Rabu, 14 Maret 2012

TATA IBADAH GPIB untuk PELAYANAN MINGGU - 18 MARET 2012


GEREJA PROTESTAN DI INDONESIA BAGIAN BARAT
( G P I B )
MAJELIS JEMAAT KASIH KARUNIA DI MEDAN
Sekretariat : Jalan Kapten Muslim No. 94 A di Medan – SUMATERA UTARA


TATA IBADAH GPIB
UNTUK DIGUNAKAN DALAM
HARI MINGGU, 18 MARET 2012


KEGIATAN PRESBITER DI KONSISTORI

*   Persiapan Presbiter di Konsistori (Mengecek Tugas Pelayanan)
*   Doa Presbiter di Konsistori (Penatua I Pemimpin Pelayanan)
*   Jabatan Tangan Pelayanan di Konsistori

PEMBUKAAN

DIAKEN 1   :  Saudara saudara seiman,
                    
                     Majelis Jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan mengucapkan SELAMAT DATANG dan SELAMAT BERIBADAH kepada seluruh warga jemaat dan simpatian. Kiranya Ibadah saudara menyenangkan hati Allah dan membawa kebahagiaan ke dalam rumahtangga.               

                     Pada Hari Minggu PRA-PASKAH IV – Minggu, 18 Maret 2012, kita diundang Allah untuk mengingat rayakan perjalanan Tuhan Yesus Kristus menuju Bukit Golgota. Marilah BERDIRI menyambut Firman Allah yang akan dibawa masuk ke dalam ruang ibadah, sambil menyanyikan KIDUNG JEMAAT No : ……

----- PROSESI FIRMAN DIBAWA MASUK ----

RUMPUN I
MENGHADAP TUHAN

1. VOTUM

PEL. FIRMAN    :  Marilah kita mentahbiskan Ibadah MINGGU PRA-PASKAH IV ini dalam pemahaman iman, bahwa PERTOLONGAN KITA ADALAH DI DALAM NAMA TUHAN, ALLAH YANG MENJADIKAN LANGIT DAN BUMI, DAN YANG TIDAK PERNAH MENINGGALKAN UMATNYA SAMPAI SELAMA-LAMANYA.
JEMAAT          :  1 . 7 . 1 //
                        A - - MIN !

2.  NATS PEMBIMBING (INTROITUS)

PEL. FIRMAN  :  Sesungguhnya, Aku mengadakan perjanjian keselamatanKu dengan kamu dan dengan keturunanmu, dan dengan segala makhluk hidup yang bersama-sama dengan kamu(Kej. 9:9-10).


3.  SALAM RASULI

     PEL. FIRMAN   :    “Kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus yang telah menyerahkan diri-Nya, karena dosa-dosa kita untuk melepaskan kita dari dunia yang jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita. Bagi-Nyalah segala kemuliaan  selama-lamanya. Amin !” (Gal. 1: 3 – 5).

NYANYIAN JEMAAT
KID. JEM. N0. _____

JEMAAT DUDUK

4.  DOA PENGAKUAN DOSA

     PENATUA      :  Ya Allah Mahakudus,
                             Dalam Minggu Pra-Paskah IV ini, kami merenungkan penderitaan Yesus Kristus semasa hidupNya. Kami merasa malu dan menyesal akan dosa dan semua kajahatan yang dilakukan melawan kehendakMu yang Dikau telah firmankan. Kami telah mengecewakan dan menyakiti perasaanMu, ya Bapa Mahakudus. Sebab tidak ada yang baik, tidak ada yang benar dan tidak ada perbuatan kami yang menyenangkan Dikau. Kami mencuri, membunuh, memfitnah, berdusta dan mengorbankan sesama demi mencapai kepentingan diri serta memenuhi kebutuhan sendiri. Sebab itu, kami bermohon : Ampunilah kami, umatMu ini ! Baharuilah roh dan pikiran kami, serta tuntunlah kami oleh RohMu kudus, agar kami melakukan segala perintahMu dan menjadi saksi yang memberitakan kebaikanMu, demi nama Yesus Kristus, Tuhan dan Mukhalis kami. Amin

NYANYIAN JEMAAT

TUHAN KAMI BERLUMURAN DOSA

1.   Tuhan ! Kami berlumuran dosa…. Tuhan ! Sudilah ampuni kami.
2.   Tuhan ! Dosa kami Kauhapuskan…. Tuhan ! Baharui hati kami.

5.  BERITA ANUGERAH / PENGAMPUNAN DOSA

     PEL. FIRMAN  :  Saudara – saudara yang dikasihi Allah !
                             Penulis Mazmur (32 : 1-2) menuliskan : Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh“ (I PET. 3:20) Berdasarkan firman itu, maka selaku pelayan Kristus, kami memberitakan pengampunan doa dalam nama BAPA, ANAK dan ROHKUDUS.

     JEMAAT         :  SYUKUR KEPADA ALLAH !

NYANYIAN JEMAAT
Kid. Jem. No … ay. ….

6.  AMANAT HIDUP BARU / HUKUM TUHAN
    
     PEL. FIRMAN  :  Saudara – saudara Jemaat !
                             Marilah kita BERDIRI dan mendengarkan Firman Tuhan yang menunjukkan cara hidup untuk dilakukan dalam hari-hari sepanjang minggu yang akan datang. Firman Tuhan itu berbunyi : Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa ! Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. (Ulangan 6 : 4 – 5).

                             Kiranya Rohkristus memberikan kekuatan kepada kamu, sehingga kamu tekun mengasihi Dia dan taat melakukan firmanNya dalam kehidupan sesehari dan di seluruh dunia --> KEMULIAAN BAGI ALLAH !

Nyanyian KEMULIAAN BAGI ALLAH
  JEMAAT DUDUK

7.  PADUAN SUARA / VOC. GROUP.


RUMPUN II
PEMBERITAAN FIRMAN ALLAH

8. DOA EPIKLESE
    
     PEL. FIRMAN  :  Ya Allah Mahapengasih dan Mahapenyayang !
                             Dengan kekuatan FirmanMu, Dikau telah menciptakan segala sesuatu. Dengan FirmanMu, Engkau menuntun Israel keluar dari Mesir sampai memasuki Kanaan. Kiranya Dikau berkenan menyatakan firmanMu, agar umat dibimbing untuk menjalankan kehidupannya sesuai kehendakMu. Dan, oleh karena, mereka memberlakukan firmanMu,  maka mereka akan menikmati rachmat kebaikanMu sepanjang hari. HambaMu berdoa demi nama Yesus Kristus, Firman Hidup. Amin !

9.  PEMBACAAN PERIKOP ALKITAB

     PENATUA 2     :  Saudara-saudara yang diberkati Allah !
                             Marilah BERDIRI, serta kita membaca dan mendengarkan kesaksian Alkitab yang dikutip dari KITAB KEJADIAN VII : 1 – 9, demikianlah bunyinya : “Lalu berfirmanlah Allah ….”

     PENATUA 2     :  Hendaklah damai-sejahtera Kristus dengan segala kekayaannya memerintah di dalam hatimu, dan ucapkanlah syukur kepada Allah.

     JEMAAT         :  Kidung Jemaat No.  474 -> KEPADAMU PUJI-PUJIAN
    
10 PEMBERITAAN FIRMAN

     PEL. FIRMAN  :


RUMPUN III
JAWABAN UMAT ATAS KASIH ALLAH

11. NYANYIAN SES. PEMBERITAAN FIRMAN

      PEL. FIRMAN:  Marilah kita memberikan Persembahan : PERSEPULUHAN, UCAPAN SYUKUR, dan PERSEMBAHAN KHUSUS untuk mendukung PROGRAM MAJELIS JEMAAT di bidang Pelayanan dan Kesaksian Gereja. Sambil maju secara teratur untuk memasukan persembahan ke KOTAK KHUSUS, kita menyanyikan KIDUNG JEMAAT N0. 425 : 1 – 3 -> BAHT’RA YANG DIPANDU YESUS

12. PENGAKUAN IMAN RASULI (CREEDO APOSTOLICUM)

      PEL. FIRMAN:  Marilah kita berdiri dan mengucapkan bersama PENGAKUAN IMAN RASULI : “Aku percaya kepada Allah….”

13. DOA SYAFAAT

      PEL. FIRMAN:  Saudara – saudara, marilah kita berdoa : ……. (diakhiri doa BAPA KAMI)

14. AJAKAN PERSEMBAHAN
     
      DIAKEN 2     :  Ucapkanlah syukurmu kepada Allah, bawalah persembahan sukarela kepada-Nya, sebab setiap hari Dia telah mengerjakan pembebasan atas kita. Berilah dari hati yang bersukacita. Dengan mengingat pesan Alkitab : “Jangan seorangpun yang mencari keuntungan-nya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.” (I KOR.10:2). Bawalah persem-bahanmu dengan hati iklas, sebab Allah, Dialah TUHAN, yang memberkatimu dengan segala kelimpahan. Sambil persembahan dikumpulkan, Jemaat menyanyikan KIDUNG JEMAAT No. _______

15. DOA PERSEMBAHAN

      DIAKEN 2     :  Marilah kita BERDIRI untuk mendoakan persembahan yang telah dikumpulkan ini, agar TUHAN berkenan atasnya dan memberkati penghidupan kita. Mari berdoa :
                            
                           Ya Yesus Kristus…,
                           Kami merenungkan pengorbananMu demi keselamatan kami. Oleh karena itu, dengan mengingat akan suruhan-Mu untuk melayani kaum papa, maka kami membawa persembahan sukarela ini sebagai dukungan bagi pelayan-an kasih yang dilakukan Gereja. Dengan cara ini kami ikut berpartisipasi meringankan derita sesama. Kiranya Dikau berkenan memakainya bagi pelayanan kasih yang membawa sukacita kepada yang menderita. Amin (A. R. Ihalauw). 

RUMPUN IV
PENGUTUSAN DAN PEMBERKATAN

16. WARTA AKTIVITAS JEMAAT SEPEKAN

      PENATUA 3  :  Majelis Jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan memohonkan kesediaan warga jemaat untuk bersabar mendengarkan penjelasan tentang aktifitas sejak 19 Maret – 24 Maret 2012 mendatang.

----- SETELAH SELESAI MEMBACA -----

     PENATUA 3   :  Adakah sukacita besar di antara orang-orang percaya, jika kita selalu rajin dan tekun beribadah bersama. Sebab itu, Majelis Jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan mengundang semua orang kristen untuk menghadiri Ibadah Minggu, 18 Maret 2012 yang akan datang. Kiranya saudara-saudara dapat meluangkan waktu untuk berkumpul bersama dalam Gedung Gereja KASIH KARUNIA di Medan. Kiranya Tuhan memberkati ibadah kita !

17. PENGUTUSAN

      PEL. FIRMAN:  Saudara – saudara dipersilahkan saling menyalami dan menyatakan damai sejahtera Allah (kesempatan bersalaman dengan tetangga duduk)

                             TUHAN memanggil kamu untuk memperoleh berkat dari pendengaran akan firmanNya. Dan Dia juga mengutus kamu untuk menjalankan kehidupanmu sehari-hari sesuai dengan kehendakNya. Oleh karena itu, pulanglah dengan damai sejahteraNya, dan lakukanlah firmanNya, maka Dia akan membuat segala usahamu berhasil (II Taw. 26:5). Marilah BERDIRI dan bernyanyi memuliakan Allah kita !

NYANYIAN JEMAAT
KID. JEM. NO. ____

18. PEMBERKATAN

      PEL. FIRMAN:  Atas nama Allah yang telah memanggil, mengurapi dan memberikan otoritas Yesus Kristus kepada setiap Pelayan Firman; kami diutus untuk memberkati kamu :

                             Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.” (I PET. 5 : 10 – 11).

JEMAAT         :  Amin, Amin, Amin (dinyanyikan)

----- IBADAH MINGGU SELESAI -----

PROSESI KELUAR PARA PELAYAN IBADAH

1.   Penatua 1 --- Pemimpin Pelayanan --- menuju tempat depan Meja Pelayanan.
2.   Pelayan Firman turun dan menuju Penatua Bertugas 1 – Pemimpin Pelayanan
3.   Pelayan Firman menyerahkan Alkitab kepada Penatua 1 dan JABAT TANGAN PRESBITERIAL
4.   Iring – iringan Pelayan Ibadah keluar dari Pintu Depan menuju Konsistori.

----- JEMAAT MENINGGALKAN RUANG IBADAH -----

arsip - PDT. ARIE A. R. IHALAUW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar