Rabu, 11 April 2012

15. KASIH TIDAK MEMBEDAKAN SESAMA

   LIHATLAH NASIB PRESIDEN ATAU SEORANG PENGEMIS, HIDUPNYA BERAKHIR DALAM KEMATIAN. PANDANGLAH AKHIR HIDUP MANUSIA ATAU HEWAN PIARAAN, IA AKAN TURUN KE LUBANG KUBUR LALU TERTIDUR DALAM KESEPIAN YANG TAK BERAKHIR. APAKAH YANG MEMBEDAKAN MANUSIA SAMPAI IA MEMBANGGAKAN DIRINYA ? KEHORMATAN ATAU JABATANKAH ? GELAR KESARJANAAN ATAU KEKAYAANKAH ? ORANG MISKIN ATAU ORANG KAYAKAH ? PADA AKHIRNYA PERJALANAN MANUSIA BERUJUNG DALAM LIANG LAHAT. DI SANA TIDAK ADA LAGI RATAPAN, KESUSAHANPUN LENYAP, PERTENGKARANPUN TENANG, KEBENCIAN MENJADI DIAM. SEMUA MAKHLUK MEMBISU DALAM ALAM KEMATIAN. HANYA TUHAN HIDUP SELAMA-LAMANYA !

          Anak – anakku !

          Aku, ayahmu, mengajarkan kepadamu pengajaran yang berguna, didikan yang mendatangan manfaat jika engkau melakukannya.

a.  Pandanglah pekerjaan yang dilakukan Allah dalam alam semesta. Lihatlah Dia mengatur dan menertibkan kehidupan seluruh makhluk ciptaan. Ia tidak membedakan orang jahat dari pada orang baik. Mereka sama-sama menerima kehangatan mentari, sama-sama menikmati hujan dari TUHAN.

b.  Jika TUHAN tidak memengasihi orang jahat dan orang baik, mengapa engkau memperlakukan satu lebih baik dari pada lainnya ? Mengapakah engkau menyayangi orang yang berbuat baik padamu, sedangkan mereka yang membencimu engkau menaruh dendam ?

c.   Anak-anakku ! Dendam tidak akan membuat engkau tidur tenang. Engkau akan berbaring gelisah karena sakit hatimu. Karena itu, jangan kauhiasi tempat tidurmu dengan kegeraman, tetapi serahkanlah semuanya kepada Allah yang menciptakan semua manusia. Sebab Dia mengetahui apa yang harus dilakukanNya ke atas orang jahat. Jangan kotori mulutmu oleh kata-kata cacian, tetapi angkatlah tanganMu kepada Allah, lalu doakanlah mereka yang menyakiti hatimu. Biarlah TUHAN membalikkan hati mereka, supaya ketika esok engkau bangun, kaudapati kata-kata pujian dari mulut orang-orang durhaka.

d.  Perhatikanlah baik-baik, anak-anakku ! Orang baik dan orang jahat sama-sama akan turun ke dalam tanah. Ingatlah, di sana tidak ada kesempatan untuk berdamai ! Di sana hanya ada sebuah kenyataan : kesepian kekal !

e. Belajarlah untuk tidak membenci siapapun, karena umur panjang dan kebaikan akan mengikuti jejak-jejak orang yang mencintai sesamanya, tanpa membedakan kasih kepada orang jahat atau orang baik.

Berbahagialah engkau, jika engkau setia melakukan pengajaran ayahmu. Tuhan memberkatimu !

DOA SELAMAT UNTUK ANAK – ANAKKU !

          Ya Allah Pencipta segala makhluk !

          Oleh kasihMu Engkau menyelamatkan segala sesuatu melalui penciptaan. Engkau memberikan matahari dan hujan bagi orang jahat maupun orang baik, supaya penjahat berbalik dari dosa untuk menerima pengampunan dan yang berbuat baik mengucap syukur kepadaMu. Engkau bukanlah Allah yang berpihak pada yang baik dan menolak mereka yang berdosa. Engkau mencinta semua manusia ciptaanMu. Engkau ingin agar semuanya berada dalam persekutuan bersamaMu.

          Ya Allah Mahakasih !

          Hamba telah menyampaikan ajaranMu kepada anak-anakku. Berkenanlah Dikau menumbuhkan buah-buah kebaikan seturut kehendaMu, supaya berbuat baik sepanjang kesempatan yang Kauberikan di hari ini. Berkatilah pekerjaan mereka ya Tuhan. Amin.

OLEH
PUTRA SANG FAJAR
ARIE A. R.IHALAUW
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar