. FIRM   :   

*  Nyanian sesudah Pemberitaan

KIDUNG PUJIAN
(pilih sendiri)

     PEL. FIRM   : Sambil menyanyikan Kidung sesudah Pemberitaan, Jemaat mau ke depan untuk meletakkan Persembahan Sukur Natal ke dalam palungan yang telah disediakan untuk itu.

*  Pengakuan Iman Rasuli
     PEL. FIRM   : Marilah kita berdiri untuk mengucapkan PENGAKUAN IMAN RASULI secara bersama-sama, dengan berikrar : AKU PERCAYA....

*  Doa Syukur Atas Keselamatan Karya Allah
    
     PEL. FIRM   : Marilah kita berdoa : ....

JEMAAT DUDUK

*  Paduan Suara / Vocal Group

RUMPUN III
PENGUCAPAN SYUKUR UMAT

* Ajakan Persembahan
    
     DIAKEN 2    : Saudara – saudara Jemaat yang diberkati Allah !
                          Marilah kita memberikan persembahan syukur kepada Allah atas kasih karunia yang telah dianugerahkanNya dalam Yesus Kristus, sambil mengingat pesan Alkitab :“Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa, tetapi masing-masing dengan sekedar persembah-an, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.” (UL. 16:16-17)...., sambil memberikan persembahan kita menyanyikan Kidung Pujian....

KIDUNG PUJIAN
(pilih sendiri)

Marilah kita BERDIRI dan menyanyikan ayat ... dari Kidung tersebut

*  Doa Persembahan

DIAKEN 2    : Saudara – saudara, marilah kita BERDIRI bersama-sama mengucapkan doa persembahan :

                     Ya Allah Mahakuasa,

                     Keadilan-Mu telah dinyatakan melalui kelahiran Juruselamat : Yesus Kristus. Dalamnya Engkau menghadiahkan harta surgawi yang membuat semua ciptaan bersukacita. Di dalamnya nyata kebaikan hati-Mu, ya Bapa Mahakudus. Persembahan uang yang diberikan tak sebanding dengan anugerah yang telah Kaukaruniakan, serta tak dapat disejajarkan dengan kebaikan-Mu.

                     Semua pemberian ini merupakan pernyataan cinta umat kepada-Mu. Kiranya Engkau berkenan atasnya, ya Allah. Kuduskan dan pakailah, ya Tuhan, untuk membangun kerajaan-Mu di bumi, agar seluruh ciptaan menikmati damai sejahtera yang datang dari pada-Mu di dalam Natal Yesus. Amin !.

JEMAAT DUDUK

RUMPUN IV
PEMBERKATAN DAN PENGUTUSAN

*  Warta Jemaat
    
     DIAKEN 4    : Majelis Jemaat memohonkan saudara bersabar untuk mendengar Warta Aktifitas Jemaat sepanjang minggu ini.

---- sesudah membaca Warta Jemaat ----

                          Betapa indahnya persekutuan di dalam Tuhan, jika kita berkumpul bersama pada esok hari Rabu – 26 Desember 2012 untuk mengadakan Ibadah Syukur Natal II, sekaligus Pelayanan Sakramen Baptisan. Kiranya  Allah memberkati seluruh prosesi penyembahan kita pada hari ini.

                          Marilah kita menyalami saudara-saudara di sebelah kiri dan kanan, sambil mengucapkan DAMAI SEJAHTERA NATAL BERSAMAMU.

* Pengutusan

     PEL. FIRM    : “Ingatlah akan Tuhan Allahmu. Dialah yang telah membebaskan kamu dari dosa dan penderitaan. Jadi, hendaklah kamu memberitakan karya Allah dan FirmanNya kepada semua orang, agar dunia diselamatkan oleh Nya. Marilah BERDIRI dan memuliakan Allah dengan pujianmu !”

KIDUNG PUJIAN
(pilih sendiri)

*  Pemberkatan

     Pel. Firm    : Atas nama Allah yang memilih, mengurapi dan memberikan otoritas Kristus kepada setiap Pelayan Firman, kami diutus untuk menyampaikan berkat Allah kepada alam semesta dan manusia :

                          “ TUHAN MEMBERKATI DAN MENYERTAI ENGKAU...
                            TUHAN MENGHADAPKAN WAJAHNYA DAN MEMBERI ENGKAU KASIH KARUNIA....
                            TUHAN MENGHADAPKAN WAJAHNYA KEPADAMU DAN MEMBERI ENGKAU DAMAI SEJAHTERA !

     Jemaat       : AMIN – AMIN – AMIN !

IBADAH SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar