Minggu, 22 April 2012

29.A. HIDUP BERSAMA DALAM MASYARAKAT


         HIDUP BERSAMA SESAMA DALAM MASYARAKAT TIDAK SELALU BERJALAN MULUS. KEHADIRAN KITA DISAMBUT REAKSI SPONTAN. ADA YANG MEMIHAK, ADA PULA YANG MENENTANG. HAL ITU WAJAR-WAJAR SAJA. KITA TIDK BOLEH TERPENGARUH, SEBAB PADA SUATU WAKTU ORANG YANG MEMIHAK AKAN BERBALIK MENJADI LAWAN; SEBALIKNYA YANG MENENTANG AKAN MENJADI KAWAN. KEADAAN SEPERTI INI TERGANTUNG DARI KEPENTINGAN DAN KEBUTUHAN MANUSIA. JIKA KEHADIRAN KITA MEMBAWA KEUNTUNGAN, MAKA AKAN ADA BANYAK PENDUKUNG, TETAPI BILA MERUGIKAN, SO PASTI, KITA DIDIAMKAN ATAU DICACI.

          BEGITU JUGA KETIKA KITA MENYATAKAN KEBENARAN DI TENGAH ORANG-ORANG YANG BIASA MELAKUKAN KETIDAK BENARAN. SO PASTI, MUNCUL REAKSI KERAS. MEREKA AKAN MENCARI CARI ALASAN UNTUK MENYINGKIRKAN KITA. MEREKA TIDAK SUNGKAN MENGGUNAKAN CARA LICIK UNTUK MENJATUHKAN NAMA BAIK KITA. MALAHAN UCAPAN MEREKA LEBIH DIPERCAYA DARI PADA KEBENARAN YANG KITA NYATAKAN.

      MENGHADAPI KASUS-KASUS SEPERTI INI, INGATLAH NASIHAT SEORANG RAJA : “SERAHKALAH HIDUPMU KEPADA TUHAN DAN PERCAYALAH KEPADANYA, DAN IA AKAN BERTINDAK. IA AKAN MEMUNCULKAN KEBENARANMU SEPERTI TERANG, DAN HAKMU SEPERTI SIANG. BERDIAM DIRILAH DI HADAPAN TUHAN DAN NANTIKANLAH DIA…” (MAZ. 37 : 5 – 7B)

           Hai anak-anakku ! Dengarkanlah hikmat yang kuajarkan kepadamu, supaya engkau mengetahu dan mengerti jalan menuju masa depanmu !

a. SEGALA SESUATU ADALAH WAJAR, JIKA HATIMU TENANG. Anak-anakku, janganlah engkau terkejut menghadapi komentar rekanmu, karena engkau menyatakan kebenaran. Reaksi mereka merupakan rasa terkejut, karena sebelum engkau tidak ada yang berani mengoreksi kesalahan yang sudah biasa dilakukan di tempat pekerjaanmu. Jagalah suasana hati da pikiranmu, supaya engkau tenang menghadapi masalah.

b. BERDIAM DIRI DI HADAPAN TUHAN DAN JANGAN TERLALU BANYAK BICARA. Janganlah engkau terlalu cepat senang, jika rekan-rekan menyanjungmu, dan jangan pula merasa kecewa atas komentar miring. Dengarkan ucapan rekan-rekanmu. Engkau tidak boleh telalu cepat menanggapi tanggapan mereka, sebab mereka akan memutar balikkan ucapan itu dan berbalik menyerangmu. Lebih baik berdiak diri, sambil mengumpulkan berbagai percakapan, supaya engkau memperoleh hikmat sehingga sanggup mengeluarkan diri dari jebakan. Jagalah mulutmu dari ucapan-ucapan yang dapat menjerat dirimu, anakku. Lebih baik tersenyum dari pada mengucapkan banyak kata-kata yang benar di depan orang bodoh dan yang membencimu.

c. SERAHKAN MASALAH PADA TUHAN, DAN PERCAYALAH, IA AKAN BEKERJA MENOLONGMU. Janganlah engkau melupakan TUHAN dalam segala keadaan, sebab mata TUHAN selalu menatap kegiatanmu. Serahkanlah masalahmu kepadaNya, dan tekun melakukan pekerjaanmu. Meskipun bathinmu gelisah, engkau tidak perlu memeperlihatkan hal itu. Tetaplah tenang dan kuasai dirimu oleh pimpinan Roh Allah, supaya engkau dapat melewati masalah secara baik. Bila engkau telah menyerahkan segala gumulmu kepada TUHAN, percayalah sungguh-sungguh Dia akan bekerja membebaskan dirimu. Percayalah, bahwa Allah yang berkuasa membangkitkan Isa Al-Masih dari antara orang mati, Ia juga bekerja oleh kuasaNya untuk melepaskan dirimu dari jeratan yang direncanakan orang atasmu.

d. JANGAN TAKUT MENGATAAN KEBENARAN, MESKIPUN MENGHADAPI ANCMAN. Siapapun yang menyatakan kebenaran akan selalu menghadapi ancaman. Jika ia menyatakan kesalahan pimpinan, maka pemecatan akan diterimanya. Anak-anakku, janganlah berhenti menegakkan kebenaran Allah. Sebab melalui cara itu engkau menyelamatkan banyak orang, termasuk pimpinanmu. Kalau engkau mendiamkan kejahatan, maka engkau akan dihancurkan oleh TUHAN. Sebaliknnya, jika engkau menelanjangi perbuatan buruk siapapun, dan oleh karena itu, engkau dibenci, bersyukurlah kepada TUHAN, sebab engkau telah menyelamatkan orang itu dari hukuman Allah. Risiko orang benar adalah penderitan, tetapi sesudah masa itu Allah akan mengaruniai kemenangan kepadanya.

e.   TUHAN MEMULIAKAN ORANG YANG MENYATAKAN KEBENARAN MENURUT WAKTU DN KEHENDAKNYA. TUHAN adalah Allah Mahabenar dan Mahaadil. Ia akan menolong engkau. Ia akan menegakkan kebenaran yang kaunyatakan. Yang diperlukan adalah kesabaran dan ketabahan untuk menanti waktu, di mana TUHAN menyatakan kebenaran hatimu di hadapan banyak orang. Pada waktu itu, TUHAN akan membuat mulut semua orang mengakui kejujuran, ketulusan dan kesetiaanmu.

           Anak – anakku, tegakkanlah kebenaran Allah kapanpun dan di manapun engkau bekerja. Asalkan dengan cara-cara yang sopan dan teratur, supaya orang dapat melihat kehendak Allah melalui kesaksian hidupmu. Jangan takut dan gentar, sebab Allah menyertai engkau.  Dia senantiasa bekerja melepaskan engkau dari rancangan jahat lawanmu.

           DOA MOHON KEKUATAN ALLAH BAGI ANAK-ANAKKU !

           Ya Allah Mahakuasa….

           Hamba mengucap syukur kepadaMu, karena Dikau telah memanggil keluargaku menjadi pengikut dan pelayanMu. Engkau telah mengaruniakan masa depan kepada anak-anakku yang telah bekerja maupun yang masih di dalam pendidikan. Di sanalah Engkau mengutus mereka menyaksikan kebenaran Injil.

           Hamba bermohon kepadaMu, kiranya Engkau melindungi mereka dari malapetaka yang dirancangkan orang pada tempat pekerjaan maupun bangku perkuliahan. Kiranya kuasa RohMu kudus memelihara kehidupan anak-anakku dan semua orang yang bekerja sambil menyatakan kebenaranMu di mana dan kapan saja, supaya banyak orang diselamatkan dari perbuatannya yang berdosa. Pakailah mereka sebagai alat pelayanan bagi kemuliaan nama-Mu, ya Bapa. Amin

           MEDAN – SUMATERA UTARA
           HARI SENIN, 22 APRIL 2012

           SALAM DAN DOA

           Arie A. R. Ihalauw
           PUTRA SANG FAJAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar