Rabu, 04 April 2012

KUMPULAN GAGASAN-GAGASAN TEOLOGI - ARIE A. R. IHALAUW

1.    KESEMPATAN DAN PILIHAN HIDUP

KEHIDUPAN MANUSIA HANYA MELEWATI SATU KESEMPATAN, TETAPI DI DALAMNYA ADA BANYAK PILIHAN UNTUK HIDUP. GUNAKANLAH KESEMPATAN YANG DIBERIKAN ALLAH UNTUK MEMILIH YANG TERBAIK BAGI MASA DEPAN KEHIDUPANMU. DAN  PILIHAN SATU-SATUNYA YANG MENGHIDUPKAN HANYA BISA ANDA TEMUKAN DALAM HUBUNGAN AKRAB DENGAN DIA : YESUS KRISTUS, TUHAN DAN JURUSELAMAT KITA (Arie Ihalauw).

2.    MOTIVASI KRISTEN DALAM HAL BEKERJA.

PEKERJAAN YANG DILAKUKAN, KITA IMANI DATANGNYA DARI ALLAH SUMBER KEBAIKAN. IA MEMANGGIL KITA UNTUK MENGERJAKAN PEKERJAANNYA, SUPAYA KITA MENJADI BERKAT BAGI SIAPAPUN YANG BERDAMPINGAN BERSAMA KITA, TANPA MENGENAL PERBEDAAN LATAR-BELAKANG. KARENA ITU, APAPUN YANG KITA PIKIRKAN DAN YANG KITA KERJAKAN, LAKUKANLAH SEMUANYA ITU, SUPAYA ORANG LAIN DIBERKATI DAN ALLAH DIMULIAKAN (Arie Ihalauw)

3.    MOTIVASI MENGEJAR ILMU PENGETAHUAN

        TIAP ORANG BELAJAR UNTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN. ITU BAIK DAN BENAR. TETAPI JAUH LEBIH BAIK JIKA ORANG BELAJAR MENGENAL ALLAH. SEBAB PENGETAHUAN YANG DIPRAKTIKAN TANPA PENGENALAN AKAN ALLAH KEMUNGKINAN BISA MENGHANCURKAN MANUSIA DAN PERADABANNYA. NAMUN HATI SEORANG ILMUWAN YANG MENGENALA ALLAH AKAN MEMBATASI PENERAPAN PENGETAHUAN YANG MENGHANCURKAN KEHIDUPAN SELURUH MAKHLUK. TUHAN BERKENAN AKAN ORANG ITU, MAKA DIKARUNIAKAN KEPADANYA KEBAHAGIAAN KEKAL (Arie Ihalauw)

Doa seorang Ilmuwan :

Ya Allah, Sumber Pengetahuan …

Isilah akalbudiku dengan HIKMAT-Mu, supaya aku menjadi cerdas cendekia; tetapi juga tuliskanlah KASIH-Mu di dalam hatiku, agar aku mengenal Engkau yang mengasihi diriku; supaya dalam kelemahanku, aku bergantung padaMu, dan biarlah pengenalan akan Dikau membuat aku senantiasa mengembangkan pengetahuanku untuk kebaikan seluruh makhluk serta membuat namaMu disegani setiap orang. 

4.    MOTIVASI PELAYANAN KRISTEN DALAM DUNIA KERJA.

        Anak-anakku, dengarkan dan simaklah suaraku …

        JIKA ENGKAU BERJALAN, PEGANGLAH CINTA UNTUK MENGATASI MELEWATI JALAN BERLIKU. SEBAB KEKUATAN CINTA AKAN MEMBERIMU SEMANGAT DAN MEMBAWAMU KELUAR DARI MASALAH. BIARLAH KESETIAAN KEPADA TUHAN DIIKATKAN PADA LEHER JIWAMU, SUPAYA KEMANAPUN MENGEMBARA, HATIMU TERPAUT PADA DIA. DAN MESKIPUN KARENA CINTA DAN KESETIAANMU PADA TUHAN, ENGKAU MENGORBANKAN SEGALA YANG TERBAIK BAGI DIA, ENGKAU TIDAK AKAN KEHILANGAN, KARENA TUHAN MENGENAL HATI ORANG YANG SETIA MENCINTAINYA SERTA IKLAS BERKORBAN DALAM MENGERJAKAN RENCANANYA. ENGKAU AKAN MENERIMA RACHMAT KEBAIKANNYA (Arie Ihalauw).

        Doa untuk anak-anakku…

        Ya Allah Sang Cinta Abadi ! Aku bermohon kepadaMu, nyatakanlah kemurahanMu ke dalam kehidupan anak-anakku, agar mereka mengenal Dikau selaku Bapa penuh cinta kasih. Bangkitkan CINTA di dalam hati dan pikiran, supaya mereka selalu bermesraan bersamaMu. Teguhkanlah iman, supaya mereka selalu SETIA MENCINTAI DIKAU dalam berbagai keadaan pelik. Jika keadaan memaksa mereka untuk membuktikan CINTA dan KESETIAAN kepadamu, tolonglah mereka mengerti, bahwa PENGORBANAN HIDUP itu jauh lebih penting dari pada mempertahankan nyawanya, supaya melalui PENGORBANAN anak-anakku, biarlah keturunanku disebut para martir demi kemuliaanMu dan bagi kebahagiaan sesamanya. Amin !

5.    MOTIVASI MEMBANGUN KELUARGA

        Anak – anakku, nasihat ini kutuliskan karena pengalaman panjang yang kujalani.
        JAGALAH MATAMU DARI MEMANDANG YANG CANTIK DAN YANG GANTENG. TETAPI ARAHKAN LANGKAHMU MENCARI YANG PERCAYA KEPADA TUHAN ALLAH KITA, PENYAYANG, BAIK HATI, SABAR, TIDAK LOBA AKAN HARTA, YANG SUKA BERBAGI; KARENA HARI-HARIMU AKAN DIHIASI KEINDAHAN DAN TAHUN-TAHUN HIDUPMU AKAN DIBERKATI ALLAH. INGATLAH, TUHAN ALLAH KITA MENCIPTAKAN KELUARGA UNTUK MENJADI BERKAT BAGI GEREJA DAN MASYARAKAT (Arie Ihalauw).

        DOA UNTUK ANAK – ANAKKU

        Bapa Mahakasih !
       
        Hamba bersyukur kepadaMu, karena Dikau telah merachmati rumahtangga kami dengan anak-anak. Inilah harta yang terindah, ya Bapa Mahakudus. Berikanlah kekuatan kepada kami untuk mengasihi dan mengasuhi mereka menurut firmanMu, agar mereka memedomaninya sepanjang perjalanan menuju masa depan yang Kautentukan untuk dimasuki.

        Ya Allah, Bapaku !

        Ingatlah akan tahun-tahun pengembaraan kami berdua. Pandanglah hambaMu yang Kauampuni ini, sehingg hamba menerima banyak kasih karuniaMu. Taruhlah belas kasihanMu ke dalam hidup anak-anakku. Jika suatu waktu mereka mencari pasangan hidup, buatlah hati mereka dicondongkan  pada ajaranku. Bimbinglah akalbudi dan hati mereka untuk menemukan pasangan yang mencintai Dikau, ya Allah Juruselamatku. Biarlah mereka menemukan kekasih yang baik hati, yang suka berbagi bersama sesama, yang tidak loba akan harta duniawi, supaya rachmat kebajikan yang Kauanugerahkan dalam pekerjaan akan menjadi sempurna, jika hati nurani dan akalbudi menggerakan tangan untuk menolong sesama. Ya Tuhanku, berkatilah anak-anakku. Amin !

7.    TENTANG KEPUASAN HATI.

        Anak-anakku !
       
JANGANLAH KAU MENJADI PUAS DENGAN HASIL USAHAMU, SEBAB KEPUASAN ITU HANYA SEBENTAR SAJA, SESUDAH ITU KAU AKAN JATUH KE DALAM KESEDIHAN. PUASKAN DIRIMU KARENA KAU BERGAUL AKRAB DENGAN ALLAH, SUPAYA DIA MEMBERIKAN KEKUATAN ROHNYA, SEHINGGA KAU MENEMUKAN RASA DAMAI DAN NYAMAN KETIKA KEINGINAMU TIDAK TERCAPAI SERTA KEPUASANMU TIDAK TERPENUHI.

BERHARAPLAH KEPADA TUHAN DENGAN SEGENAP HATIMU, DAN DENGAN SEGENAP JIWAMU DAN DENGAN SEGENAP AKALBUDIMU, SEBAB JIKA KAU BERADA DI DALAM KESUSAHAN, MAKA DIA AKAN MEMELIHARAMU. MESKIPUN KAU MEMILIKI CITA-CITA YANG TINGGI, DAN JIK TUHAN MEMBUATMU BERHASIL, INGATLAH, ANAKKU … ENGKAU HARUS MERENDAHKAN DIRI DI HADAPANNYA, KARENA ORANG YANG RENDAH HATI AKAN MEMPEROLEH MASA DEPAN. TUHAN MENGASIHI ORANG YANG RENDAH HATI SERTA KAU AKAN MENDAPAT PENGHORMATAN DI HADAPAN BANYAK ORANG. PUASKANLH DIRIMU OLEH PEMBACAAN FIRMAN DAN BANGUNLAH PERSEKUTUAN DENGAN ALLAH, MAKA ENGKAU AKAN MENGALAMI KEPUASAN HATI YANG SESUNGGUHNYA (Arie Ihalauw).

DOA SELAMAT UNTUK ANAK-ANAKKU

Ya Allah Sumber Pengharapan,

Hamba memuliakan namaMu sepanjang hari. Bimbinglah hamba oleh RohMu kudus, supaya hamba mendidik anak-anakku menurut firmanMu serta mengajarkan kepada mereka jalan-jalanMu, ya Tuhanku. Puaskanlah mereka dengan firmanMu, ya Allah, supaya mereka mengalami sukacita dan pengharapan pun tidak menjadi sia-sia. Amin

8.    TENTANG MENGENAL ALLAH DAN KEMATIAN MANUSIA

        Anak – anakku yang kusayangi !

        BERBEKAL APAKAH ENGKAU AKAN MENGHADAPI KEMATIAN ? BERBEKAL ILMU PENGETAHUANKAH ? ILMU PENGETAHUAN TELAH GAGAL MENJAWAB PERGUMULAN MANUSIA MELAWAN KEMATIAN. SEBAB SEORANG DOKTERPUN TAK DAPAT MENGHAMBAT KUASA MAUT MERAMPAS ROH MANUSIA. MALAHAN BANYAK ILMUWAN TENGGELAM DALAM FRUSTRASI, KARENA KARYANYA DIBATASI WAKTU HIDUPNYA DI BUMI. JADI, DENGAN APAKAH ENGKAU AKAN MEMASUKI KEMATIAN ?

        TUHAN ADALAH SUMBER HIDUP ! IA TIDAK DAPAT DISENTUH PERUBAHAN APAPUN. DIA SENANTIASA HIDUP, BAHKAH KEMATIAN TAK DAPAT MEMBELENGGUNYA. JIKALAU ENGKAU INGIN MELEWATI LEMBAH KEMATIAN, ANAK-ANAKKU ! KENALLAH TUHAN, ALLAH SUMBER HIDUP ! SUPAYA DIA MENUNTUN KEHIDUPANMU DI ATAS BUMI, BAHKAN KEMATIANPUN TAK DAPAT MENGALAHKANMU. CINTAILAH ALLAH DENGAN SEGENAP HATIMU, DAN DENGAN SEGENAP JIWAMU, DAN DENGAN SEGENAP AKALBUDIMU, MAKA DIA AKAN MEMBERIKAN CINTANYA KEPADAMU, SEHINGGA BERBEKAL CINTA TUHAN, ENGKAU DAPAT MEMASUKI KEADAAN KEMATIAN DALAM KETENANGAN BATHIN SERTA DIHIDUPKAN TUHAN ALLAH BERSAMANYA. RASUL PAULUS MENULIS : “PENGETAHUAN AKAN LENYAP”, DAN AYAHMU MEMASTIKAN : “KASIH DAN PENGENALAAN AKAN ALLAH PASTI MEMBAWAMU KE DALAM KEBAHAGIAAN HIDUP ABADI”. DALAM HAL INILAH KEYAKINAN IMAN AKAN CINTA-KASIH ALLAH AKAN MEMBUAT HIDUPMU TIDAK BINASA (Arie Ihalauw).

        DOA SELAMAT UNTUK ANAK-ANAKKU

        Berilah RohMu kepada anak-anakku, agar mata hati dan akalbudi mereka dituntun untuk mengenal Dikau selaku Allah Yang Menghidupkan semua makhluk. Ijinkan mereka mengejar ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk membuka cakrawala berpikir; tetapi biarlah semua pengetahuan yang Kaukaruniakan itu membimbing mereka lebih dekat kepadaMu.

Ya Allah  di dalam Kristus !

Dikaulah yang disembah leluhurku dan hambaMu menerima tradisi iman mereka. Hamba telah mewariskan ucapan-ucapanMu kepada anak-anakku, agar mereka setia mengasihiMu dan taat melakukan firmanMu. Kuduskanlah mereka, ya Tuhanku; supaya mereka menjalankan kehidupannya berdasarkan iman yang benar kepada Yesus Kristus, AnakMu yang Kauutus. Sempurnakanlah pengetahuan mereka, agar mereka mengenal Dikau dan memegang ajaranMu. Jika suatu waktu kelak Engkau memanggil  mereka ke haribaanMu, mereka diselamatkan olehMu, karena cinta-kasih dan kesetiaannya kepadaMu, Bapaku. Amin !

9.    TENTANG PUJIAN KEPADA TUHAN

        Anak – anakku yang kusayangi ! Dengarkan cerita ayahmu, laki-laki yang melahirkan kalian !

        KEHIDUPAN INI SELALU BERADA DALAM DUA KEADAAN YANG BERTENTANGAN : SUKA – DUKA, TANGIS – TAWA, DERITA – BAHAGIA, BERHASIL – GAGAL, DAN SEBAGAINYA. BAGAIMANAKAH ENGKAU MENGATASINYA ? PUJILAH NAMA TUHAN, ALLAH KITA. NYANYIKNLAH KIDUNG PUJIAN  BAGI TUHAN. MULIAKANLAH YESUS KRISTUS, JURUSELAMAT KITA, DALAM SETIAP KEADAAN YANG SEDANG KAUJALANI.

        NYANYIAN ADALAH UNGKAPAN JIWA DALAM KATA YANG DIBUNYIKAN MELALUI NADA DAN IRAMA. IA BERFUNGSI MEMBERITAKAN FIRMAN ALLAH KEPADA SEMUA ORANG YANG SEDANG BERGUMUL DALAM BERBAGAI SITUASI KELUARGA DAN PEKERJAANNYA. KETIKA ENGKAU MENULISKAN SYAIR DAN MEMASUKKAN DALAM NADA BERIRAMA, MINTALAH KUASA ROHNYA, AGAR DIA MENGERJAKAN PEKERJAANNYA DI DALAM DIRIMU, SUPAYA ENGKAU MENGUNTAI KATA BERIRAMA SELAKU FIRMAN YANG MEMBERIKAN PENGUATAN DAN PENGHIBURAN KEPADA SIAPAPUN YANG MENDENGARNYA. BIARLAH NAMA TUHAN, ALLAH DAN JURUSELAMAT KITA : YESUS KRISTUS, DIMULIAKAN OLEH NYANYIAN-NYANYIANMU.

        JIKA OLEH NYANYIANMU ORANG LAIN TERHIBUR DAN MENGAGUMI DIRIMU, HENDAKLAH ENGKAU TETAP RENDAH HATI, BERSYUKUR SETIAP HARI DAN MENYERAHKAN DIRI KEPADA TUHAN, MAKA DIA AKAN MENJADIKAN ENGKAU SEBAGAI ALAT UNTUK MEMBAWA PERDAMAIAN MELALUI GUBAHAN LAGUMU, ANAKKU. DIBERKATILAH ENGKAU, ANAK-ANAKKU.

        DOA UNTUK ANAK-ANAKKU !

        Ya Allah Bapaku, Sumber Ilham Sejati !

        Dikaulah yang disembah leluhurku. Dan hambaMu mewarisi tradisi iman yang benar oleh pengajaran mereka. Engkau mengaruniakan suara merdu kepada mereka, agar memuliakan namaMu dan memberitakan kasih-setiaMu kepada semua orang.

        Hamba bermohon kepadaMu, kiranya Dikau mengilhami anak-anakku dengan kekuatan suara untuk memuji kebesaranMu. Bimbinglah mereka menuliskan nyanyian baru bagiMu setiap hari, karena perjumpaan dengan Dikau dalam berbagai peristiwa. Isilah hati dan pikiran mereka dengan kekuatan kuasa RohMu kudus, supaya RohMu menuntun mereka mengerjakan karya seni bagi pembangunan kehidupan manusia rohani sesuai citra Kristus Yesus, Juruselamat manusia. Terimalah nyanyian mereka yang bersumber dari hati yang mengasihiMu, sekalipun suara tak semerdu bani Korah dan Bani Asah dalam BaithMu kudus.

        Ya Bapa Mahakasih !

        Dikaulah Pencipta manusia. Berikanlah kepada anak-anakku kemampuan untuk memberitakan karya selamatMu melalui kidung pujian, meskipun mereka bukanlah pelayan yang melayani di dalam GerejaMu. Kiranya Dikau berkenan merachmati mereka dengan kebaikan. Kiranya pekerjaan mereka selaku seniman berkenan kepadaMu, supaya karya itu menghasilkan kelayakan hidup bagi keturunan mereka, ya Allah Bapaku. Terpujilah Dikau sepanjang segala zaman. Amin !

10.  Jangan berbangga menjadi orang kristen, sebab banyak orang selalu mencari nama. Akan tetapi jika engkau ingin berbangga hati, hendaklah engkau berbangga karena sebagai seorang kristen engkau ikut menderita dalam pekerjaan Yesus Kristus demi kemuliaanNya dan untuk pembebasan Indonesia dari dosa dan penderitaan. Dengan cara demikian, semua orang akan mengenal Allah yang kita sembah di dalam nama Yesus Kristus, dan yang senantiasa bekerja mendatangkan damai sejahtera atas seluruh ciptaanNya (Arie Ihalauw).

            DOA BAGI MEREKA YANG MENGERJAKAN PEKERJAAN KRISTUS

            Ya Kristus Yesus, Anak Tunggal Allah !
            Berkenanlah Dikau memberkati setiap pekerjaan yang Kausuruh untuk dilakukan oleh para pengikutMu di Indonesia. Amin !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar