Kamis, 08 Desember 2011

TATA IBADAH PERAYAAN ADVENT III DAN PELAYANAN SAKRAMEN PERJAMUAN AKHIR TAHUN HARI MINGGU, 11 DESEMBER 2011

GEREJA PROTESTAN DI INDONESIA BAGIAN BARAT
( G P I B )
JEMAATKASIH KARUNIADI MEDAN
SEKRETARIAT : JALAN KAPTEN MUSLIM 94A – MEDAN


TATA IBADAH
PERAYAAN ADVENT III DAN PELAYANAN
SAKRAMEN PERJAMUAN AKHIR TAHUN
HARI MINGGU, 11 DESEMBER 2011

PENGANTAR

DIAKEN 1      :  ( MENYALAKAN TIGA LILIN )

                         Jemaat yang dikasihi Allah !
                                Hari ini, Minggu, 11 Desember 2011, seluruh umat Kristen di seluruh penjuru merayakan ADVENT, yang dimulai dengan ADVENT III.

                                Karena itu, marilah kita menyiapkan hati dan pikiran untuk menyambut FIRMAN ALLAH yang dibawa masuk ke dalam ruang ibadah ini. Sebelumnya marilah kita membaca pujian berbalasan (MAZ. 135):

                                “Haleluyah ! Pujilah nama TUHAN, hai hamba-hamba TUHAN, yang
JEMAAT           :         HAI ORANG-ORANG YANG DATANG MELAYANI DI RUMAH ALLAH KITA ! BERMAZMURLAH BAGI NAMA-NYA, SEBAB NAMA ITU INDAH.
DIAKEN 1      :  Sebab TUHAN memilih kita bagi-Nya. Kita menjadi milik kesayangan-Nya.
JEMAAT         :     TERPUJILAH TUHAN DARI ZION, DIA YANG DIAM DI YERUSALEM. HALELUYAH !
DIAKEN 1      :  Marilah kita berdiri menyambut Firman yang akan dibawa masuk serta memuji TUHAN dengan menyanyikan :

I
MENGHADAP TUHAN

NYANYIAN JEMAAT

I.1.  VOTUM
          PEL. FIRIbadah Perayaan ADVENT III ini didasarkan atas nama BAPA, dan ANAK, dan ROHKUDUS.
        JEMAAT :      “ ADIL ENGKAU, ENGKAU YANG ADA DAN YANG SUDAH ADA, ENGKAU YANG KUDUS, YANG TELAH MENJATUHKAN HUKUMAN INI. YA TUHAN, ALLAH YANG MAHAKUASA, BENAR DAN ADIL SEGALA PENGHAKIMAN-MU.” (Why. 16:5, 7). 
        SEMUA  :  1 . 7 . 1//
                        A - - - MIN !

I.2.  NATS PEMBIMBING / INTROITUS
        PEL. FIR"Beginilah firman TUHAN: Cegahlah suaramu dari menangis, dan matamu dari mencucur-kan air mata, sebab untuk jerih payahmu ada ganjaran, demikianlah firman TUHAN; mereka akan kembali dari negeri musuh. Masih ada harapan untuk hari depanmu, demikianlah firman TUHAN: anak-anak akan kembali ke daerah mereka. (YER. 31 : 16 – 17)

1.3. SALAM RASULI
        PEL. FIRKasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita.
        JEMAAT :     BAGI DIALAH KEMULIAAN SELAMA-LAMANYA. AMIN !

NYANYIAN JEMAAT
(ses. Nyanyi Jemaat Duduk)

I.4.  DOA PENGAKUAN DOSA
        PENT. 1 :  YA TUHAN ALLAH MAHAKASIH,
                        Umat-Mu datang kepada-Mu dengan hati yang hancur dan ratapan, karena dosa dan sengsara mematikan kehidupan kami
        WANITA      :        TIDAK SEORANGPUN DAPAT MELEPASKAN KAMI DARI PENGHUKUMAN-MU, YA ALLAH. DOSA DAN KESALAHAN KAMI TERBUKA PADA PAN-DANGAN-MU. BAGAIKAN PEREMPUAN YANG SAKIT BERSALIN, KAMI MENANTIKAN RACHMAT AMPUNAN-MU, YA BAPA MAHAKUDUS.
        PENT. 1 :  Hati selalu merancangkan kejahatan, dan tidak ada pertimbangan dalam akalbudi. Umat-Mu telah melakukan apa yang jahat menurut pandangan-Mu, ya Bapa kudus….
        LAKI        :     KAMI BERUSAHA MELEPASKAN DIRI DARI BE-LENGGU KUASA KEGELAPAN, NAMUN SEMAKIN KUAT BERUSAHA, SEMAKIN DALAM KAMI JATUH TERPEROSOK. TIDAK ADA YANG MENOLONG, KECUALI ENGKAU SEMATA-MATA, YA BAPA MAHAKUDUS.
        PENT. 1 :  Ampunilah segala dosa dan pelanggaran umat-Mu ini, ya Allah Mahakasih !

        SEMUA  :  Kidung PKJ No.

                        1. TUHAN, KAMI BERLUMURAN DOSA. TUHAN, AMPUNILAH DOSA KAMI !  
                        2. TUHAN KINI KAMI BERSEHATI, TUHAN MOHON AMPUN DOSA KAMI

I.5.  PEMBERITAAN PENGAMPUNAN DOSA
        PEL. FIRKarena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melain-kan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. (YOH. 3 : 16). Berdasarkan sabda Allah yang ditu-liskan Rasul Yohanes, maka selaku pelayan Yesus Kristus, kami memberitakan bahwa pengampunan dosa telah berlaku dalam nama BAPA, ANAK dan ROHKUDUS. Berbahagialah orang yang percaya, sebab dosa dan kesalahannya diampuni oleh Allah.
        JEMAAT :     DIMULIAKANLAH YESUS KRISTUS, TUHAN DAN JURUSELAMAT KITA !
       
NYANYIAN JEMAAT
I.6.  AMANAT HIDUP BARU
        PEL. FIRKami mengundang Jemaat berdiri untuk mende-ngarkan AMANAT HIDUP BARU yang dikutip dari SURAT I YOHANES 3 : 14 - 18. Demikianlah bunyinya : Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut. Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya. Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya ? Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.”

                                Kiranya Rohkristus, Tuhan dan Penebus, menguat-kan saudara sekalian untuk melakukan kehendak Allah dalam kehidupan sesehari dan di seluruh dunia.

NYANYIAN KEMULIAAN
(ses. menyanyi JEMAAT DUDUK)

I.7.  PADUAN SUARA / VOCAL GROUP

II
PEMBERITAAN SABDA ALLAH

II.1.              DOA MOHON ROHKUDUS

        PEL. FIRMarilah kita berdoa memohonkan Roh Allah untuk menuntun kita : “YA ALLAH, SUMBER HIDUP,… TERANGILAH HATI DAN PIKIRAN OLEH ROH-MU, SUPAYA MANUSIA MENGARAHKAN HIDUPNYA KEPADA-MU, SERTA BERJALAN MENURUT SEGALA UCAPAN YANG KELUAR DARI MULUT-MU, AGAR MEREKA DIBERKATI SAMPAI SELAMA-LAMANYA. … AMIN !

II.2.              PEMBACAAN SABDA ALLAH
        PEL. FIRMarilah BERDIRI menyambut Firman TUHAN yang akan dibacakan. Terpujilah Allah ! MARANATHA !
        JEMAAT :     MARANATHA ! MARANATHA ! MARANATHA !
        PENT. 2 :  Pembacaan Sabda Allah hari ini dikutip dari KITAB NABI ZAKARIA 6 : 9 – 15  demikian bunyinya : …… (setelah membaca perikob bacaan Penatua berkata)

                                “Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, dan ucapkanlah syukur kepada Allah di dalam hatimu !” (bd. KOL. 3 : 16)
        JEMAAT :     (KID. JEM. 474)
                           KEPADA-MU PUJI-PUJIAN, MADAH SYUKUR DAN SEGALA KEMULIAAN, YA BAPA, PUT’RA, ROH-KUDUS SAMPAI KEKAL ABADI.

JEMAAT DUDUK

II.3.              PEMBERITAAN / PENGAJARAN FIRMAN

II.4.              NYANYIAN SESUDAH KHOTBAH
PEL. FIRMarilah kita menyanyikan pujian ini, sambil dengan teratur dan sopan, kita maju memberi persembah-an khusus, yakni : PERSEPULUHAN dan PERSEM-BAHAN SYUKUR lainnya untu digunakan bagi PEMBANGUNAN/PEMELIHARAAN GEDUNG GEREJA.

NYANYIAN JEMAAT

II.5.     PENGAKUAN IMAN RASULI
PEL. FIRMarilah kita BERDIRI dan bersama-sama mengik-rarkan PENGAKUAN IMAN KRISTEN; dengan mulut kita berikrar :

II.6.       PELAYANAN SAKRAMEN PERJAMUAN
A.     Penetapan Sakramen Perjamuan
 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!" Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!" Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.” (I KOR. 11 : 23 – 26)

B.     Nyanyian Jemaat – KID. JEM. 353 : 1 – 2
1.       Pada saat Kidung Jemaat dinyanyikan, Presbiter yang ditugaskan menyiapkan MEJA PERJAMUAN.
2.       Kemudian Penatua Pemimpin Pelayanan dan Diaken 1 menjemput Pelayan Firman dan menuju MEJA PERJAMUAN.

C.     Pengarahan Hati
PEL. FIR   :  Supaya kita dipelihara oleh Allah yang bekerja dalam Tuhan Yesus Kristus, janganlah kita melekat pada roti dan anggur yang kelihatan ini, melainkan hendaklah dalam iman, kita mengarahkan hati dan pikiran kita kepada Tuhan Yesus Kristus dan Juruselamat kita. Alkitab bersaksi : CARILAH PERKARA YANG DI ATAS, DI MANA KRISTUS ADA DUDUK DI SEBELAH KANAN ALLAH (KOL. 3 : 1).

D.    SELURUH JEMAAT MENGUCAPKAN DOA “BAPA KAMI”

E.      UNDANGAN
PEL. FIR   :  Undangan dari Allah telah dikabarkan kepada semua orang. Tuhan Allah telah menyediakan pesta keselamatan. Marilah kita memenuhi undangan-Nya untuk menikmati jamuan yang disediakan. Kiranya DAMAI SEJAHTERA KRISTUS memerintah di dalam hati dan pikiranmu, sebab untuk itulah kita telah dipanggil menjadi satu persekutuan KELUARGA ALLAH yang diutus menjadi saksi serta pelayan yang membawa DAMAI SEJAHTERA ALLAH.

JEMAAT   :     DAMAI SEJAHTERA BAGIMU (sambil bersala-man)

F.      Pelayanan Sakramen Perjamuan Kudus
PEL. FIR    :   ROTI YANG KAMI PECAH-PECAHKAN INI ADALAH TANDA PERSEKUTUAN DENGAN TUBUH YESUS KRISTUS. Ambillah dan bagikanlah kepada mereka (Pelayan Firman menyerahkan piring roti kepada Presbiter untuk dibagi-bagikan kepada WARGA SIDI JEMAAT. Setelah roti selesai dibagikan, Pelayan Firman membagikannya kepada PRESBITER, lalu berkata : )

                    BERDOALAH DAN UCAPKANLAH SYUKUR KEPADA ALLAH …., LALU MAKANLAH. INGAT DAN PERCAYALAH, BAHWA TUHAN YESUS KRISTUS TELAH MENGORBANKAN DIRINYA UNTUK KESELAMATAN KAMU.

PEL. FIR    :   CAWAN MINUMAN INI ADALAH TANDA PERSEKUTUAN DENGAN DARA TUHAN YESUS KRISTUS. Ambillah dan bagikanlah kepada mereka. (Pelayan Firman menyerahkan piring roti kepada Presbiter untuk dibagi-bagikan kepada WARGA SIDI JEMAAT. Setelah roti selesai dibagikan, Pelayan Firman membagikannya kepada PRESBITER, lalu berkata : )

                    BERDOALAH DAN UCAPKANLAH SYUKUR KEPADA ALLAH …., LALU MINUMLAH. INGAT DAN PERCAYALAH, BAHWA TUHAN YESUS KRISTUS TELAH MENGORBANKAN DIRINYA UNTUK KESELAMATAN KAMU.

G.     Pelayan Firman menutup Pelayanan Sakramen Perjamuan dengan membacakan sebuah ayat yang bertujuan menguatkan iman Warga Jemaat. Sesudah itu  berkata :

PEL. FIR    :  Damai sejahtera Allah yang melampaui sega-la akal akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Tuhan Yesus Kristus.
JEMAAT     :     DIMULIAKANLAH ALLAH DAN JURUSELA-MAT KITA, TUHAN YESUS KRISTUS. AMIN

H.    Nyanyian Jemaat – KID. JEM. 178 : 1 – 3

CATATAN :

1. Sambil menyanyikan lagu tersebut, Warga Jemaat menuju MEJA PERJAMUAN untuk mengembalikan Ssloki dan memasukan PERSEMBAHAN SYUKUR PERJAMUAN.
2.       Pelayan Firman diantar kembali oleh Penatua dan Diaken ke MIMBAR UTAMA.

JEMAAT DUDUK
II.7.              PADUAN SUARA / VOCAL GROUP

III
JAWABAN UMAT ALLAH

III.1. DOA SYUKUR
  • ·         Bangsa dan Negara Indonesia yang sedang membangun, khususnya Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan seluruh rakyatnya
  • ·         Gereja yang bersaksi dan melayani di dalam Musyawarah Pelayanan SUMUT – ACEH, khususnya dalam Jemaat Lokal yang mempersiapkan PST-GPIB tahun 2012 mendatang
  • ·         Warga Gereja yang sedang berjuang keras untuk keluar dari berbagai penderitaan dan sedang menyongsong Perayaan Natal Kristus.

III.2. PENGUCAPAN SYUKUR UMAT
         DIAKEN 2   :        Saudara – saudara yang diberkati Allah…
                                    TUHAN, Allah kita, telah mengaruniakan rachmat-Nya dengan tidak terbatas ke dalam pekerjaan dan kehidupan keluarga setiap hari. Oleh karena itu, marilah kita mengucap syukur kepada-Nya dengan memberi persembahan, sambil mengingat pesan ALKITAB : “…Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.” (II KOR. 9 : 7 – 9). Sementara persembahan dikumpulkan, kita menyanyikan KIDUNG JEMAAT No. ….. dan seperlunya.

         DIAKEN 2   :        Marilah berdiri dan kita menyanyikan kidung yang sama dari ayat yang 4. Marilah kita mengucapkan doa persembahan ini bersama–sama : Ya, Allah Sumber Hidup, kami mengaku kepada-Mu, bahwa seluruh kehidupan ini adalah milik yang Kau karuniakan. ….  
         JEMAAT   :     TAK SEPOTONGPUN YANG KAMI BAWA SEJAK LAHIR; DAN KETIKA MATIPUN KAMI TAK AKAN MEMBAWA APAPUN. KAMI SANGAT TERGANTUNG DARI BELAS KASIHANMU, YA TUHAN ....
         DIAKEN 2:  Roh-Mu sendirilah yang menggerakan hati dan pikiran kami, sehingga kami tergerak untuk memberikan persembahan ini bagi-Mu, ya TUHAN….
         JEMAAT   :     KIRANYA ENGKAU MEMBERKATI SELURUH KARYA HIDUP KAMI, SUPAYA KAMI SETIA MENGASIHI DIKAU DAN IKUT MENDUKUNG PEKERJAAN-MU MELALUI KEGIATAN GEREJA-MU.
         SEMUA     :  MARANATHA !, terpujilah Allah yang kami nantikan selama-lamanya. Amin !

JEMAAT DUDUK

III.3. PEMBACAAN WARTA JEMAAT
         DIAKEN 3   :        Majelis Jemaat mengharapkan kesabaran Jemaat untuk mendengarkan beberapa aktifitas pelay-anan yang dilaksanakan sepanjang minggu ke depan (selesai membacakan WARTA JEMAAT, Diaken 3 berkata)

                                    Sungguh suatu kebahagiaan, jika kita dapat berkumpul bersama kembali pada Minggu ADVENT II,  11 Desember 2011 mendatang. Kiranya TUHAN memberkati ibadah saudara-saudara.

III.4. PENGUTUSAN DAN PEMBERKATAN
        PEL. FIR    :  Pulanglah dalam damai-sejahtera Allah, lakukanlah Firman TUHAN yang telah saudara dengar di dalam kehidupan sesehari. Marilah berdiri, dan muliakanlah Allah !

NYANYIAN JEMAAT

        PEL. FIR    :  Atas nama Allah yang telah memanggil, meng-urapi dan memberikan kuasa Kristus kepada setiap pelayanan Firman. Kami diutus untuk menyampaikan berkat-Nya. Terimalah berkat TUHAN (BIL. 6 : 24 – 26) :

TUHAN MEMBERKATI ENGKAU DAN MELIN-DUNGI ENGKAU;
TUHAN MENYINARI ENGKAU DENGAN WAJAH-NYA DAN MEMBERI ENGKAU KASIH KARUNIA;
TUHAN MENGHADAPKAN WAJAH-NYA KEPA-DAMU DAN MEMBERI ENGKAU DAMAI SEJAHTERA.

        JEMAAT     AMIN – AMIN – AMIN ! (dinyanyikan)


-----ooo00ooo-----


CATATAN      :  Semua NYANYIAN JEMAAT dipilih sesuai konteks Jemaat Lokal, asalkan dicocokkan dengan suasana ADVENT III.

-> ariha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar