Kamis, 13 Desember 2012

Tata Ibadah Malam Menyongsong Natal GPIB Jemaat KASIH KARUNIA - Medan => Senin, 24 Desember 2012


GEREJA PROTESTAN DI INDONESIA BAGIAN BARAT
( G P I B )
Majelis Jemaat “KASIH KARUNIA” di Medan

Sekretariat : Jalan Kapten Muslim No. 94 A – Medan – Sumatera Utara



TATA IBADAH GPIB
PERAYAAN MENYONGSONG NATAL
SENIN, 24 DESEMBER 2012

Ibadah Pertama : Pukul 18.00 Sore
Ibadah Kedua : Pukul 20.30 Malam

PEMBUKAAN

Diaken 1      :  Majelis Jemaat GPIB “Kasih Karunia” di Medan mengucapkan SELAMAT MERAYAKAN HARI KELAHIRAN TUHAN YESUS, sekaligus PENANTIAN AKAN KEDATANGANNYA KEMBALI. Kiranya damai sejahtera Kristus Yesus melimpahi warga jemaat dalam kehidupan bersama dan dalam keluarganya.
Jemaat          :    TERPUJILAH ALLAH, TUHAN DAN JURUSELAMAT, YANG TELAH MENGUNJUNGI KITA DI DALAM PERISTIWA KELAHIRAN KRISTUS ! DIBERKATILAH PARA PELAYAN ATAS NAMA TUHAN KITA : YESUS KRISTUS !
Diaken 1      :  Marilah BERDIRI dan memuliakan namaNya !
Jemaat          :    TERPUJILAH ALLAH !
NYANYIAN JEMAAT
(dipilih sendiri)

Sambil Jemaat bernyanyi Prosesi Firman
dibawa masuk ke dalam ruang ibadah

RUMPUN 1

MENGHADAP TUHAN

*  Votum
    
     Pel. Firman  : Saudara – saudara, marilah kita datang menyembah Allah yang telah menghadirkan diriNya dalam nama Yesus, untuk menyelamatkan hidup kita dari dosa dan penderitaan :

                            “Di tengah dunia yang menderita karena dosa dan pelanggaran manusia, umat datang berbakti kepadaMu, sebab mereka mengakui bahwa :

     JEMAAT       :    PERTOLONGAN KITA DATANGNYA DARI TUHAN, ALLAH YANG MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI, DIALAH JURUSELAMAT DAN PENEBUS, YNG TELAH DATANG DALAM NAMA YESUS KRISTUS, DAN YANG SENANTIASA MENUNTUN UMATNYA MELALUI PEKERJAAN ROHNYA KUDUS !

     Semuanya : 1 7   1 //
                          A - MIN

*  Introitus

     Pel. Firm.   : Sejak zaman dahulu, TUHAN Allah telah menyampaikan sabdaNya melalui perantaraan para nabi, kataNya : “Aku, Akulah TUHAN, dan tidak ada Juruselamat selain dari padaKu. Akulah yang memberitahukan, yang menyelamatkan dan mengabarkan... Kamulah saksi-saksiKu, dan Akulah Allah”, demikianlah firman TUHAN !
     JEMAAT     :    KAMILAH SAKSI BAGI ALLAH, BAHWA “ SEORANG ANAK TELAH LAHIR UNTUK KITA, SEORANG PUTERA TELAH DIBERIKAN UNTUK KITA; LAMBANG PEMERINTAHAN ADA DI ATAS BAHUNYA, DAN NAMANYA DISEBUT ORANG : PENASIHAN AJAIB, ALLAH YANG PERKASA, BAPA YANG KEKAL, RAJA DAMAI !”  Amin ! Datanglah, ya TUHAN YESUS KRISTUS ! 

NYANYIAN JEMAAT
(dipilih sendiri)

Sesudah menyanyi JEMAAT DUDUK

*   Doa Pengakuan Dosa

     Penatua 2  : Hari berganti bulan, Allah selalu berbuat baik atas kita, tetapi kita senantiasa memberontak dan berdosa kepadaNya. Oleh karena itu, marilah kita merendahkan diri kepadaNya, lalu mengakui dosa dan pelanggaran kita !

                          “Allah Mahakudus !
                         
                          UmatMu bersujud di hadapanMu dan mengakui segala dosa dan kejahatan yang telah dilakukan baik dalam pikiran maupun perasaan yang terdengar melalui kata-kata dan terungkap dalam perbuatan :

     Laki-Laki   :    “ Ya Tuhan Mahapenyayang !
                               Dosa dan kejahatan yang kami lakukan dalam rumahtangga, terhadap isteri dan anak-anak; juga dalam pergaulan bersama semua orang di tengah masyarakat dan dalam persekutuan orang-orang beriman. Kami berseru kepadaMu, ampunilah kami agar kamu layak melayaniMu, ya Tuhan !

     SEMUA       :                                   TUHAN KAMI BERLUMURAN DOSA
                                                                                    Gita Bakhti 10 : 1

     Wanita       : Ya Allah Mahakasih !
                          Mulut kami malas menceritakan kebajikanMu, tetapi rajin mencerca dan memfitnah sesama. Kami sering memarahi anak-anak dan melukai hati suami. Kami sering menggosipkan hujatan dan fitnah atas para pelayanMu dalam jemaat. Sungguh, kami menyesal akan dosa dan kesalahan kami. Ampunilah kami ya TUHAN !”
    
     SEMUA       :                                   TUHAN, KMI BERLUMURAN DOSA
                                 Gita Bakhti 10 : 2

     Anak-Anak     :  “    Ya Bapa Mahamurah !
                               Sejak dalam kandungan, kami telah berdosa kepadaMu ! Di dalam darah dan daging mengalir dosa Adam, leluhur manusia ! Semuanya tampak jelas dalam tingkah laku sehari hari. Kami mengecewakan hatiMu dengan melanggar titahMu, ya TUHAN.... sadar atau tidak, sengaja atau tidak..., kami sering menyakiti hati ayah bunda dan semua saudara. Ampunilah segala dosa dan kejahatan kami, ya Bapa Mahakudus !”

     SEMUA       :                                  TUHAN, KAMI BERLUMURAN DOSA
                                                                            Gita Bakhti 10 : 3

     Penatua 2  : “Ya Allah Mahapengampun !
                          Dengarlah seruan umat yang tercetus dari hati – pikiran dan diucapkan oleh mulut mereka. Kiranya Engkau sendirilah yang memaafkan dan mengampuni dosa mereka !

     SEMUA       :                                  TUHANKU, BILA HATI KAWANKU
                                                                         Kid. Jem. 467 : 3

*  Berita Pengampunan Dosa

     Pel. Firm.   : Dengarkanlah kesaksian yang disampaikan oleh Rasul Petrus, katanya :  keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kis. 4:12). Berdasarkan kesaksian itulah, maka selaku Pelayan Kristus, kami memberitakan kepada seluruh manusia dan ciptaan Allah, bahwa pengampunan dosa telah berlaku dalam nama Allah : BAPA – ANAK – ROHKUDUS. Berbahagialah orang yang percaya, sebab oleh imannya saja, Allah mengampuni dosa dan kesalahannya ! [1]
     Jemaat       :    “AMIN ! MUBARAKLAH YESUS KRISTUS, JURUSELAMAT DAN TUHAN KITA. HENDAKLAH SELURUH CIPTAAN BERSERU : HALELUYAH !

NYANYIAN JEMAAT
(dipilih sendiri)

*  Hukum Kristus
    
     Pel. Firm.   : Jemaat yang dicintai Allah !
                          Marilah kita BERDIRI dan mendengarkan perkataan Kristus, yang dikutip dari Injil menurut kesaksian Matius, kataNya : Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.” Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. (Mat. 22 : 37 – 40)

NYANYIAN JEMAAT
“Kemuliaan Bagi Allah”

sesudah itu, JEMAAT DUDUK

*  Paduan Suara / Vocal Group

RUMPUN II

ALLAH MENJUMPAI UMAT
PEMBERITAAN FIRMAN ALLAH

*  Doa Mohon Rohkristus

     Pel. Firm.   : Marilah kita berdoa : “Ya Allah Pencipta langit – bumi ! Sejak dahulu Dikau telah menjadikan segala sesuatu oleh kekuatan Roh dan Firman-Mu,... dan sampai sekarang engkaupun masih bekerja. HambaMu memohon agar Dikau mengilhami umatMu, agar mereka mendengarkan, menghayati dan melakukan sabdaMu. Dengan cara demikian mereka memperoleh berkat serta hidup berbahagia sepanjang perjalanan menyongsong kedatangan Yesus Kristus, Tuhan dan Raja. Amin !

*  Pembacaan Sabda (sesuai SGD GPIB).
    
     Pel. Firm.   : “Marilah kita berdiri dan menyambut penyataan Allah yang disaksikan oleh Alkitab. Terpujilah Kristus, ... HALELUYA !”
     Jemaat       :    HALELUYAH – HALELUYAH – HALELUYAH !

     Penatua 3  : Firman Allah yang dibacakan untuk direnungkan pada IBADAH NATAL KRISTUS dikutip dari .......... Demikianlah bunyinya : .......... (sesudah membaca dilanjutkan dengan ...) “Hendaklah Firman Allah dengan segala kekayaanNya menetap di antara kamu dan ucapkanlah syukur kepada Allah !
     Jemaat       :    KEPADAMU PUJI–PUJIAN MADAH SYUKUR DAN SEGALA KEMU-LIAAN, YA BAPA – PUT’RA – ROHKUDUS SAMPAI KEKAL ABADI (KJ. 474 -> dinyanyikan)

JEMAAT DUDUK

*  Pemberitaan / Pengajaran akan Firman Allah

     Pel. Firman  :

*  Pengakuan Iman Rasuli

     Pel. Firman  : Marilah kita BERDIRI... Bersama dengan seluruh orang kristen di segala abad dan di setiap tempat, kita mengucapkan PENGAKUAN IMAN RASULI dengan berikrar : AKU PERCAYA KEPADA ALLAH BAPA ....

JEMAAT DUDUK

*  Persembahan Khusus / Persepuluhan / Ucapan Syukur Natal ke Palungan

     Pel. Firm.   : Saudara – saudara Jemaat !
                          Allah telah mengaruniakan keselamatan serta memberikan kepadamu kehidupan yang layak. Setahun lamanya Ia memelihara kamu dengan setia. Tak pernah Ia menuntut, dan tidak juga memaksamu. Akan tetapi selaku Pelayan Kristus, kami mengajak seluruh jemaat mendukung pekerjaan Misi Kristus yang dilakukan oleh Gereja. Tanpa terkecuali..., marilah kita semua : warga jemaat dan presbiter, maju meletakkan ucapan syukur ke palungan yang telah disediakan di depan meja pelayanan, sambil menyanyikan Nyanyian sesudah Pengajaran... TUHAN pasti memberkati kamu !

NYANYIAN JEMAAT
(dipilih sendiri)

Seluruh Presbiter, termasuk Pendeta, serta warga Jemaat
maju ke PALUNGAN dan meletakkan Ucapan Syukurnya

*  Doa Syukur di Hari Natal

     Pel. Firm.   : Marilah kita berdoa.....

RUMPUN III

JAWABAN UMAT ATAS KASIH ALLAH

*  Ajakan Persembahan

     Diaken 2    : “Saudara – saudara peserta Ibadah Natal yang dikasihi Allah ! Ingatlah hari-hari dahulu, ketika kesusahan menimpa dirimu, bukankah TUHAN, Allah kita, telah membebaskan kita oleh tanganNya yang kuat ? Tiap hari Dia memelihara kita ! Dia memberi kita makanan dan minuman. Dia membuat segala usaha kita berhasil (bd. II Taw. 26:5b), sehingga kita menikmati harta kekayaan pemberianNya. Oleh karena itu, marilah kita menyatakan syukur hati melalui pemberian persembahan, sebagai bukti cinta kasih kita kepada TUHAN... Biarlah Tuhan memberkati hidupmu dalam tahun-tahun perjalananmu ke masa depan !

                          Sambil persembahan harian dikumpulkan, marilah kita menyanyikan kidung pujian ....

NYANYIAN JEMAAT
(dipilih sendiri)

     Diaken 2    : Marilah kita BERDIRI dan secara bersama-sama memohonkan Allah menguduskan persembahan ini :
                       
                          “YA ALLAH MAHA KASIH ! Kami datang kepadaMu sambil membawa persembahan syukur dalam Ibadah Natal Kristus. Persembahan yang kami berikan ini tidak sebanding dengan korban yang Kauanugerahkan oleh Yesus Kristus. Bahkan yang diberikan ini adalah hasil yang kami peroleh dari pemberianMu semata-mata. Ya Tuhan, berkenanlah Dikau menguduskannya, serta menolong para pelayanMu menggunakan untuk meningkatkan pelayanan kasih kepada semua orang. Demi nama Kristus Yesus... Amin !

JEMAAT DUDUK

RUMPUN IV

PENGUTUSAN & PEMBERKATAN

*  Warta Jemaat    

     Diaken 4    : Majelis Jemaat mengharapkan kesabaran seluruh warga Jemaat untuk mendengarkan pemberitahuan ini : .... (sesudah membaca Warta Jemaat) ....

                          Sungguh menjadi sebuah kehormatan bagi Majelis Jemaat, jika saudara-saudara dapat berkumpul bersama di dalam Gedung Gereja GPIB “Kasih Karunia” – Medan pada Hari Natal I – Selasa, 25 Desember 2012 sesuai waktu ibadah yang telah diberitahukan, agar kita memuliakan Allah karena kelahiran Yesus Kristus. Tuhan memberkati kamu sekalian !

* Pengutusan

     Pel. Firm    : Kami mempersilahkan saudara menyalami teman di samping kiri kanan dan menyatakan damai sejahtera Allah ! ( sesudah bersalaman Pelayan Firman melanjutkan )

                          Pulanglah dalam damai sejahtera Kristus, dan beritakanlah segala sesuatu yang telah kamu dengarkan tentang Keselamatan yang dianugerahkan Allah melalui Yesus Kristus kepada semua orang.

                          Marilah berdiri dan memuliakan Allah !

NYANYIAN JEMAAT
(dipilih sendiri)

*  Pemberkatan

     Pel. Firm    : Atas nama Allah yang memilih, mengurapi dan memberikan otoritas Kristus kepada setiap Pelayan Firman, kami diutus untuk menyampaikan berkat Allah kepada alam semesta dan manusia :

                          “ TUHAN MEMBERKATI DAN MENYERTAI ENGKAU...
                            TUHAN MENGHADAPKAN WAJAHNYA DAN MEMBERI ENGKAU KASIH KARUNIA....
                            TUHAN MENGHADAPKAN WAJAHNYA KEPADAMU DAN MEMBERI ENGKAU DAMAI SEJAHTERA !

     Jemaat       : AMIN – AMIN – AMIN !

IBADAH SELESAI









[1]     Boleh juga dipakai Injil Yohanes 3 : 16 => “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar