Kamis, 31 Januari 2013

Renungan Hari ini - Jumat - 01 Pebruari 2013




SELALU ADA HARAPAN
YEREMIA 29 : 11

Arie A. R. Ihalauw

Siapapun yang bernafas dan sedang berjalan di bumi pasti mempunyai harapan. Sebesar apapun kesulitan yang sedang digeluti, tetapi tanpa harapan, orang akan masuk ke dalam lembah kesia-siaan. Memang benar, kadang-kadang beratnya pergumulan banyak orang telah melupakan, malahan timbul keraguan akan harapan yang dikejarnya.

Bagaimanakah umat Allah memahami harapannya ? Sering kita terpikat bujukan dunia, kemudian mengikutinya tanpa memikirkan risiko yang akan dihadapi, akhirnya kita mengalami penderitaan, lalu harapan menjadi sirna. Kita diselimuti kecemasan dan ketakutan akan masa depan. Kita merasa kehidupan yang dijalani sia-sia. Tak jarang pula perasaan itu mendorong orang berbuat jahat; tetapi tidak sedikit yang mengambil jalan pintas : bunuh diri. Mengapa kita menjadi cemas menjalani waktu hidup ini ? Mengapa sukacita tidak lagi ada di hati, ketika masalah melanda ?

Orang yang percaya kepada Allah dalam nama Yesus Kristus adalah anak-anakNya. Kita adalah anak-anak Allah. Dia telah mengikat kita oleh perjanjian kasih karunia yang dibuatNya oleh karya Kristus, Tuhan dan Juruselamat. Kita telah dibaptis dalam kesusahan yang Kristus jalani. Melalui karyaNya Allah telah memberikan makanan dan minuman sejati. Itulah makna perjamuan. Lantas, apakah masih ada alasan untuk merasa cemas dan takut ?  

Mengapa kita kuatir akan masa depan ? Ingatlah !, masa depan bukan ciptaan manusia. Hari esok itu milik Allah. Dialah Penciptanya. Melalui kebangkitan Kristus Tuhan telah mengalahkan kecemasan dan ketakutan kita. Ia membuka masa depan baru. Ia memberikan harapan baru bagi siapapun yang setia mengasihi dan taat menjalankan sabdaNya. Memang benar, sepanjang perjalanan di bumi, kita masih akan mengalami berbagai kesulitan; akan tetapi keadaan itu tidak lagi menakutkan hati. “Karena untuk siapapun yang hidup oleh iman kepada Allah di dalam nama Kristus Yesus,” ada harapan di balik derita. Dengarlah dan kerjakanlah hidupmu menurut rencana Allah, maka Dia akan membuat segala pekerjaanmu berhasil !

Medan – 01 Pebruari 2013

Salam Dalam Kristus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar