Rabu, 21 Maret 2012

TATA IBADAH GPIB untuk PEMAKAMAN PEN. A. L. KORENGKENG dalam Ruang Gereja



GEREJA PROTESTAN DI INDONESIA BAGIAN BARAT
( G P I B )
MAJELIS JEMAAT KASIH KARUNIA DI MEDAN
Sekretariat : Jalan Kapten Muslim 94 A – Medan


TATA IBADAH GPIB
untuk
PELEPASAN DAN PEMAKAMAN

ALEXANDER LUDWIG KORENGKENG

                                    LAHIR               13 OKTOBER 1940
                                    WAFAT             21 MARET 2012

NATS PMBIMBING

Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita
mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati,
kita adalah milik Tuhan.

ROMA XIV : 8

IBADAH PELEPASAN DARI
GEDUNG GEREJA KASIH KARUNIA DI MEDAN

HARI JUMAT – 23 MARET 2012
PUKUL 13.00 WIB

DIPIMPIN OLEH

PDT. ARIE A. R. IHALAUW
KETUA MAJELIS JEMAAT GPIB
KASIH KARUNIA DI MEDAN

MAJELIS JEMAAT
GPIB KASIH KARUNIA DI MEDAN – SUMUT

-----oooo00oooo------


PROSESI IBADAH


LITUR. 1      :   Sidang perkabungan yang dikasihi Tuhan Yesus !

                        Hari ini kita akan melaksanakan Ibadah Pemakaman dan Pelepasan terhadap kawan seiman : MANTAN PENATUA ALEXANDER LUDWID KORENGKENG. Oleh karena itu, marilah kita BERDIRI dan menyanyikan Dua Sahabat Lama : JAM SEMBAHYANG YANG KUDUS.

---> sementara lagu dinyanyikan PETI JENAZAH diusung memasuki ruang ibadah <---

1.    Jam sembahyang yang kudus Tuhan t’lah berpesan, mana dua ‘tau tiga berhimpun senang; maka Aku hadirlah di pertengahannya. Sungguh hati terhibur duduk di situlah. REFF.

BERSEMBAHYANGLAH PADA BAPAMU DALAM NAMA YESUS. DUDUK DI SITULAH.

2.    Jam sembahyang yang kudus, bila engkau keluh pada Tuhan yang ta’u kesusahanmu. Dengan hati beriman biar pergi seg’ra k’lak kaurasa sentosa duduk di situlah.

LITUR. 1      :   Sidang perkabungan yang dikasihi Yesus !

                        Mendahului Ibadah Pemakaman yang akan dilaksana-kan, Majelis jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan memberikan kesempatan kepada Keluarga dan Warga Masyarakat serta Gereja untuk menyampaikan kata-kata penghiburan :
                       
1.       KELUARGA BESAR KORENGKENG untuk menyampai-kan sepatah dua kata kepada Sidang Perkabungan (5 menit)

2.       Kata-kata penghiburan mewakili Perkumpulan PTMP (Keluarga Besar Minahasa) di Medan akan diwakili Badan Pengurus (5 menit) atau yang mewakilinya.

3.       Kata-kata Penghiburan mewakili Warga Jemaat dan Presbiter GPIB KASIH KARUNIA di Medan disam-paikan oleh PHMJ (5 menit)



RUMPUN I
MENGHADAP TUHAN

LITUR. 2     :   Marilah kita BERDIRI dan memuliakan Kristus yang bangkit dan dimuliakan, sambil menyanyikan KID.JEM. No. ____  SUARAMU KUDENGAR

1.       SuaraMu kudengar memanggil diriku, supaya ku di Golgota dibasuh darahMu. REFF

AKU DATANGLAH, TUHAN PADAMU DENGAN DARAHMU KUDUS SUCILAH DIRIKU.

2.        

VOTUM

PEL. FIR      :   Sidang perkabungan yang dikasihi Allah !

                        Marilah kita mentahbiskan Ibadah ini untuk kemuliaan Nama Allah Tritunggal Mahakudus :

                        PERTOLONGAN KITA ADALAH DI DALAM NAMA TUHAN YANG MENJADIKAN LANGIT DAN BUMI, DAN YANG TIDAK MENINGGALKAN PERBUATAN TANGANNYA ATAS KITA.
JEMAAT      :   1 . 7. 1//
                        A – MIN

NATS PEMBIMBING

PEL. FIR      :   Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan (ROM 14 : 8)

SALAM RASULI

PEL. FIR      :   Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Terpujilah Allah Bapa kita Tuhan Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. Sebab di dalam Dia, Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Amin !” (EPS. 1 : 2 – 4)

NYANYIAN JEMAAT
KID.JEM. No. ___

JEMAAT DUDUK

DOSA – KEMATIAN -- ANUGERAH ALLAH
PEL. FIR.     :   Sidang perkabungan yang dikasihi Allah !
                        Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, ia mengalami berbagai penderitaan : penyakit, kesusahan sampai kepada kemati-an. Manusia tidak dapat mengatasinya. Akan tetapi Allah tidak membiarkan ciptaanNya menderita. Ia mengutus AnakNya : Tuhan Yesus Kristus, supaya barangsiapa yang percaya kepadaNya tidak akan binasa melainkan beroleh hidup yang kekal (YOH. 3:16).

                        Alkitab menyaksikan, bahwa kuasa dosa dan maut telah dikalahkan oleh pekerjaan Tuhan Yesus Kristus (I KOR. 15:54-55), dan setiap orang yang mati di dalam iman kepada Dia akan dibangkitkan Allah (I TES. 4 : 14-16).

PENGHARAPAN AKAN MASA DEPAN

PEL. FIR.     :   Oleh keyakinan iman kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah mati --- dibangkitkan --- dan dimuliakan, maka orang yang mati di dalam Kristus masuk ke dalam KerajaanNya yang tidak berkesudahan (YOH. 4:1–6). Di sanalah mereka hidup dalam persekutuan bersama Dia, Bapa segala ciptaan.

                        Dan bagi mereka yang ditinggalkan oleh saudara-saudara yang telah meninggal, Tuhan Yesus Kristus berkata : AKU TIDAK MENINGGALKAN KAMU SEBAGAI YATIM PIATU. AKU AKAN DATANG KEMBALI KEPADAMU (YOH. 14:18). Sebab Dialah Allah yang memelihara anak yatim-piatu dan para janda serta menaungi orang-orang sebatangkara (MAZ. 68: 6). Sebab itu, marilah kita bersyukur kepada Allah, yang telah bekerja membebaskan kita dari kuasa maut serta menghidupkan kita di hadapan hadiratNya di sorga !

JEMAAT      :   Segala kuasa dan kemuliaan, hormat dan puji-pujian serta pemerintahan ada pada tangan Tuhan yang Mahakuat ! Terpujilah Kristus !

NYANYIAN JEMAAT
KID. JEM. NO.


RUMPUN II
PEMBERITAAN FIRMAN ALLAH

DOA PERMOHONAN ROHKUDUS
PEL. FIR       :   Sidang perkabungan yang dikasihi Allah !
                        Marilah kita memohonkan kekuatan kuasa Allah, agar  Dia memberikan penghiburan dan petunjuk untuk kita mema-suki masa depan sesudah perkabungan ini :

                        Ya Allah Mahakasih !
                        Kami menyadari akan kelemahan dan ketidakmampuan sebagai manusia, ketika menghadapi kematian. Acapkali kami tak menemukan jalan keluar menuju masa depan baru. Sebab itu, kami berseru kepadaMu, ya Allah, supaya Engkau menyatakan firmanMu untuk menerangi perjalan-an ke masa depan yang Kautentukan atas kami. Pimpinlah kami oleh kuasa RohMu kudus, supaya kami memperoleh kedamaian hati dalam persekutuan dengan Dikau oleh AnakMu : Yesus Kristus, Tuhan dan Mukhalis kami. Amin !

PEMBACAAN SABDA ALLAH

LITUR. 3      :   Marilah kita BERDIRI untuk mendengarkan kesaksian Alkitab tentang karya penyelamatan Allah di dalam Yesus Kristus. HOSIANA !
JEMAAT      :   HOSIANA – HOSIANA – HOSIANA ! (dinyanyikan)
LITUR. 3      :   Pembacaan Alkitab dikutip dari KITAB INJIL YOHANES XI : 17 – 27. Demikianlah bunyinya : MAKA KETIKA YESUS TIBA
---> sesudah selesai membaca <---
                        Hendaklah sabda Kristus dengan segala kebenarannya menetap di dalam hati dan pikiranmu; dan ucapkanlah syukurmu kepada Allah !
JEMAAT      :   KEPADAMU PUJI PUJIAN MADAH SYUKUR DAN SEGALA KEMULIAAN. YA BAPA–PUTRA–ROHKUDUS SAMPAI KEKAL ABADI.

JEMAAT DUDUK
PEMBERITAAN FIRMAN
PEL. FIR       :  

RUMPUN III
JAWABAN UMAT ALLAH

NYANYIAN JEMAAT
KID.  JEM. N0. ____

PENGAKUAN IMAN RASULI
PEL. FIR       :

DOA SYAFAAT
PEL. FIR       :


RUMPUN IV
PENGUTUSAN DAN PEMBERKATAN

PENGUTUSAN
PEL. FIR       :   Tidak ada yang abadi di dalam kehidupan ciptaan. Semuanya fana dan sia-sia. Segala sesuatu yang dilahirkan dari manusia pasti berakhir dalam kematian. Yang tinggal kekal adalah TUHAN, Allah kita. Melalui kematian Dia memanggil orang percaya untuk memasuki persekutuan sorgawi bersamaNya. Tuhan Yesus berkata : “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.” (YOH. 14 : 1 – 3).

                        Sebab itu marilah kita pergi mengantarkan saudara ini ke tempat peristirahatannya yang terkakhir. Sambil BERDIRI kita menyanyikan KID. JEM. No. … 1-2 TIAP LANGKAHKU

PEMBERKATAN
PEL. FIR       :   Di dalam suka-duka yang sedang kamu alami, ingat dan berjalanlah dalam terang firmanNya, supaya kamu menikmati hari-hari yang indah di dalam kasih Kristus. Terimalah berkat Allah :
                       
                        Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya ! Amin (I PET. 5 : 10 – 11).

JEMAAT      :   AMIN – AMIN – AMIN (dinyanyikan)
               
SELURUH WARGA JEMAAT
KHUSUSNYA SEKTOR PELAYANAN III
&
MAJELIS JEMAAT
GPIB KASIH KARUNIA DI MEDAN

MENGHATURKAN TERIMA KASIH
ATAS KARYA PELAYANAN YANG TELAH DILAKSANAKAN OLEH
ALM. PENATUA ALEXANDER LUDWIG KORENGKENG
SEMASA HIDUPNYA DALAM JEMAAT INI

SERTA

MENYATAKAN SIMPATI MENDALAM KEPADA
KELUARGA BESAR KORENGKENG
YANG SEDANG BERDUKA CITA

KIRANYA TUHAN, ALLAH KITA, SENANTIASA MELIMPAHKAN RACHMAT KEBAIKANNYA ATAS KELUARGA SEPANJANG PERJALANAN MENUJU MASA DEPAN BARU DI DALAM
KASIH KRISTUS DAN TUNTUNAN ROHKUDUS

MEDAN, KAMIS – 22 MARET 2012

-----ooo00ooo-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar