Minggu, 04 Maret 2012

TATA IBADAH MINGGU GPIB untuk Pelayanan Hari Minggu, 11 Maret 2012


TATA IBADAH GPIB
HARI MINGGU, 11 MARET 2012


KEGIATAN PRESBITER DI KONSISTORI

*   Persiapan Presbiter di Konsistori (Mengecek Tugas Pelayanan)
*   Doa Presbiter di Konsistori (Penatua I Pemimpin Pelayanan)
*   Jabatan Tangan Pelayanan di Konsistori

PEMBUKAAN

DIAKEN 1   :  Saudara saudara seiman,
                    
                     Majelis Jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan mengucapkan SELAMAT DATANG dan SELAMAT BERIBADAH kepada seluruh warga jemaat dan simpatian. Kiranya Ibadah saudara menyenangkan hati Allah dan membawa kebahagiaan ke dalam rumahtangga.               

                     Pada Hari Minggu PRA-PASKAH IV – Minggu, 11 Maret 2012, kita diundang Allah untuk mengingat rayakan perjalanan Tuhan Yesus Kristus menuju Bukit Golgota. Marilah BERDIRI menyambut Firman Allah yang akan dibawa masuk ke dalam ruang ibadah, sambil menyanyikan Kidung Jemaat No : ……

----- PROSESI FIRMAN DIBAWA MASUK ----

RUMPUN I
MENGHADAP TUHAN

1. VOTUM

PEL. FIRMAN  :  Ibadah MINGGU PRA-PASKAH IV ini ditahbiskan dalam nama BAPA, ANAK dan ROHKUDUS sejak saat ini sampai sepanjang segala zaman
JEMAAT        :  1 . 7 . 1 //
                        A - - MIN !

2.  NATS PEMBIMBING (INTROITUS)

PEL. FIRMAN  :  Marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.” (Ibr. 10 : 22)

NYANYIAN JEMAAT

Kid. Jem.

JEMAAT DUDUK

3.  DOA PENGAKUAN DOSA

     PENATUA      :  Ya Allah Mahakudus,
                             Kami datang ke hadapanMu untuk mengakui segala dosa dan kejahatan yang telah dibuat sepanjang hari lalu. Banyak mendengar, tetapi kurang menjadi pelaku firman yang setia. Acapkali kami kurang memperlihatkan tindakan kasih sayang, sebagaimana yang disuruhkan olehMu, ya Bapa Mahakasih. Kami terlalu banyak berbicara tentang kebaikanMu, tetapi jarang kurang peka dan jarang membagi bersama saudara-saudara yang menderita. Ibadah yang dilakukan dan firman yang didengarkan hanya memperkaya diri sendiri. Hati kami lebih cenderung mementingkan kebutuhan sendiri dari pada berkorban demi kebahagiaan sesama. Ibadah yang kami lakukanpun hanyalah rutinitas belaka. Oleh karena itu, kami mohon ampunanMu, serta baharuilah roh dan pikiran kami, agar kami menjadi utusan yang membawa kabar sukacita dalam pelayanan kasih kepada semua orang yang jauh dan dekat, demi nama Yesus Kristus, Tuhan dan Pemimpin Gereja. Amin !

NYANYIAN JEMAAT

TUHAN KAMI BERLUMURAN DOSA

1.   Tuhan ! Kami berlumuran dosa…. Tuhan ! Sudilah ampuni kami.
2.   Tuhan ! Dosa kami Kauhapuskan…. Tuhan ! Baharui hati kami.

4.  BERITA ANUGERAH / PENGAMPUNAN DOSA

     PEL. FIRMAN  :  Saudara – saudara yang dikasihi Allah !
                             Penulis Mazmur (32 : 1-2) menuliskan : “Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi ! Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu !” Berdasarkan firman itu, maka selaku pelayan Kristus, kami memberitakan pengampunan doa dalam nama BAPA, ANAK dan ROHKUDUS.

     JEMAAT         :  SYUKUR KEPADA ALLAH !

NYANYIAN JEMAAT
Kid. Jem. No … ay. ….

5.  AMANAT HIDUP BARU / HUKUM TUHAN
    
     PEL. FIRMAN  :  Saudara – saudara Jemaat !
                             Marilah kita BERDIRI dan mendengarkan Firman Tuhan yang menunjukkan cara hidup untuk dilakukan dalam hari-hari sepanjang minggu yang akan datang. Firman Tuhan itu berbuny : Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” --- dan lagi --- Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. (Gal. 6 : 2, 9 – 10).

                             Kiranya Rohkristus memberikan kekuatan kepada kamu, sehingga kamu tekun melakukan kehendak Allah dalam kehidupan sesehari dan di seluruh dunia --> KEMULIAAN BAGI ALLAH !

Nyanyian KEMULIAAN BAGI ALLAH
  JEMAAT DUDUK

6.  PADUAN SUARA / VOC. GROUP.

RUMPUN II
PEMBERITAAN FIRMAN ALLAH

7. DOA EPIKLESE
    
     PEL. FIRMAN  :  Ya Allah Mahapengasih dan Mahapenyayang !
                             Dengan kekuatan FirmanMu, Dikau telah menciptakan segala sesuatu. Dengan FirmanMu, Engkau menuntun Israel keluar dari Mesir sampai memasuki Kanaan. Kiranya Dikau berkenan menyatakan firmanMu, agar umat dibimbing untuk menjalankan kehidupannya sesuai kehendakMu. Dan, oleh karena, mereka memberlakukan firmanMu,  maka mereka akan menikmati rachmat kebaikanMu sepanjang hari. HambaMu berdoa demi nama Yesus Kristus, Firman Hidup. Amin !

8.  PEMBACAAN PERIKOP ALKITAB

     PENATUA 2     :  Saudara-saudara yang diberkati Allah !
                             Marilah BERDIRI, serta kita membaca dan mendengarkan kesaksian Alkitab yang dikutip dari SURAT IBRANI X : 11 – 18 …, demikianlah bunyinya : “Selanjutnya ….”

     PENATUA 2     :  Hendaklah damai-sejahtera Kristus dengan segala kekayaannya memerintah di dalam hatimu, dan ucapkanlah syukur kepada Allah.

     JEMAAT         :  Kidung Jemaat No.  474 -> KEPADAMU PUJI-PUJIAN
    
9.  PEMBERITAAN FIRMAN

     PEL. FIRMAN  :

RUMPUN III
JAWABAN UMAT ATAS KASIH ALLAH

10. NYANYIAN SES. PEMBERITAAN FIRMAN

      PEL. FIRMAN:  Marilah kita memberikan Persembahan : PERSEPULUHAN, UCAPAN SYUKUR, dan PERSEMBAHAN KHUSUS untuk mendukung PROGRAM MAJELIS JEMAAT di bidang Pelayanan dan Kesaksian Gereja. Sambil maju secara teratur untuk memasukan persembahan ke KOTAK KHUSUS, kita menyanyikan Kidung Jemaat No. ……

11. PENGAKUAN IMAN RASULI (CREEDO APOSTOLICUM)

      PEL. FIRMAN:  Marilah kita berdiri dan mengucapkan bersama PENGAKUAN IMAN RASULI : “Aku percaya kepada Allah….”

12. DOA SYAFAAT

      PEL. FIRMAN:  Saudara – saudara, marilah kita berdoa : ……. (diakhiri doa BAPA KAMI)

13. AJAKAN PERSEMBAHAN
     
      DIAKEN 2     :  Ucapkanlah syukurmu kepada Allah, bawalah persembahan sukarela kepada-Nya, sebab setiap hari Dia telah mengerjakan pembebasan atas kita. Berilah dari hati yang bersukacita. Bawalah dengan tangan yang iklas, sebab Allah, Dialah TUHAN, yang memberkatimu dengan segala kelimpahan. Sambil persembahan dikumpulkan, Jemaat menyanyikan Kidung Jemaat No. 403 : 1 – 4. HUJAN BERKAT KAN TERCURAH.

14. DOA PERSEMBAHAN

      DIAKEN 2     :  Marilah kita BERDIRI untuk mendoakan persembahan yang telah dikumpulkan ini, agar TUHAN berkenan atasnya dan memberkati penghidupan kita. Mari berdoa :
                            
                             Ya Allah Mahakasih !
                             Dikau telah menghidupi kami oleh rachmat kebaikanMu; malahan ketika kami bergumul melepaskan diri dari dosa dan penderitaan, Dikau telah berkorban demi menyelamatkan kami. Persembahan yang kami berikan ini tidaklah sebanding dengan pengorbananMu yang dikerjakan oleh Yesus Kristus, Tuhan dan Penyelamat kami. Akan tetapi semua pemberian yang berasal dari padaMu ini menyatakan rasa syukur dan kesetiaan kami untuk mendukung karya pemberitaan Injil. Kuduskanlah persembahan ini, serta berkatilah mata pencaharian kami dalam minggu depan, demi nama Yesus. Amin !

RUMPUN IV
PENGUTUSAN DAN PMBERKATAN

15. WARTA AKTIVITAS JEMAAT SEPEKAN

      PENATUA 3  :  Majelis Jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan memohonkan kesediaan warga jemaat untuk bersabar mendengarkan penjelasan tentang aktifitas sepekan mendatang.

----- SETELAH SELESAI MEMBACA -----

     PENATUA 3   :  Adakah sukacita besar di antara orang-orang percaya, jika kita selalu rajin dan tekun beribadah bersama. Sebab itu, Majelis Jemaat GPIB KASIH KARUNIA di Medan mengundang semua orang kristen untuk menghadiri Ibadah Minggu, 18 Maret 2012 yang akan datang. Kiranya saudara-saudara dapat meluangkan waktu untuk berkumpul bersama dalam Gedung Gereja KASIH KARUNIA di Medan. Kiranya Tuhan memberkati ibadah kita !

16. PENGUTUSAN

      PEL. FIRMAN:  Saudara – saudara dipersilahkan saling menyalami dan menyatakan damai sejahtera Allah (kesempatan bersalaman dengan tetangga duduk)

                             TUHAN memanggil kamu untuk memperoleh berkat dari pendengaran akan firmanNya. Dan Dia juga mengutus kamu untuk menjalankan kehidupanmu sehari-hari sesuai dengan kehendakNya. Oleh karena itu, pulanglah dengan damai sejahteraNya, dan lakukanlah firmanNya, maka Dia akan membuat segala usahamu berhasil (II Taw. 26:5). Marilah BERDIRI dan bernyanyi memuliakan Allah kita !

NYANYIAN JEMAAT

17. PEMBERKATAN

      PEL. FIRMAN:  Atas nama Allah yang telah memanggil, mengurapi dan memberikan otoritas Yesus Kristus kepada setiap Pelayan Firman; kami diutus untuk memberkati kamu :

                             TUHAN MEMBERKATI ENGKAU DAN MENYERTAI ENGKAU
                             TUHAN MENYINARI ENGKAU DENGAN WAJAHNYA DAN MEMBERI ENGKAU KASIH KARUNIA
                             TUHAN MENGHADAPKAN WAJAHNYA KEPADAMU DAN MEMBERI ENGKAU DAMAI SEJAHTERA (Bil. 6 : 24 – 27).

JEMAAT         :  Amin, Amin, Amin (dinyanyikan)

----- IBADAH MINGGU SELESAI -----

PROSESI KELUAR PARA PELAYAN IBADAH

1.   Penatua 1 --- Pemimpin Pelayanan --- menuju tempat depan Meja Pelayanan.
2.   Pelayan Firman turun dan menuju Penatua Bertugas 1 – Pemimpin Pelayanan
3.   Pelayan Firman menyerahkan Alkitab kepada Penatua 1 dan JABAT TANGAN PRESBITERIAL
4.   Iring – iringan Pelayan Ibadah keluar dari Pintu Depan menuju Konsistori.

----- JEMAAT MENINGGALKAN RUANG IBADAH -----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar