Kamis, 12 April 2012

17. BERWAJAH BAGAIKAN TUHAN - BERPERILAKU SEPERTI HANTU


     BANYAK ORANG PERCAYA PADA TUHAN, TETAPI PERBUATANNYA SEPERTI HANTU GENTAYANGAN. SEBAB SAMA SEPERTI MENYEBUT NAMA TUHAN (TU-HAN-TU-HAN-TU-HAN-TU), DEMIKIAN MEREKA MENYEBARKAN DOSA. BETAPA MUDAH ORANG PERCAYA MEMASTIKAN KESELAMATAN OLEH IMAN, TETAPI PERILAKUNYA JAHAT. JIK ORANG PERCAYA MEMASTIKAN, BAHWA OLEH IMAN IA MASUK KE SORGA, PADAHAL IA BERKANJANG PADA DOSA --> DI MANAKAH KEADILAN ALLAH ?

Anak – anakku….

Aku, ayahmu, hendak mengajarkan pengenalan akan Allah kepadamu. Bukalah telingamu dan dengarkanlah ucapanku :

Ada empat hal yang dibenci TUHAN : a). Orang kristen yang sombong rohani. Ia menganggap imannya lebih baik dari pada sesamanya. b). Orang kristen  yang mengandalkan perbuatan baik. c). Orang kristen yang berpandangan oleh iman ia masuk ke dalam sorga tanpa berbuat baik. d). Orang kristen yang salah menggunakan waktu anugerah Allah. Keempat jenis manusia itu tidak menghormati Allah.

a.       ORANG KRISTEN YANG SOMBONG ROHANI. Orang kristen seperti ini suka menyombongkan karunia berbahasa roh, seakan hal itu menunjukkan bahwa ia lebih dekat dengan Tuhan, padahal ia membohongi umat, karena karunia berbahasa roh bukanlah sesuatu yang dilatih dan diajarkan, melainkan hasil pekerjaan Rohkudus semata. Bukan diajarkan, bukan diwariskan, tetapi diberikan pada suatu waktu tertentu di tempat tertentu dan untuk tujuan Allah yang tertentu pula. Janganlah berbuat seperti itu, karena hal itu menjadi kekejian di hadapan Tuhan. Orang kristen seperti ini akan sulit masuk ke dalam kerajaan Allah, sebab Dia berkata : “Rendahkanlah hatimu, dan janganlah bangga akan dirimu, sebab apapun yang kaumiliki adalah pemberian Tuhan semata-mata.”

b.      ORANG KRISTEN YANG MENYOMBONGKAN PERBUATAN BAIKNYA. Orang kristen seperti ini senang menceritakan jumlah pemberian persembahan dan persepuluhan yang diberikan ke dalam kantong kolekte. Suka berdiri di pintu Gereja, lalu menggembar gemborkan sumbangan kepada orang menderita. Ia berlagak pintar dan mencampuri urusan Gereja. Dan jika usulnya tidak didengar atau tidak diikuti, lalu ia memfitnah pelayan Tuhan. Ingatlah, anakku ! Jika Tuhan merachmati hidupmu dengan banyak kebajikan, dan engkau berbagi bersama orang miskin maupun membantu pekerjaan Jemaat, maka janganlah engkau menghitung-hitung serta menceritakan kebaikan hatimu. Karena hal itu adalah kekejian di hadapan Tuhan. Orang kristen seperti ini sulit masuk ke dalam sorga, sebab Allah berfirman : “Jikalau engkau memberi sesuatu kepada orang miskin, jangan engkau berdiri di sotoh rumah sambil menceritakan sumbangannya.”

c.       ORANG KRISTEN YANG BERPANDANGAN : HANYA OLEH IMAN IA DAPAT MASUK KE DALAM SORGA, TANPA BERBUAT BAIK. Orang kristen seperti berpikir, seakan mereka bagaikan penjahat yang tersalib di sebelah Isa Almasih. Padahal mereka masih berumur panjang di bumi. Dan selama perjalanan di bumi mereka melakukan banyak kesalahan yang diketahui maupun yang tersembunyi. Iman mereka hanyalah ucapan kosong di udara, sementara tangan mereka penuh darah orang miskin, kaki mereka melangkah ke rumah pelacuran, neraca mereka bertimbang untung-rugi, mulut mereka suka memfitnah dan berdusta, pikiran mereka picik dan licik. Mereka suka menggunakan ayat-ayat Kitab Suci untuk membenarkan diri, padahal hati mereka jahat. TUHAN tidak berkenan akan orang kristen seperti ini, sebab perbuatan mereka adalah kekejian bagi TUHAN. Mereka tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Allah. Sang Mahaguru Isa Al-Masih berkata : “Jangan kamu menyangka orang yang berseru TUHAN, TUHAN, TUHAN akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan mereka yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga”. Perhatikanlah hal itu, anakku. Jadilah bijak dalam segala lakumu !

d.      ORANG KRISTEN YANG SALAH MENGGUNAKAN BERKAT DAN WAKTU ANUGERAH ALLAH. Orang kristen seperti ini berpandangan : “Allah itu Mahakasih dan Mahabaik.” Mereka berdoa dan memohonkan berkat. Allah mendengar, lalu Ia bekerja memenuhi permintaan. Sayangnya, mereka salah menggunakan berkat. Mereka hidup berfoya-foya. Mereka membelanjakan uangnya tanpa pertimbangan akalbudi. Sebab mereka berpikir : “Hari ini mempunyai kesusahan sendiri, hari esok minta lagi.” Orang kristen seperti ini loba akan harta duniawi. Mereka memuaskan diri dengan hal-hal yang tidak berfaedah membangun masa depan kehidupannya. Mereka memperlakukan Allah bagaikan peyembah Baal di Kanaan yang hanya memenuhi kepentingannya. Mereka lupa, bahwa Allah tidak berkenan kepada orang-orang yang tamak; tetapi Ia memberkati orang yang suka berbagi kepada yang sengsara. Lihatlah, anakku ! Berpikirlah dengan pertimbangan dan berlakulah adil dalam setiap perbuatan, maka Allah akan meluruskan jalanmu ke Sorga.

          Mereka yang melakukan keempat hal itu bagaikan TUHAN berwajah HANTU, bermuka manis tetapi berhati busuk dan menghasilkan buah-buah yang tidak baik di mata TUHAN , sebab kecenderungan hatinya berbuahkan kejahatan semata-mata.

Berbahagialah engkau, anakku; jika engkau membuka hati bagi Rohkristus, agar engkau dipimpin-Nya untuk melakukan yang benar dan yang berkenan kepada Allah. TUHAN menolongmu, anakku !

          DOA MOHON KESELAMATAN DARI ALLAH BAGI ANAK-ANAKKU

          Ya Allah Mahakuasa,

          Hamba bersimpuh sujud di hadapan hadiratMU, seraya bermohon : jauhkanlah dari hati dan pikiran anak-anakku sifat sombong rohani, sifat membanggakan kebaikan, sifat memboroskan berkat, sifat buruk yang hanya mengandalkan iman tanpa berbuat baik. Bentuklah kepribadian mereka menurut citra Isa Al-Masih, supaya mereka berpikir dan bertindak sebagaimana yang telah diperlihatkan oleh Dia. Berkatilah anak-anakku, ya Allah. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar