Jumat, 01 Agustus 2014

TATA IBADAH PEMBAHARUAN PERJANJIAN

TATA IBADAH
PEMBAHARUAN PERJANJIAN

Tata Ibadah Pembaharuan Perjanjian ini dilaksanakan bagi Anggota Jemaat yang pernah mengingkari Pengakuan Imannya kepada Yesus Kristus.

Catatan :

1.       Ibadah Pembaharuan Perjanjian dapat dilaksanakan dalam Ibadah Keluarga pada Sektor Pelayanan dan diikuti oleh warga jemaat di sektor tersebut, atau

2.       Jika yang bersangkutan menghendaki dan setelah dipertimbangkan oleh Majelis Jemaat, ibadah ini dapat dilaksanakan dalam Konsistori Majelis Jemaat dengan diikuti oleh PHMJ dan beberapa Majelis Jemaat dari Sektor Pelayanan yang bersangkutan sebagai saksi.




PROSESI  IBADAH

RUMPUN I
MENGHADAP ALLAH

Diak.       :  Saudara saudara seiman,
                      Kita berkumpul di sini atas kehendak Allah untuk mengadakan IBADAH PEMBAHARUAN PERJANJIAN dari Sdr. .......... Ia menyadari akan dosa dan kesalahan yang telah dilakukannya terhadap Yesus Kristus; dan atas keinginan sesudah mengikuti Katekisasi khusus sendiri  --- oleh pertolongan Roh Allah --- saudara ini bersedia membaharui perjanjian kepada TUHAN, Allah yang kita sebut : Yesus Kristus.

                      Oleh karena itu, marilah kita berdiri mengawali Ibadah ini dengan menyanyikan Kidung Jemaat : MANIS LEMBUT TUHAN YESUS MEMANGGIL (KJ. No. ...).

VOTUM
P.F.           :  Dalam nama Bapa, Anak dan Rohkudus, Ibadah Pembaharuan Perjanjian ini dilaksanakan bagi kemuliaan Allah sejak dahulu dan sekarang ini sampai sepanjang segala zaman.
Umat      :  1 . 7 . 1
                      A – min

INTROITUS
P.F.           :  “Jikalau kita mengakui segala dosa kita, maka Allah itu setia dan adil. Ia akan mengampuni segala kesalahan kita, dan menghapuskan segala pelanggaran kita” (Yoh. 1 : 9).
Umat      :     Amin ! Dimuliakanlah Allah yang mengingat kita dan telah melepaskan kita dari segala dosa dan kesalahan kita.

NYANYIAN JEMAAT

MESKI TAK LAYAK DIRIKU
KJ. No. 27 : 1, 2

MAZMUR 51:1–10 (Mazmur ini dibacakan oleh yang bersangkutan sebagai ungkapan Pengakuan Dosa)

DOA PENGAKUAN
Pen.         :  Marilah kita merendahkan diri dihadapan Allah untuk berdoa kepadaNya. Marilah kita berdoa :
                           
                            “Ya Allah Mahakudus,...
                                Engkau telah menghimpunkan berbagai manusia ke dalam satu persekutuan yang dikuduskan oleh darah AnakMu yang kekasih, Yesus Kristus, Tuhan dan Penebus kami. Sekarang kami bersyukur kepadaMu, sebab Engkau masih bekerja terus menerus untuk membawa pulang domba-domba sesat ke dalam rumahMu. Engkau mencari anak-anak yang hilang menurut kehendaknya sendiri, lalu mengantar mereka kembali ke dalam persekutuan ini.

                                Kami bersyukur kepadamu, karena Engkau telah memanggil kembali sdr. ..... oleh kasihMu, sehingga ia telah berada dalam perkumpulan orang-orang kudus, yakni Gerejamu di sini. Kami bermohon, agar Engkau menghadiri ibadah saat ini untuk mendengar pembaharuan janji yang diucapkannya, supaya hanya Dikaulah yang dikuduskan dan dimuliakan sepanjang segala masa, demi nama Yesus Kristus.
UMAT      : TERPUJILAH TUHAN, ALLAH YANG DISEMBAH LELUHUR BERIMAN, SEBAB IA TELAH BEKERJA MELALUI KUASA ROH KRISTUS UNTUK MEMBAWA KEMBALI SAUDARA KAMI KE DALAM PERSEKUTUAN UMAT PERJANJIAN. IA TELAH MELAKUKAN PERKARA YANG AJAIB DI ANTARA KAMI, MAKA KAMI BERSUKACITA.  Amin !

NYANYIAN JEMAAT
JEMAAT DUDUK

PADUAN SUARA

RUMPUN II
PEWARTAAN SABDA ALAH
DOA EPIKLESE
P.F.           :  Marilah kita memohon kehadiran Roh Allah untuk memimpin kita mendalami kekayaan sabdaNya. Marilah berdoa :

                      Ya Allah, Juruselamat kami !
                      Hadirilah perhimpunan yang telah Kaukuduskan ini serta pimpinlah kami oleh RohMu kudus, supaya apabila kami membaca Alkitab, maka hati dan pikiran kami dipimpin oleh Roh Kristus, sehingga kami mengetahui manakah yang baik dan yang berkenan kepadaMu, lalu kami melakukannya dalam kehidupan beriman sesehari, demi kemuliaan Yesus Kristus, Firman Hidup itu. Amin !

PEMBACAAN ALKITAB
P.F.           :  Marilah berdiri untuk mendengar kesaksian Alkitab, terpujilah Allah : HALELUYAH (Maranatha / Hosiana) !
UMAT      :     HALELUYAH, HALELUYAH, HALELUYAH
Pen.          :  Pembacaan Alkitab dikutip dari dalam kitab ...., demikian bunyinya : ....
P.F.           :     Biarkan Sabda Allah diam dengan segala kekayaan di dalam kamu, supaya hati dan pikiranmu dikuasai olehNya, lalu mulutmu menyanyikan pujian kemuliaan bagi namaNya ...
UMAT      :  KEPADAMU PUJI PUJIAN MADAH SYUKUR DAN SEGAA KEMULIAAN, YA BAPA, PUT’RA, ROHKUDUS SAMPAI KEKAL ABADI (KJ.474)

PENGAJARAN AKAN FIRMAN ALLAH
P.F.           :  Saudara – saudara yang dikasihi Allah !....
                     
NYANYIAN SESUDAH PENGAJARAN

PEMBAHARUAN PERJANJIAN

1.     Penjelasan

P.F.    :  Marilah kita mendengarkan penjelasan tentang makna pembaharuan perjanjian.

                Pembaharuan Perjanjian adalah akta iman yang wajib dilalui oleh setiap orang yang telah dengan nyata-nyata mengingkari pengakuan kepada Yesus Kristus selaku Allahnya. Hal itu mengingat akan perbuatan suci dari Yesus Kristus kepada rasul kita, Simon Petrus, ketika Ia menjumpai Petrus setelah peristiwa kebangkitan.

                Perjumpaan Tuhan Yesus Kristus dengan Simon Petrus memperlihatkan inisiatif Allah membebaskan tiap orang dari keterikatannya dengn masalalu, serta memberi kesempatan kepadanya untuk menerima anugerah keselamatan.

                Sebab itu, perjumpaan merupakan sebuah kesempatan meyerahkan seluruh kehidupan kepada Allah, maka Roh Allah akan membaharui sikap hati dan pikiran secara  terus menerus, supaya kita mengerjakan pekerjaan baik yang memuliakan namaNya serta membawa damai sejahtera kepada semua orang.

2.    Pembaharuan Pengakuan
P.F.    :  Supaya keinginanmu menjadi nyata di hadapan banyak saksi Allah, yakni : warga jemaat dan pelayan-pelayan Tuhan di dalam GerejaNya. Kami akan mengajukan pertanyaan untuk dijawab saudara :

a.    Apakah saudara dengan sadar dan tidak dipaksa, menyatakan penyesalan atas segala pelanggaran saudara di masalalu, yang membuat nama Allah dinajiskan. Apakah jawab saudara ?

Saya mengaku dan menyesal serta bertobat !” (jawaban saudara yang bersangkutan)

b.    Apakah saudara dengan sungguh-sungguh berjanji untuk menolak segala kuasa kegelapan dalam berbagai perwujudannya, serta menerima ajakan untuk selalu berjalan dalam kehidupan baru yang dipimpin oleh Rohudus . Apakah jawab saudara ?

“Saya berjanji kepada Allah untuk selalu setia mengikuti kehendakNya.” (Jawaban saudara yang bersangkutan)

c.     Apakah saudara dengan sungguh-sungguuh bersedia berpartisipasi kembali dalam melaksanakan pekerjaan Allah yang dilakukan oleh GerejaNya sambil menantikan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus. Apakah jawab saudara ?

“Saya berjanji untuk memenuhi panggilan dan pengutusan Allah melalui Gerejanya.”

PENGUKUHAN PENGAKUAN
P.F.       :  Atas nama Bapa – Anak – Rohudus, selaku Pelayan Kristus dalam Gereja, kami menyatakan rachmat Allah atas kehidupanmu, serta mengundang dan meluaskan saudara untuk merayakan sakramen Tuhan melalui pekerjaan Gereja.

UMAT :     KIRANYA TUHAN MENDENGAR PENGAKUAN DAN ROHKUDUS MENGUATKAN SAUDARA MELAKSANAKAN PANGGILAN ALLAH.
PENGAKUAN IMAN RASULI
P.F.       :  Saudara – saudara seiman !
                   Rasul Paulus menuliskan : “Di dalam hati orang percaya dan dibenarkan, dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan” (Rom. 10:13). Sesuai pernyataan itu, kami mengajak saudara berdiri. Marilah kita mengikrarkan bersama-sama PENGAKUAN IMAN RASULI : AKU PERCAYA KEPADA ALLAH....

DOA SYUKUR
P.F.

PADUAN SUARA

RUMPUN III
JAWABAN UMAT ALLAH

PENGUCAPAN SYUKUR
Diak.    :  Saudara – saudara seiman,
                   Marilah kita memberi persembahan syukur atas keselamatan yang telah dianugerahkan Allah, dengan mengingat akan pesan Alkitab : ..... (II Kor. 9 : 7). Sambil kantong persembahan diedarkan, kita menyanyikan KJ. 403 : 1 dan seperlunya.

----- SETELAH PERSEMBAHAN DIKUMPULKAN ---

Diak.    :  Marilah kita berdoa :
                   Ya Allah yang rachimi dan rachmani !
                   Kami bersukacita, karena anugerah keselamatan telah dianugerahkan dengan limpahnya ada persekutuan ini, terlebih-lebih ke dalam kehidupan saudara kami; oleh karena itu, kami bersyukur kepadamu, bukan untuk membayar pengorbanan Anak TunggalMu, Yesus Kristus, melainkan memperlihatkan keinginan hati yang bersedia mendukung pekerjaanMu di dalam Gereja.
UMAT   :     YA TUHAN !, TERIMALAH SYUKUR HATI DAN JANJI SETIA YANG KAMI NYATAKAN KEPADAMU, DEMI NAMA KRISTUS YESUS. AMIN

NYANYIAN JEMAAT
JEMAAT DUDUK

RUMPUN IV
PENGUTUSAN DAN PEMBERKATAN

WARTA JEMAAT
Pen.      :  Majelis Jemaat meminta kesabaran jemaat untuk mendengarkan beberapa pemberitahuan terkait aktifitas pelayanan minggu ini.....

PENGUTUSAN ALLAH
P.F.       :  Kiranya TUHAN Allah meneguhkan perjanjian kasih karunia-Nya dengan kamu sekalian dan dengan sdr: ..... Karena itu, pulanglah dengan selamat dan lakukanlah firman yang telah kamu dengarkan dalam kehidupanmu sehari-hari.
NYANYIAN JEMAAT
JEMAAT BERDIRI

GEMBALA BAIK BERSULING NAN MERDU
KJ. 415 : 1, 3

PEMBERKATAN
P.F.       :  Arahkanlah hati dan pikiranmu Allah, dan terimalah rachmatNya :.....
UMAT : AMIN – AMIN – AMIN ! (dinyanyikan)

IBADAH SELESAI







Tidak ada komentar:

Posting Komentar