Senin, 28 November 2011

TATA IBADAH MINGGU ADVENT II - Minggu, 04 Desember 2011

GEREJA PROTESTAN DI INDONESIA BAGIAN BARAT
( G P I B )
JEMAATKASIH KARUNIADI MEDAN
SEKRETARIAT : JALAN KAPTEN MUSLIM 94A – MEDAN


TATA IBADAH
PERAYAAN ADVENT II
HARI MINGGU, 04 DESEMBER 2011

PENGANTAR KE DALAM IBADAH

DIAKEN 1 :  (DIAKEN MENYALAKAN DUA LILIN DI TEMPAT YANG SUDAH DISEDIAKAN)

                        Jemaat yang dikasihi Allah !
                        Hari ini, Minggu 04 Desember 2011, seluruh umat Kristen di setiap tempat merayakan ADVENT, yang dimulai dengan ADVENT II.

                        Oleh karena itu, marilah kita mempersiapkan hati dan pikiran kita untuk menyambut FIRMAN ALLAH yang dibawa masuk ke dalam ruang ibadah ini. Kita membaca pujian berbalasan :

                        “Terpujilah Allah yang mendengar seruan doa kita. Allah melepaskan dari segala hukuman, karena Dia mengasihi kita.
JEMAAT           :         TUHAN ITU ALLAH KITA ! TIDAK DIBALASKAN-NYA SESUAI PERBUATAN KITA, SEBAB DIA SAYANG KEPADA KITA.
DIAKEN 1      :  Pujilah Allah dalam rumah-Nya yang kudus ! Pujilah nama-Nya selama-lamanya !
JEMAAT       :     BIARLAH SEGALA YANG HIDUP MEMULIAKAN NAMA-NYA ! BIARLAH SEGALA MAKHLUK CIPTAAN BERSERU : KUDUS, KUDUS, KUDUSLAH TUHAN ALLAH YANG MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI !
DIAKEN 1      :  Marilah kita berdiri menyambut Firman yang akan dibawa masuk serta memuji TUHAN dengan menyanyikan :

I
MENGHADAP TUHAN

NYANYIAN JEMAAT

I.1.  VOTUM
          PEL. FIR :  Ibadah Perayaan Advet 2 ini didasarkan atas nama BAPA, dan ANAK, dan ROHKUDUS.
        JEMAAT :      SEBAB ENGKAU SAJA YANG KUDUS; KARENA SEMUA BANGSA AKAN DATANG DAN SUJUD MENYEMBAH ENGKAU, SEBAB TELAH NYATA KEBENARAN SEGALA PENGHAKIMAN-MU (Why. 15:14). 
        SEMUA  :  1 . 7 . 1//
                        A - - - MIN !

I.2.  NATS PEMBIMBING / INTROITUS
        PEL. FIR :  "Sesungguhnya, inilah Allah kita, yang kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah TUHAN yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-Nya !" (Yes. 25:9).

1.3. SALAM RASULI
        PEL. FIR :  Kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita.
        JEMAAT :     BAGI DIALAH KEMULIAAN SELAMA-LAMANYA. AMIN !

NYANYIAN JEMAAT
(ses. Nyanyi Jemaat Duduk)

I.4.  DOA PENGAKUAN DOSA
        PENT. 1 :  YA TUHAN ALLAH MAHAKASIH,
                        Umat-Mu mengaku, bahwa segala kecende-rungan hati kami membuahkan kejahatan dan dosa semata-mata (KEJ. 6:5). …..
        LAKI      :     TIDAK SEORANGPUN DI ANTARA KAMI YANG BERBUAT BAIK (MAZ. 14:1-3; ROM. 3:10-12). SEGALA SESUATU YANG KAMI KERJAKAN SERING MENYAKITI HATI-MU, YA TUHAN. PIKIRAN YANG TERDENGAR DALAM UCAPANPUN SERING MELUKAI HATI SESAMA KAMI…..
        PENT. 1 :  Hati selalu merancangkan kejahatan, dan tidak ada pertimbangan dalam akalbudi. Umat-Mu telah melakukan apa yang jahat menurut pandangan-Mu, ya Bapa kudus….
        WANITA        :        KAMI ADALAH ORANG-ORANG BERDOSA YANG TELAH KEHILANGAN KEMULIAAN-MU, YA ALLAH (ROM. 3:20)…..
        PENT. 1 :  Ampunilah segala dosa dan pelanggaran umat-Mu ini, ya Allah Mahakasih !

        SEMUA  :  Kidung PKJ No.

                        1. TUHAN, KAMI BERLUMURAN DOSA. TUHAN, AMPUNILAH DOSA KAMI !  
                        2. TUHAN KINI KAMI BERSEHATI, TUHAN MOHON AMPUN DOSA KAMI

I.5.  PEMBERITAAN PENGAMPUNAN DOSA
        PEL. FIR“Jikalau kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri sendiri, dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita, dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” (I YOH. 1:8–9). Berdasarkan sabda Allah yang dituliskan Rasul Yohanes, maka selaku pelayan Yesus Kristus, kami memberi-takan bahwa pengampunan dosa telah ber-laku dalam nama BAPA, ANAK dan ROHKUDUS. Berbahagialah orang yang percaya, sebab dosa dan kesalahannya diampuni oleh Allah.
        JEMAAT :   DIMULIAKANLAH YESUS KRISTUS, TUHAN DAN JURUSELAMAT KITA !
       
NYANYIAN JEMAAT
I.6.  HUKUM TUHAN
        PEL. FIR :  Kami mengundang Jemaat berdiri untuk mendengarkan HUKUM KRISTUS yang dikutip dari SURAT I YOHANES 2 : 14 - 17. Demikianlah bunyinya : Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat. Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

                        Kiranya Rohkristus, Tuhan dan Penebus, menguatkan saudara sekalian untuk melaku-kan kehendak Allah dalam kehidupan sesehari dan di seluruh dunia.

NYANYIAN KEMULIAAN
(ses. menyanyi JEMAAT DUDUK)

I.7.  PADUAN SUARA / VOCAL GROUP
II
PEMBERITAAN SABDA ALLAH

II.1.              DOA MOHON ROHKUDUS

        PEL. FIR :  Marilah kita berdoa memohonkan Roh Allah untuk menuntun kita : “YA ALLAH, SUMBER HIDUP,… TERANGILAH HATI DAN PIKIRAN OLEH ROH-MU, SUPAYA MANUSIA MENGARAHKAN HIDUPNYA KEPADA-MU, SERTA BERJALAN MENURUT SEGALA UCAPAN YANG KELUAR DARI MULUT-MU, AGAR MEREKA DIBERKATI SAMPAI SELAMA-LAMANYA. … AMIN !

II.2.              PEMBACAAN SABDA ALLAH

        PEL. FIR :  Marilah BERDIRI menyambut Firman TUHAN yang akan dibacakan. Terpujilah Allah ! MARANATHA !
        JEMAAT :     MARANATHA ! MARANATHA ! MARANATHA !
        PENT. 2 :  Pembacaan Sabda Allah hari ini dikutip dari SURAT 1 PETRUS 1 : 3 – 9  demikian bunyinya : …… (setelah membaca perikob bacaan Penatua berkata)

                        “Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, dan ucapkanlah syukur kepada Allah !
        JEMAAT :     (KID. JEM. 474)
                           KEPADA-MU PUJI-PUJIAN, MADAH SYUKUR DAN SEGALA KEMULIAAN, YA BAPA, PUT’RA, ROHKUDUS SAMPAI KEKAL ABADI.

JEMAAT DUDUK

II.3.              PEMBERITAAN FIRMAN
        PEL. FIR :

NYANYIAN JEMAAT
II.4.              PENGAKUAN IMAN RASULI
        PEL. FIR :  Saudara – saudara Jemaat, marilah berdiri dan kita bersama mengucapkan PENGAKUAN IMAN RASULI dengan berkata : “AKU PERCAYA KEPADA….
JEMAAT DUDUK
II.5.              PADUAN SUARA / VOCAL GROUP

III
JAWABAN UMAT ALLAH

III.1. DOA SYAFAAT 
·        Bangsa dan Negara Indonesia yang sedang membangun, khususnya Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan seluruh rakyatnya
·        Gereja yang bersaksi dan melayani di dalam Musyawarah Pelayanan SUMUT – ACEH, khususnya dalam Jemaat Lokal yang mempersiapkan PST-GPIB tahun 2012 mendatang
·        Warga Gereja yang sedang berjuang keras untuk keluar dari berbagai penderitaan dan sedang menyongsong Perayaan Natal Kristus.

III.2. PENGUCAPAN SYUKUR UMAT
         DIAKEN 2   :        Saudara – saudara yang diberkati Allah…
                           TUHAN, Allah kita, telah mengaruniakan rachmat-Nya dengan tidak terbatas ke dalam pekerjaan dan kehidupan keluarga setiap hari. Oleh karena itu, marilah kita mengucap syukur kepada-Nya dengan memberi persembahan, sambil mengingat pesan ALKITAB : “…Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.” (II KOR. 9 : 7 – 9). Sementara persembahan dikumpulkan, kita menyanyikan KIDUNG JEMAAT No. ….. dan seperlunya.

         DIAKEN 2   :        Marilah berdiri dan kita menyanyikan kidung yang sama dari ayat yang 4. Marilah kita mengucapkan doa persembahan ini bersama–sama : Ya, Allah Sumber Hidup, kami mengaku kepada-Mu, bahwa seluruh kehidupan ini adalah milik yang Kau karuniakan. ….  
         JEMAAT   :     TAK SEPOTONGPUN YANG KAMI BAWA SEJAK LAHIR; DAN KETIKA MATIPUN KAMI TAK AKAN MEMBAWA APAPUN. KAMI SANGAT TERGAN-TUNG DARI BELAS KASIHANMU, YA TUHAN ....
         DIAKEN 2:  Roh-Mu sendirilah yang menggerakan hati dan pikiran kami, sehingga kami tergerak untuk memberikan persembahan ini bagi-Mu, ya TUHAN….
         JEMAAT   :     KIRANYA ENGKAU MEMBERKATI SELURUH KARYA HIDUP KAMI, SUPAYA KAMI SETIA MENGASIHI DIKAU DAN IKUT MENDUKUNG PEKERJAAN-MU MELALUI KEGIATAN GEREJA-MU.
         SEMUA     :  MARANATHA !, terpujilah Allah yang kami nantikan selama-lamanya. Amin !

JEMAAT DUDUK

III.3. PEMBACAAN WARTA JEMAAT
         DIAKEN 3   :        Majelis Jemaat mengharapkan kesabaran Jemaat untuk mendengarkan beberapa aktifitas pelayanan yang dilaksanakan sepanjang minggu ke depan (selesai membacakan WARTA JEMAAT, Diaken 3 berkata)

                           Sungguh suatu kebahagiaan, jika kita dapat berkumpul bersama kembali pada Minggu ADVENT II,  11 Desember 2011 mendatang. Kiranya TUHAN memberkati ibadah saudara-saudara.

III.3. PENGUTUSAN DAN PEMBERKATAN
        PEL. FIR    :  Pulanglah dalam damai-sejahtera Allah, lakukanlah Firman TUHAN yang telah saudara dengar di dalam kehidupan sesehari. Marilah berdiri, dan muliakanlah Allah !

NYANYIAN JEMAAT

        PEL. FIR    :  Atas nama Allah yang telah memanggil, mengurapi dan memberikan kuasa Kristus kepada setiap pelayanan Firman. Kami diutus untuk menyampaikan berkat-Nya. Terimalah berkat TUHAN (BIL. 6 : 24 – 26) :

TUHAN MEMBERKATI ENGKAU DAN MELIN-DUNGI ENGKAU;
TUHAN MENYINARI ENGKAU DENGAN WAJAH-NYA DAN MEMBERI ENGKAU KASIH KARUNIA;
TUHAN MENGHADAPKAN WAJAH-NYA KEPA-DAMU DAN MEMBERI ENGKAU DAMAI SEJAHTERA.

        JEMAAT     AMIN – AMIN – AMIN ! (dinyanyikan


-----ooo00ooo-----


CATATAN      :  Semua NYANYIAN JEMAAT dipilih sesuai konteks Jemaat Lokal, asalkan dicocokkan dengan suasana ADVENT II.

-> ariha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar