Rabu, 09 Februari 2011

PROPOSAL RETREAT KATEKISASI 2011 by Pdt. Arie A. R. Ihalauw

 SURAT KHUSUS

 Kepada Yang Terhormat,
PELAKSANA HARIAN MAJELIS JEMAAT
GPIB KASIH KARUNIA di Medan. :

Salam damai sejahtera di dalam Kristus-Yesus

Sehubungan dengan semakin mendekatnya Peneguhan Sidi Jemaat yang dilakukan pada MINGGU, 03 APRIEL 2011 mendatang, maka saya selaku KETUA PHMJ membidangi Bidang Program IMAN - AJARAN - IBADAH Gereja di dalam Jemaat memasukkan PROPOSAL PELAKSANAAN RETREAT KATEKISASI 2011 disingkat KATEKS 2011.

Usulan ini dimaksudkan, agar PHMJ secara bersama-sama dapat mempelajarinya serta memberikan masukan yang bermanfaat bagi pembangungan JEMAAT selaku KELUARGA ALLAH. Saya sangat mengharapkan, PHMJ menaruh perhatian atas usulan ini sesuai PROGRAM KERJA DAN KEUANGAN yang telah ditetapkan. 

Atas perhatian dan pengertian yang dibangun bersama untuk meningkatkan pekerjaan Kristus melalui ibadah jemaat, saya ucapkan terima kasih.

Catatan :
  1. USULAN ini diposting dalam FB, sebab saya berkeyakinan PHMJ telah mengetahui adres FB saya, sehingga memudahkan komunikasi pekerjaan yang akan kita rapatkan dan putuskan bersama.
  2. USULAN ini juga bertujuan membantu rekan-rekan pelayan dalam jemaat-jemaat GPIB, supaya mereka dapat membangun bersama pekerjaan pembinaan atas warga GPIB dalam jemaatnya.
Kiranya Tuhan Yesus-Kristus, KEPALA GEREJA, memberkati pekerjaan yang kita sedang laksanakan !

Salam dan Doa

PENDETA ARIE A. R. IHALAUW



PROPOSAL

MATERI
RETREAT CALON SIDI JEMAAT
PERIODE 2010 – 2011 


PROGRAM KERJA 2011 – 2012
BIDANG

IMAN – AJARAN – IBADAH


Gereja, selaku KELUARGA ALLAH, disuruh Yesus-Kristus untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah dan mengajarkan Firman Allah (Alkitab) kepada warganya. Bertolah dari suruhan itu (bd. Mat. 28 : 19 – 20a -> “Pergilah, jadikanlah sekalian bangsa itu murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, Anak dan Rohkudus, dan ajarkanlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu…”). Memikirkan suruhan Tuhannya, Gereja selaku institusi yang disebut juga KELUARGA ALLAH, menyusun program pembinaan warganya, secara khusus bagi anak-anak muda yang berusia 17 tahun ke atas (sesuai Petunjuk Pelaksanaan Katekisasi) yang dilakukan secara periodik 1 (satu) tahun. 

I.       NAMA AKTIVITAS PROGRAM

Program ini bernama RETREAT KATEKISASI dan ditempatkan di bawah bidang fungsional Ketua PHMJ / Ketua Majelis Jemaat, yang membidangi IMAN – AJARAN – IBADAH Gereja.

II.     TUJUAN PENGADAAN PROGRAM

Pengadaan aktivitas RETREAT KATEKISASI tidak dilakukan berdasarkan kebiasaan rutin pada akhir proses belajar mengajar yang dijalani oleh peserta bina katekisasi. Akan tetapi RETREAT KATEKISASI dijadikan wadah pembinaan untuk mencapai tujuan Gereja : 

1.   Memperlengkapi warganya menjadi murid-murid Kristus yang siap berpartisipasi menjalankan suruhan Tuhannya (Mrk. 15:16; Mt. 28 : 19 – 20; Kis. 1 : 8).
2.   Mengembangkan wawasan intelektual warganya untuk menerima suksesi rasuli dalam pengelenggaraan Tri Dharma (Persekutuan, Pelayanan dan Kesaksian) Gereja.

3.   Membangun dan membina kehidupan spiritual warganya serta membimbing ke dalam pengenalan akan Yesus-Kristus selaku Tuhan dan Juruselamat.
III.   WAKTU PELAKSANAAN

Untuk mengakhiri masa pembelajaran itu, maka Majelis Jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan merencanakan yang RETREAT KATEKISASI dilaksanakan 2 (dua) minggu sebelum Ibadah Peneguhan Warga Sidi Jemaat, yaitu : Sabtu – Minggu, 02 Apriel 2011

IV.   PENANGGUNG JAWAB DAN PELAKSANA ACARA

1. Tanggungjawab pelaksanaan berada dalam wewenang Pelaksana Harian Majelis Jemaat (PHM), cq. Ketua Majelis Jemaat membidangi IMAN – AJARAN – IBADAH Gereja. Penanggungjawab pelaksanaan RETREAT KATEKISASI – 2011  disebut juga Panitia Pengarah, disingkat PP.

2.  Pelaksanaan dan Pelaksana RETREAT KATEKISASI – 2011 adalah Majelis Jemaat, cq. Ketua Majelis Jemaat dibantu oleh Pendeta Jemaat, Vikaris dan Penatua – Diaken yang telah ditunjuk. Orang-orang yang ditunjuk dan diangkat oleh PHMJ disebut Panitia Pelaksana Aktivitas, disingkat PPA.

V.     MATERI DAN KEGIATAN RETREAT KATEKISASI 2011

Dikarenakan RETREAT KATEKISASI – 2011  ini merupakan kelanjutan atau bahagian akhir dari proses belajar – mengajar secara formal dalam mata rantai Pembinaan Warga GPIB, maka kegiatannya dikelompokkan sesuai tujuan Pembinaan GPIB. Kegiatannya sebagai berikut :

1.   Evaluasi

1.1. Melakukan evaluasi atas seluruh pengajaran yang telah diterima sepanjang 1 (satu) tahun, sejak Mei 2010 – Maret 2011.

1.2. Evaluasi lisan dilaksanakan 3 (tiga) minggu sebelum Ibadah Peneguhan Sidi Jemaat pada Hari Kamis – Jumat : 24 – 25 Maret 2011. Petugasnya adalah Pendeta, Vikaris, Penatua – Diaken yang telah ditunjuk oleh Majelis Jemaat dalam sebuah Surat Keputusan. 

1.3. Peserta Bina Katekisasi yang dinyatakan tidak lulus kualifikasi, tidak diperkenankan mengikuti RETREAT KATEKISASI – 2011.

1.4. Evaluasi tertulis dilakukan dalam 2 (dua) cara :

a)    Membuat karya tulis akhir yang topiknya dipilih sendiri dan atau dipilih sesuai topik yang diajukan Ketua Majelis Jemaat.

b)   Menempuh ujian tertulis sesuai materi pelajaran yang diberikan sejak Mei 2010 – Maret 2011.

c)    Nilai Ujian Tertulis yang disebutkan pada butir a) - b)  digabungkan menjadi satu dan dibagi.

2.   Tugas Mentor

Yang dimaksudkan dengan  Pembangunan Wawasan Eklesiologi – Misioner pada sub-bagian 2 ini adalah Percakapan Pastoral yang dilakukan bersama petugas yang ditunjuk oleh Majelis Jemaat. Kegiatannya sebagai berikut :

2.1.  Majelis Jemaat menunjuk seorang Penatua atau seorang Diaken untuk menjadi Mentor selama kegiatan berlangsung. Mentor tersebut ditugaskan untuk :

a).  Mengikuti seluruh kegiatan mendampingi calon sidi yang akan dibimbingnya.

b).  Mencatat  dan membuat laporan tentang perilaku calon sidi yang dibimping selama mengikuti  aktifitas RETREAT KATEKISASI – 2011.

c).  Mngadakan percakapan pastoral pada setiap akhir kegiatan/acara/sesi untuk mengetahui dan mengenal perkembangan berpikir calon terhadap tugas panggilan – pengutusan yang akan dijalankan sesudah diteguh-sidikan.

d).  Bertanggungjawab terhadap calon sidi serta dapat merekomendasikan lulus atau tidak lulus seorang calon. Rekomendasi dibicarakan bersama dalam Rapat PHMJ. 

3.   Silabus dan Kurikulum RETREAT KATEKISASI – 2011  

3.1. Pengenalan diri dan Pemotivisasian

       Materi – materi ini disusun dengan mengingat :

a)    Pertumbuhan dan Perkembangan kepribadian calon sidi jemaat (usia dan tingkat pengalaman serta pengetahuan).

b)   Membangun pemahaman iman yang bertitik tolak dari pengalaman iman calon sidi jemaat.

c)    Memperkuat motivasi calon sidi jemaat, agar mereka memiliki serta membangun kerinduan untuk bertanggung jawab dan berpartisipasi terhadap pembangunan jemaat di bidang pelayanan BPK (Bidang Pelayanan Kategorial, yang disebut juga Unit Misioner).

d)   Membagi pengalaman iman kepada calon sidi jemaat.

Catatan :

·         Materi ini akan disusun oleh Vikaris Sdri. Roro Diah Kusumawati, STh, dan pekerja Gereja : Sdri. Evie Zebua, S.Teol serta Sdr. Ibas Usmany, S.Ag. Materi yang telah disusun dalam bentuk Uraian maupun Power-Point diserahkan kepada Ketua Majelis Jemaat untuk dikoreksi sebelum disampaikan.

·         Materi ini berjudul : 


a.    AKU DAN TUHAN – sebuah tinjauan tentang KEPRIBADIAN SEORANG MURID yang dikutip dari pengalaman iman Nabi Yesaya – Yeremia – Amos – Hosea dan Mikha dalam Alkitab Perjanjian Lama, serta Rasul Petrus dan Rasul Paulus dalam Alkitab Perjanjian Baru


b. MENJADI MURID YANG BERSAKSI DAN MELAYANI – sebuah tinjauan tentang TUGAS PANGGILAN – PENGUTUSAN calon sidi jemaat dari Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) yang berada dalam wilayah pelayanan di Kota Medan – Sumatera Utara.

·         Waktu Penyampaian
Kedua materi disampaikan pada 2 (dua) kali pertemuan.

3.2. Pemahaman akan Ajaran Gereja

a)    Menularkan pengetahuan tentang pengenalan akan Allah dan akan Yesus-Kristus selaku Tuhan dan Juruselamat.

b)   Menjelaskan Pemahaman Iman GPIB, agar calon sidi jemaat mengetahui dan mengerti keunikan GPIB dalam persekutuan Gereja-Gereja Kristus di Indonesia.

c)    Membuka wawasan membentuk perilaku (karakter) ibadah dari calon sidi jemaat.

d)   Materi – Materinya berjudul :

·         AKU DAN GEREJA – sebuah tinjauan teologis terhadap fungsi – peran warga GPIB dalam persekutuan KELUARGA ALLAH yang dipanggil untuk melayani dan bersaksi.

·         PERAN WARGA SIDI UNTUK MENJALANKAN MISI KRISTUS – sebuah tinjauan tentang tugas fungsional sesudah calon diteguh sidikan.

·         MENJADI SAKSI BAGI KRISTUS DI TENGAH PERGAULAN MUDA-MUDI – sebuah tinjauan sosio-religius terhadap perilaku ibadah calon sidi jemaat dalam pergaulan masyarakat : lingkungan keluarga, sekolah dan persahabatan.

Ketiga materi tersebut disampaikan dalam 3 (tiga) kali pertemuan selama hari Sabtu – Minggu. 

VI.   PEMBIAYAAN

Pembiayaan RETREAT KATEKISASI – 2011ini dikeluarkan sesuai PROGRAM KERJA 2010 – 2011 dari Majelis Jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan. Biaya itu diperuntukan bagi : 

1. Transportasi pulang pergi.

2.  Akomodasi dan Kesehatan (P3K)

3.  Komsumsi

4.  Pembinaan -> bagi Penatua – Diaken yang menjadi Mentor (@ Rp. 150.000 – seratus limapuluh ribu rupiah; dan para Peneramah (@ Rp. 300.000 – tigaratus ribu rupiah).

VII.    TEMPAT PELAKSANAAN

Alternatif pilihan :

a). Parapat di Danau Toba
b). Kabanjahe di Tanah Karo.
c). Tempat akan disesuaikan dana yang tersedia.

VIII.  KEWAJIBAN PANITIA PELAKSANA

a). Menyusun Rencana Kegiatan dan Keuangan, kemudian memasukkan kepada PHMJ.

b). Menyusun Tata Kala (time schedule) pelaksanaan.

c). Memberikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan yang disertai bukti-bukti transaksi keuangan.

d). Seluruh aktivitas kegiatan yang mengeluarkan dana akan diserahkan oleh PHMJ kepada BPPJ untuk diaudit.

Proposal ini disusun oleh Ketua PHMJ membidangi Bidang Program IMAN – AJARAN – IBADAH dan disampaikan kepada PHMJ
di
Medan – Sumatera Utara,
Hari Rabu, 09 Pebruari 2011

oleh

PENDETA ARIE A. R. IHALAUW
Ketua Majelis Jemaat / Ketua PHMJ membidangi Bidang Program IMAN – AJARAN - IBADAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar